Kenali 6 Gejala Asam Lambung, Faktor Risiko dan Cara Pengobatannya

Asam lambung adalah salah satu jenis penyakit ringan yang cukup mengganggu dan umumnya bisa dialami oleh setiap orang. Apabila tidak diatasi dengan baik maka asam lambung bisa menyebabkan GERD (Gastroesofgeal) yaitu penyakit refluks dimana asam lambung keluar dari lambung mengiritasi esfofagus yang menghubungkan antara tenggorokan dan lambung. Sebelum itu terjadi, anda harus tahu apa saja gejala asam lambung agar bisa menanganinya dengan cepat.

Jangan anggap remeh, gejala ini bisa mengakibatkan masalah ringan hingga masalah yang sangat berbahaya seperti serangan jantung dan rasa tidak nyaman pada area ulu hati.

Faktor Risiko Penyakit Asam Lambung

Asam lambung memiliki beberapa faktor risiko yang bisa mengakibatkan risiko penyakit lambung akan jauh lebih tinggi ketimbang bahaya yang sebenarnya. Apabila tidak diatasi dengan baik maka berbagai kondisi yang akan membahayakan bisa mengancam masalah kesehatan lain yang jauh lebih serius lagi.

Adapun beberapa kondisi yang akan menjadi faktor risiko tingginya penyakit asam lambung diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Berat badan berlebih atau obesitas
  • Ada dalam usia lanjut
  • Sedang mengandung
  • Memiliki scleroderma atau penyakit yang menyerang jaring ikat
  • Memiliki penyakit masuknya lambung k bagian dada

Selain itu, risiko asam lambung juga bisa menyerang balita. Hal ini terjadi jika oto LES masih ada dalam tahap pertumbuhan. Gejala sederhana jika bayi mengalami ini biasanya adalah akan mengalami sendawa saat ia menyusu. Jika demikian, maka lakukan penangan segera karena jika tidak bisa berdampak serius saat ia dewasa.

Penyebab Asam Lambung

Asam lambung bisa mengakibatkan banyak hal bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah tidak berfungsinya LES lingkaran otot pada bagian bawa esofagus. LES dapat mengatur ruang atau pintu otomatis yang akan terbuka saat makanan atau minuman masuk ke dalam perut.

Terkait penyebabnya, ternyata ada banyak lho faktor yang mengakibatkan timbulnya asam lambung pada seseorang. Adapun beberapa penyebab asam lambung menurut beberapa ahli kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki banyak sekali pikiran tidak baik sehingga mengakibatkan stres dan membuat LES menjadi tidak bekerja dengan baik
  • Keadaan hamil atau mengandung yang memberikan perubahan pada hormon
  • Mengkonsumsi kopi, cokelat, merokok dan juga minuman beralkohol
  • Mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi
  • Memiliki berat badan berlebih

Beberapa Gejala Asam Lambung

Penyakit asam lambung ini merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah sekali kita tebak  dan kita rasakan. Namun ada beberapa kondisi yang mungkin  anda belum mengetahuinya saat ini . karena ternyata ada banyak sekali gejala yang ditimbulkan orang yang menderita masalah asam lambung.

Adapun beragam jenis gejala yang sering kali timbul dan dialami oleh para penderita asam lambung diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Nafas tidak sedap

Gejala pertama yang akan di alami oleh orang yang memiliki sakit asam lambung adalah dai nafasnya. Nafas orang yang memiliki gejala asam lambung akan bau seperti kotoran ketika ia bernafas atau buka mulut.  Hal ini dikarenakan asam lambungnya yang naik ke kerongkongan dan menimbulkan bau kotoran.

2. Sakit di area dada

Selai itu, gejala asam lambung lainnya adalah sering sekali merasakan sakit pada area dada. Hal ini juga karena asam lambung yang naik dan meningkatkan kadar asam di lambung. Sehingga salah satu dampak  paling utama akan dirasakan adalah rasa nyeri di bagian dada.

3. Batuk kering malam hari

Batuk bukan hanya disebabkan oleh flu saja, melainkan juga bisa dari masalah asam lambung. Namun batuk yang disebabkan oleh asam lambung sedikit berbeda dengan yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Batuk karena asam lambung adalah  jenis batuk kering da biasanya terjadi pada malam hari dengan  frekuensi yang cukup intens.

4. Muncul rasa asam di mulut

Gejala asam lambung lainnya adalah adanya rasa asam di mulut. Hal ini terjadi biasanya setelah mengkonsumsi makanan tertentu yang memicu asam lambung. Paling parah biasanya adalah kopi. Rasa asam di mulut disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi tadi dan naiknya asam lambung.

5. Sulit menelan makanan atau minum

Orang yang mengalami masalah asam lambung juga ering kali mengalami sulit menelan makanan. Rasanya makanan ini melekat di tenggorokan dan tidak turun ke  lambung. Hal ini biasanya adalah gejala yang paling menyiksa bagi sebagian besar orang.

6. Nyeri pada ulu hati

Asam lambung naik ke ulu hati menjadi salah satu faktor penyebab rasa tidak nyaman di ulu hati. Biasnya hal ini akan terasa nyeri pada beberapa saat  ketika asam lambung itu naik.  Perih dan sedikit terasa panas.

Cara Pengobatan Asam Lambung

Setelah anda memahami beberapa masalah dan gejala asam lambung, kini anda juga harus paham cara pengobatannya. Pengobatan asam lambung ini tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan, melainkan harus terstruktur dengan baik. Adapun beragam jenis cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati asam lambung ini adalah:

1. Makan sering dalam jumlah kecil

Salah satu cara paling sederhana dan penting anda lakukan adalah makan dalam porsi yang lebih kecil. Namun frekuensi nya bisa anda tingkatkan. Misalnya, anda makan sehari 4-5 kali sehari namun dalam jumlah kecil saja.

2. Hindari makanan berlemak

Makanan berlemak dapat memicu asam lambung dengan mudah. Bahkan bisa menjadi salah satu faktor besar penyebab munculnya gejala asam lambung. Hindarilah konsumsi makanan berlemak ketika anda memiliki asam lambung.

3. Berhenti merokok

Rokok adalah salah satu faktor penyebab terjadinya masalah asam lambung. Nikotin dalam rokok bisa menjadi penyebab parahnya penyakit asam lambung. Asam lambung akan lebihi mudah naik bagi para perokok. Jika anda saat ini memang aktif merokok, saya sarankan untuk tidak konsumsi rokok selama anda dalam tahap penyembuhan asam lambung anda.

4. Hindari kopi dan cokelat

Kopi dan cokelat mengandung kafein yang dapat memicu naiknya asam lambung. Apalagi jika lambung anda sudah kronis. Jangan sesekali konsumsi kopi ataupun cokelat, karena asam lambung  anda akan otomatis naik jika anda konsumsi kedua jenis makanan tersebut.

5. Tidur dengan posisi bantal lebih tinggi

Untuk menghindari asam lambung naik ke esofagus maka salah satu cara yang bisa anda gunakan adalah dengan tidur menggunakan bantal yang lebih tinggi. Sehingga posisi lambung akan tetap dibawah dan asam lambung tidak akan naik ke esofagus atau ke kerongkongan.

6. Turunkan berat badan

Cara yang satu ini bukanlah cara yang wajib anda lakukan ketika anda mengalami gejala asam lambung. Namun kendati demikian, anda disarankan untuk menurunkan nya. Karena orang yang memiliki berat badan berlebih atau memiliki lemak tubuh  lebih tinggi memiliki risiko memiliki asam lambung yang tinggi. Turunkanlah berat badan anda dengan cara mengurangi porsi makan nasi, kurangi konsumsi lemak dan rutin berolahraga setiap hari.

 

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab telapak tangan bengkak sering disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya karena faktor peradangan, penumpukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *