7 Gejala Anemia dan Cara Mengobatinya dengan Mudah

By

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup serius. Anemia merupakan kondisi tubuh yang kekurangan sel darah merah atau dimana sel darah merah kehilangan fungsinya. Akibatnya orang penderita anemia akan merasa letih dan pucat karena organ tubuhnya akan kekurangan oksigen. Lalu apa saja gejala anemia dan bagaimana cara mengobatinya?

Pada dasarnya setiap orang memiliki diagnosa yang berbeda saat mengalami anemia, terutama dari sisi usia. Orang dewasa dikatakan menderit anemia apabila kadar hemoglobin berada di bawah 14 gram per desimiter untuk pria dan 12 gram per desimiter untuk wanita.

Daftar Gejala Anemia

Anemia setiap orang bisa jadi bervariatif, tergantung dari penyebab anemia yang dialami oleh setiap orangnya. Adapun beragam gejala yang mayoritas orang alami saat anemia diantaranya adalah seperti berikut:

1. Lemas dan cepat merasa lelah

Gejala paling umum ditemukan saat seseorang mengalami anemia adalah penderita akan mudah sekali merasa lelah dan lemas. Untuk beraktivitas saja ia hampir tidak mampu. Bahkan berjalan sekalipun akan sempoyongan. Ini secara umum dialami oleh sebagian besar penderita anemia.

Penderita anemia akan membuat seseorang yang aktif menjadi pendiam karena lemas yang dideritanya. Orang yang menderita anemia akan kehilangan rasa semangatnya, karena merasa lemas layaknya orang yang sedang puasa.

2. Sakit  kepala dan pusing

Gejala anemia kedua yang juga sering kali orang alami adalah merasa sakit kepala dan pusing. Kurangnya asupan darah ke otak bisa mengakibatkan rasa pusing dan sakit kepala. Disamping itu, darah orang yang mengalami anemia darahnya akan kekurangan oksigen, sehingga otakpun tidak mendapatkan cukup oksigen.

3. Kulit pucat dan kekuningan

Gejala paling umum ditemukan pada orang sakit anemia adalah pucat. Kulit yang kekurangan darah dan fungsi darah merah yang hilang ini akan merubah warna kulit penderitanya. Biasanya kulit penderita anemia akan berubah menjadi pucat dan cerah seperti biasanya.

Kurangnya kadar oksigen dalam  darah dan kurangnya suplai darah ke organ tubuh menjadikan kulit berubah warna. Penderita anemia akan tampak seperti orang yang tidak berdaya dan tidak bertenaga. Mereka cenderung seperti orang yang benar-benar sakit parah.

4. Detak jantung tidak beraturan

Selai ketiga gejala  tadi, penderita sakit anemia yang juga akan dialami oleh penderitanya adalah detak jantung yang tidak normal. tidak seperti biasanya, detak jantung orang yang menderita sakit anemia akan memiliki detakan yang lebih lambat ketimbang orang normal biasannya.

5. Nafas jadi lebih pendek

Selain gangguan pada detak jantung salah satu gejala anemia lainnya adalah terjadi pada saluran pernafasan. Orang yang mengalami anemia akan sering merasa sesak nafas. Berbeda dengan orang sehat pada umumnya.

6. Nyeri pada area dada

Nyeri pada area dada juga sering kali dialami oleh orang yang mengalami masalah anemia. Suplai darah yang kurang menyebabkan saluran pernafasan jadi terganggu.

7. Dingin pada bagian tangan dan kaki

Gejala anemia lainnya terjadi pada area tangan dan kaki. Dimana orang yang menderita anemia pada bagian tangan dan kaki akan terasa dingin. Fungsi darah yang tidak normal dan kekurangan oksigen menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Cara Mengobati Sakit Anemia

Setelah memahami gejala anemia, sekarang anda bisa melakukan pengobatan anemia tersebut. ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah anemia. Adapun beberapa proses dan cara pengobatan sakit anemia ini diantaranya adalah:

1. Konsumsi vitamin C

Vitamin C adalah salah satu zat yang sangat penting kamu konsumsi saat menderita anemia. Vitamin C adalah salah satu jenis zat yang sangat membantu bagi tubuh saat anemia. Dimana zat ini dapat digunakan tubuh untuk memproduksi hemoglobin. Vitamin C  akan bertugas untuk menyerap zat Bessie dengan lebih mudah sehingga produksi hemoglobin akan berjalan dengan baik.

Kamu bisa mendapatkan suplai vitamin C ini dari buah-buahan ataupun dari suplemen vitamin C agar lebih mudah dan lebih praktis.

2. Minum suplemen zat besi

Suplemen zat besi adalah yang paling peting kamu konsumsi saat kamu mengalami anemia. Zat besi adalah faktor penting yang bisa menyembuhkan masalah anemia kamu dengan cepat. Kamu bisa konsumsi zat besi ini sesaat sebelum kamu makan.

3. Makan makanan sumber zat besi

Selain mengonsumsi suplemen, kamu juga bisa mengkonsumsi makanan lain yang juga memiliki kandungan zat besi tinggi. Ini juga tidak kalah bagusnya ketimbang kamu mengkonsumsi suplemen zat besi. Ada banyak kok jenis makanan yang bisa kamu konsumsi yang memiliki kadar zat besi tinggi.

Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan zat besi tinggi yang dapat kamu konsumsi adalah seperti daging merah, kuning telur, ikan brokoli dan juga sayuran lain yang memiliki daun berwarna hijau tua.

4. Cukupi kebutuhan vitamin B12

Salah satu faktor penyebab adanya gejala anemia adalah karena tubuh kekurangan vitamin B12. Maka salah satu cara paling mudah dan banyak dilakukan para medis lakukan untuk menangani masalah anemia adalah dengan menyuntikkan vitamin B12 kedalam tubuh sesuai dengan dosis yang dibutuhkan.

Namun selain dengan menyuntikkan vitamin B12 secara langsung ke dalam tubuh, kamu juga bisa mendapatkan vitamin B12 secara alami dari apa yang ada di alam. Beragam jenis makanan yang bisa kamu konsumsi saat anemia adalah seperti pepaya, pisang, kiwi, alpukat, kacang-kacangan dan sayuran hijau pekat.

5. Minum cuka apel

Cuka apel juga merupakan salah satu jenis minuman terbaik yang bisa kamu konsumsi sebagai obat anemia. Zat asam dalam cuka apel dapat meningkatkan asam lambung dan mempercepat proses pencernaan makanan dalam usus.

Sehingga makanan akan lebih mudah dicerna dengan baik dan bisa lebih cepat mengatasi anemia. Kamu bisa konsumsi cuka apel ini sebanyak 1 sendok makan dan larutkan ke dalam 100-150 ml air minum. Minumlah sesaat sebelum kamu makan.

6. Maka tahu

Jika saat kamu mengalami gejala anemia, maka segera konsumsi tahu. Tahu merupakan jenis makanan yang bahannya terbuat dari kacang kedelai yang notabene memiliki kandungan zat besi tinggi. Ini tentu akan berdampak baik bagi tubuh yang kekurangan hemoglobin.

Zat besi adalah zat utama yang digunakan dalam produksi sel darah merah. Jika kamu mengkonsumsi tahu dalam jumlah yang cukup, maka anemia yang kamu derita akan hilang dan kamu akan pulih seperti sediakala.

7. Lakukan olahraga

Jika kamu memiliki gejala anemia, maka disarankan untuk melakukan olahraga secara rutin. Olahraga merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya anemia. Karena dengan bergeraknya tubuh kamu, maka produksi anemia atau sel darah mereka akan berlanjut.

Jika kamu konsisten melakukan olahraga dengan baik,maka gejala anemia yang kamu derita akan segera berakhir. Kamu akan kembali sehat seperti sediakala. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas kembali dengan normal tanpa merasa letih ataupun lelah. Kamu bisa melakukan apapun yang kamu mau dengan lebih enak dan menyenangkan tanpa merasa  lelah dan letih.

Tinggalkan komentar