7 Gangguan Sistem Pencernaan, Hati-hati Jangan Sembarangan Makan

By

Sumbersehat.com – Gangguan sistem pencernaan bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya yaitu akibat infeksi bakteri. Seringnya, bakteri masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang tidak higienis. Jika anda sering jajan sembarangan, anda harus berhati-hati, nih.

Mengonsumsi makanan yang tidak bersih bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Lantas apa saja gangguan sistem pencernaan yang dapat timbul akibat sembarangan makan? Yuk, mari kita ulas. Berikut penyakit pencernaan yang harus anda waspadai!

Inilah Beberapa Gangguan Sistem Pencernaan

Adapun gangguan pada sistem pencernaan akibat mengonsumsi makanan yang kurang higienis, antara lain:

Diare

Salah satu gangguan sistem pencernaan yang paling umum adalah diare. Penyakit ini disebabkan oleh adanya iritasi pada dinding usus besar. Akibatnya, penderita akan sering mulas dan tekstur fesesnya menjadi encer.

Baca juga : Kenali 6 Penyakit pada Hati yang Patut Diwaspadai

Penyebab diare beragam, yang mana salah satunya karena serangan kuman yang terdapat pada makanan yang tidak higienis. Kuman yang masuk menyebabkan tidak terkendalikannya gerakan peristaltik pada usus. Selain itu, juga karena usus besar tidak bisa menyerap air. Inilah yang membuat feses menjadi cair.

Gastritis

Gangguan pencernaan selanjutnya adalah gastritis atau asam lambung tinggi. Berbeda dengan diare, gastritis terjadi ketika kadar HCL atau asam klorida dalam lambung sudah terlalu tinggi. Hal ini salah satunya disebabkan oleh adanya kuman yang terbawa masuk ke tubuh akibat mengonsumsi makanan yang tidak bersih.

Penderita gastritis akan mengalami gejala-gejala yang tidak mengenakkan. Gejala gastritis yang timbul bisa berupa perasaan mual dan muntah, nyeri pada perut, kembung, bahkan sampai muntah darah. Apabila anda mengalami gejalanya, segera periksakan ke dokter agar segera mendapatkan perawatan.

Sembelit

Jika penderita diare mengeluarkan feses yang encer, maka penderita sembelit mengeluarkan feses yang keras. Gangguan sistem pencernaan yang satu ini terjadi karena usus besar terlalu banyak menyerap air.

Jika anda sering mengonsumsi makanan sembarangan dan kurang mengandung serat, maka kebiasaan tersebut bisa menyebabkan penyakit sembelit. Solusinya adalah dengan memperbanyak makanan yang mengandung serat. Contohnya seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian yang tinggi serat.

Usus Buntu

Punya nama lain apendisitis, usus buntu merupakan penyakit pencernaan akibat peradangan pada usus buntu. Penyebab usus buntu adalah karena adanya sisa makanan yang ‘terjebak’ di usus buntu, kemudian membusuk. Jika tidak segera dibuang, maka usus buntu akan pecah dan mengeluarkan nanah.

Jika anda mengalaminya, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter biasanya akan merekomendasikan untuk melakukan operasi. Namun, anda juga bisa memilih alternatif yang lain, seperti mengonsumsi obat-obatan herbal.

Sariawan

Jangan salah. Sariawan terjadi akibat adanya gangguan sistem pencernaan. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas dan panas dapat membuat bagian lambung dan mulut menjadi panas. Efeknya, akan timbul rasa nyeri dan perih pada bagian mulut dan perut.

Baca juga : Ini 6 Penyebab Sakit Kepala Setiap Hari yang Anda Alami

Bagi sebagian orang, sariawan merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang sangat mengganggu. Penyakit ini bisa menyebabkan munculnya luka pada bibir, yang rasanya sangat perih. Untuk mengatasi sariawan, anda dapat mengonsumsi vitamin C dan obat yang bersifat meredakan panas dalam.

Tukak lambung

Penyakit pencernaan selanjutnya adalah tukak lambung yang terjadi karena ada luka di lapisan lambung serta di bagian atas usus halus. Luka itu diakibatkan oleh konsumsi obat pereda nyeri jangka panjang dan infeksi bakteri Helicobactery pylori. Gejala tukak lambung yang biasa dirasakan adalah nyeri pada ulu hati.

Selain itu, juga penderita merasakan mual, muntah, nafsu makan berkurang, rasa kembung di lambung, penurunan berat badan dan feses gelap. Jika dibiarkan bisa menjadi gangguan sistem pencernaan yang lebih parah. Oleh karena itu, saat anda sudah merasakan gejalanya, segera periksa ke dokter.

Wasir

Wasir merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang terjadi akibat pembengkakan pembuluh vena. Umumnya, penyakit wasir ini di derita mereka yang usianya 50 tahun ke atas. Gejala wasir yaitu muncul benjolan pada anus, terasa nyeri dan gatal di bagian anus dan saat BAB muncul darah.

Nah, itulah gangguan sistem pencernaan yang disebabkan kebiasaan makan sembarangan. Untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, anda bisa mulai menyiapkan bekal sendiri dari rumah. Selain lebih murah, tentunya makanan yang disiapkan sendiri juga jauh lebih higienis.

Tinggalkan komentar