4 Manfaat dan 10 Faktor yang Mempengaruhi Pola Hidup Sehat

Faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat tentunya hal yang wajib Anda ketahui dan pahami. Sebab, ketika Anda tidak mengetahui hal ini maka akan sangat sulit untuk Anda mempraktekkan nya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itulah Anda wajib untuk membaca beberapa ulasan dibawah ini.

Ada banyak hal yang harus Anda ketahui mengenai faktor apa saja yang terdapat pada pola hidup sehat. Jadi, untuk hidup sehat bukan hanya sekedar makan dan mengkonsumsi makanan yang sehat saja. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi dari pola hidup sehat.

Faktor dari Kebersihan

Banyak terkadang orang yang tidak memperdulikan masalah kebersihan pada diri sendiri. Padahal hal ini akan sangat mempengaruhi dan merupakan sebuah faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat. Jika Anda tidak menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri maka sama halnya dengan Anda tidak bisa menjaga pola hidup sehat tersebut.

1. Membersihkan badan dengan rutin

Hampir beberapa orang terkadang ketika sudah memiliki kulit yang halus dan lembut namun malas untuk melakukan perawatan. Padahal kulit badan merupakan bagian yang paling sensitif bila terkena dengan bakteri jahat yang menyebar luas melalui udara. Maka dari itu ada beberapa orang yang terkadang kena penyakit kulit di sebabkan oleh hal tersebut.

2. Membersihkan bagian kepala

Rambut bagi sebagian orang terkadang malas untuk membersihkan nya. Padahal paling tidak rambut wajib untuk di keramas paling tidak 2 hari sekali. Jika tidak maka akan menyebabkan rambut tersebut menjadi bau dan lengket. Sehingga banyak penyakit yang hinggap di dalam rambut tersebut yaitu kutu rambut dan ketombe. Maka cara menghilangkan hanya dengan menjaga kebersihan rambut dengan keramas 2 hari sekali.

3. Membersihkan gigi

Kegiatan ini biasanya dari mulai sedini mungkin diajarkan oleh para dokter gigi. Mulai dari mengunjungi sekolah-sekolah hingga lain sebagainya. Tugasnya yaitu untuk membantu para orang tua dalam menjaga kebersihan gigi anak. Paling tidak membersihkan gigi tersebut 3 kali dalam sehari. Anda juga perlu membiasakan untuk menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur.

4. Membersihkan telinga

Telinga juga merupakan faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat dalam menjaga kebersihan diri. Jika tidak dibersihkan maka telinga akan sulit berfungsi untuk dipakai mendengar. Oleh sebab itu Anda juga diharuskan untuk membersikan telinga dengan menggunakan alat yang lembut dan tidak berbahaya bagi telinga Anda.

5. Membersihkan hidung

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara membersihkan hidung tersebut? Tentunya hanya dengan cara yang mudah dan tidak sulit untuk melakukannya. Caranya yaitu mewajibkan Anda untuk membawa tisu ataupun sapu tangan kemana pun Anda pergi untuk menutup hidung Anda ketika sedang bersin ataupun batuk di tempat umum.

6. Membersihkan tangan

Sebagian orang terkadang menganggap bahwa mencuci kedua tangan sangat tidak penting. Padahal sumber dari berbagai penyakit datangnya yaitu dari tangan. Oleh sebab itu sepulang Anda dari mana pun itu diwajibkan untuk mencuci tangan. Hal ini juga faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat.

Faktor dari aktivitas

Kegiatan sehari-hari Anda juga bisa menjadi sebuah faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat. Terkadang ada beberapa orang yang menjaga kebersihan badan namun pola dari aktivitas lah yang membuat pola hidup sehat mereka terganggu. Maka dari itu Anda juga perlu memahami beberapa kegiatan yang sangat memiliki sebuah peranan dari pola hidup sehat.

1. Mengatur pola jam tidur

Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa tidur delapan jam lebih baik. Padahal yang dimaksud dengan delapan jam tersebut adalah cara bagaimana Anda beristirahat. Hanya dengan tidur dua jam namun Anda benar-benar tidur lelap. Maka hal tersebut akan membuat tubuh Anda menjadi fresh dan dapat melakukan kegiatan berikutnya.

2. Membiasakan matikan lampu saat tidur

Faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat berikutnya yaitu mematikan lampu saat tidur. Hal ini juga akan sangat membantu Anda dalam menjaga pola sehat. Hanya dengan cara seperti ini mata dan otak Anda dapat beristirahat dengan santai dan rileks. Hal ini tidak akan Anda dapatkan ketika lampu dalam keadaan menyala. Maka dari itu banyak orang yang menjual lampu tidur yaitu untuk membantu orang yang sulit untuk tidur.

3. Melakukan relaksasi atau yoga

Anda juga melakukan kegiatan yoga atau olahraga ringan lainnya saat di pagi hari. Hal ini berguna untuk tubuh Anda agar tidak lelah karena padatnya aktivitas. Yoga tersebut juga dapat membantu membuat Anda rileks sehingga akan terjauhkan dari yang namanya setres akibat aktivitas Anda lainnya.

4. Menjauhkan ponsel pintar Anda saat di ruang tidur

Banyak orang yang terkadang sulit untuk tidur karena bersebelahan dengan gadget Anda. Hal ini juga akan sangat mengganggu tidur Anda dan akhirnya tidak bisa membuat Anda nyaman. Maka dari itu sebelum hendak tidur jauhkan gadget dari tempat tidur Anda dan usahakan untuk mematikan nada dering yang ada di gadget tersebut.

Manfaat dari faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat

Setelah berbicara mengenai sebuah faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat. Selanjutnya Anda juga perlu untuk mengetahui apa saja manfaat dari pola hidup sehat tersebut. Tentunya setiap orang ingin melakukan aktivitas asalkan ada manfaatnya. Oleh karena itu berikut ini manfaat yang akan Anda rasakan dari penerapan pola hidup sehat.

1. Memiliki sebuah aktivitas yang lebih baik

Mengapa demikian? Karena hampir sebagian orang terkadang lebih mementingkan kepada sebuah kegiatan yang padat namun mereka melupakan bahwa tubuh juga membutuhkan sebuah istirahat. Namun istirahat yang benar yaitu mampu memberikan sebuah kualitas yang terbaik dari pada sebelumnya.

2. Memiliki sebuah imunitas yang baik

Orang yang menerapkan pola hidup sehat mereka akan jauh memiliki sebuah imunitas yang lebih baik. Hal ini akan menjadi nilai plus untuk mereka karena daya tahan tubuh mereka mampu untuk menangkal virus jahat. Oleh sebab itu mengapa penting bagi Anda mengetahui faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat.

3. Memperpanjang umur

Memperpanjang umur maksudnya yaitu Anda akan lebih terjauhkan dari berbagai penyakit yang dapat menimbulkan kematian. Maka dari itu mengapa sangat penting Anda tahu mengenai sebuah pola hidup sehat. Hanya dengan cara menerapkan pola ini Anda akan mendapatkan sebuah hal yang berbeda dengan orang yang tidak menerapkan sistem ini.

4. Akan tampak lebih awet muda

Banyak orang yang masih muda terkadang kelihatan tua dan renta karena mereka jarang menerapkan sistem pola hidup sehat. Berbeda dengan orang tua zaman dahulu yang masih tampak awet muda tanpa melakukan perawatan sedikit pun. Itulah manfaat dari faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat.

Beberapa ulasan diatas adalah mengenai sebuah manfaat dan faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat. Sehingga Anda dapat menerapkan sistem ini pada kehidupan sehari-hari. Sehingga beberapa manfaat diatas dapat Anda rasakan.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

Olahraga sehat untuk wanita

1 Tips Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Dapat Diterapkan Dimana Saja

1 Tips Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Dapat Diterapkan Dimana Saja. Suasana kota yang begitu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *