Essential Oil dan Tanaman Herbal yang Bisa Dijadikan Obat Asam Urat

By

Essential Oil danTanaman Herbal yang Bisa Dijadikan Obat Asam Urat. Gejala asam urat yang kambuh memang sangat menyakitkan sehingga banyak orang mencari cara untuk mencegahnya. Salah satunya yaitu dengan menjaga pola hidup sehat dan menghindari tekanan berat (stres). Manajemen stres yang baik bisa dilakukan dengan relaksasi, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan aroma minyak atsiri (essential oil).

Sementaraitu, beberapa studi juga menemukan bahwa sebagian tanaman herbal juga diyakini bisa meringankan stres dan meredakan radang sendi yang diakibatkan oleh asam urat. Kebanyakan tanaman ini memiliki aroma tersendiri yang bisa menenangkan, namun juga memiliki kandungan zat anti-inflamasi yang bisa meringankan radang. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di bawah ini.

obat asam urat
obat asam urat

Minyak Yang  Bisa Menjadi Obat Asam Urat

Minyak serai

Serai biasanya digunakan untuk campuran pelembab karena aromanya yang ringan dan menyenangkan. Namun studi yang lebih lanjut mengungkapkan jika dosis serai yang kuat juga bisa menjadi obat asam urat. Anda bisa melihatnya pada pengobatan tradisional. Biasanya mereka akan menggunakan teh serai untuk mengurangi rasa sakit dan juga peradangan (karena mengandung zat anti-inflamasi).

Sementara itu, penggunaan minyak serai hanya sebatas untuk dihirup bukan diminum. Jadi cara membuatnya yakni dengan menyeduh minyak serai dalam air panas. Uap dari air panas ini akan melepaskan aroma serai yang menenangkan dan ini sangat dibutuhkan ketika asam urat Anda kambuh dan butuh ketenangan. Meskipun begitu efek anti-radang terbaik hanya bisa dicapai dengan mengkonsumsi teh dari batang serai.

Minyak biji seledri

Menurut sebuah studi, kandungan minyak biji seledri dipercaya bisa meningkatkan efek obatasam urat, termasuk obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID) dan kortikosteroid. Kedua obat ini diperlukan untuk meningkatkan zat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi peradangan (seperti nyeri sendi yang diakibatkan oleh asam urat).

Biasanya biji seledri akan diekstrak untuk dijadikan bahan suplemen asam urat. Namun Anda juga bisa menggunakan kandungan minyaknya untuk meringankan peradangan. Caranya,  encerkan minyak biji seledri dengan jojoba oil, almond oil, atau minyak kelapa (ini digunakan untuk menetralisir terjadinya iritasi kulit). Kemudian oleskan campuran ini secara langsung ke area sendi yang terasa sakit.

Minyak bunga yarrow

Minyak yarrow pada dasarnya didapat dari ekstraksi bunga seribu daun (Achillea millefolium) yang di masyarakat umum lebih dikenal sebagai bunga yarrow. Bunga ini banyak digunakan sebagai tanaman herbal,  terutama untuk mengobati gangguan pencernaan, luka, dan juga radang sendi. Namun studi yang lebih lanjut menunjukkan jika ekstraksi minyak ini bisa dijadikan obat asam urat.

Minyak dari bunga yarrow ini dapat diencerkan untuk mengurangi pembengkakan yang diakibatkan oleh menumpuknya kadar asam urat di sendi.  Caranya cukup encerkan minyak yarrow ke dalam minyak pembawa seperti minyak kelapa,  kemudian oleskan dan pijat pada sendi yang meradang.

KayumanisChina

KayumanisChina(Cinnamomum cassia) atau yang lebih dikenal sebagai minyak cassia, umumnya digunakan dalam pengobatan Tiongkok untuk mengobati sakit perut dan penyakit radang. Namun beberapa penelitian terbaru menunjukkan jika minyak kayu ini juga bisa dipakai obat asam urat, terutama untuk mengurangi radang sendi yang ditimbulkan.

Penelitian ini didukung dengan menggunakan uji coba hewan (tikus) untuk mengetahui keefektifannya. Hasil yang didapat, tikus yang diberi makan minyak cassia cenderung mengalami penurunan kadar asam urat yang signifikan. Untuk itulah banyak orang meyakini jika kandungan minyak ini bisa mengurangi gejala asam urat dengan cara mengoleskannya di area yang dibutuhkan.

Tanaman Herbal Untuk Meringankan Asam Urat

Jika minyak essential di atas hanya bisa dihirup atau dioleskan untuk meringankan gejala asam urat, maka berbeda dengan ekstrak tanaman berikut. Selain bisa menghirup aromanya yang menenangkan, ini juga bisa dibuat obat asam urat dengan cara diminum untuk memberikan efek yang menghangatkan.

Ekstrak daun dan buah zaitun

Khasiat pohon zaitun sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional baik sebagai obat, essensial, ataupun campuran makanan. Ekstrak buah zaitun yang dibuat untuk essensial seperti minyak spa atau pijat lebih banyak digunakan untuk relaksasi. Sedangkan ekstrak buah yang digunakan untuk minyak sayur atau campuran makanan bisa berfungsi sebagai anti-oksidan untuk mencegah nyeri sendi.

Sementara itu Anda juga bisa mengambil khasiat pohon zaitun dari daunnya untuk obatasam urat. Caranya seduh daun zaitun segar atau kering ke dalam teh. Bila perlu tambahkan madu agar tidak pahit lalu minum secara berkala. Adapun daun zaitun kering yang sudah diubah jadi bubuk juga bisa dikonsumsi sebagai kapsul untuk meredakan radang.

Ekstrak Biota orientalis (BO)

Biota orientalis (BO) adalah nama ilmiah dari daun pohon cemara China. Ini digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok untuk mengobati asam urat dan kondisi peradangan lainnya. Bahkan ini juga didukung oleh banyak penelitian dan menunjukkan bahwa ekstrak daun ini dapat membantu mengurangi kadar asam urat.

Ekstrak daun BO ini banyak tersedia dalam bentuk pil atau obat asam urat. Namun ekstrak ini juga ada yang tersedia dalam bentuk minyak yang bisa dioleskan pada daerah sendi yang mengalami peradangan. Jadi pilihlah yang menurut Anda lebih berkhasiat dan cocok untuk Anda.

Ekstrak jahe

Aroma dan kandungan ekstrak jahe banyak digunakan sebagai obat untuk meningkatkan daya tahan (anti-oksidan) dan juga mengurangi nyeri (anti-inflamasi). Dengan begitu, ekstrak jahe juga dapat mengurangi kadar asam urat dan mencegah terjadinya radang sendi di masa depan. Ada banyak fungsi dari ekstrak jahe,  mulai dari bahan tambahan makanan atau minuman,  obat,  dan juga minyak essence.

Untuk akar jahe segar biasanya digunakan secara langsung sebagai obat asam urat dengan  mencampurkannya sebagai bahan masakan dan minuman (wedang jahe). Selain itu,  ekstrak jahe juga dapat ditambahkan ke dalam minuman teh atau minuman lain untuk efek yang menghangatkan. Untuk jahe yang bubuk biasanya dapat ditelan sebagai obat suplemen. Sementara untuk minyak atsiri jahe bisa dioleskan pada radang.

Baca juga artikel menarik lainnya : disini

Efek Samping dan Risiko

Baik minyak essensial ataupun tanaman herbal mungkin terdengar baik karena alami, namun tidak menutup kemungkinan jika kandungannya juga bisa berbahaya. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif maka penggunaan essential oil secara langsung akan menyebabkan iritasi atau gatal-gatal. Jadi jangan pernah mengaplikasikannya secara langsung di kulit Anda,  atau lakukan uji sensitivitasnya terlebih dahulu di punggung tangan.

Sementara itu, sebagian tanaman herbal atau minyak atsiri yang digunakan untuk obat asam urat juga kemungkinan beracun. Jadi kenali terlebih dahulu efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan. Jangan pernah meminum minyak atsiri secara oral,  dan jangan gunakan kadar yang berlebihan.  Untuk penggunaan obat suplemen maka periksa lebih dulu apakah itu tidak mengganggu fungsi obat lain yang Anda jalankan.

Demikian ulasan yang bisa kami sampaikan untuk Anda terkait minyak essential dan tanaman herbal yang bisa dijadikan obat asam urat. Semoga dari ulasan ini Anda bisa lebih memahami bagaimana mencegah penyakit itu lebih baik daripada menyembuhkan.

Tinggalkan komentar