Makanan Empat Sehat Lima Sempurna: Pengertian dan Macam-Macamnya

sumbersehat.com – Mungkin anda sudah tak asing lagi dengan konsep makanan bergizi. Makanan bergizi adalah makanan yang berasal dari berbagai jenis unsur nabati maupun hewani yang memiliki kandungan berbagai zat untuk menopang kesehatan tubuh. Salah satu makanan yang dianjurkan dalam pengelolaan gizi adalah konsumsi makanan empat sehat lima sempurna.

Pengelolaan makanan dengan basis menerapkan empat sehat lima sempurna, dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Dimana membantu menguatkan fungsi-fungsi organ tubuh sehingga tubuh tetap terjaga dan selalu fit. Selain itu makanan dengan 4 sehat dan 5 sempurna banyak dianjurkan karena memiliki banyak khasiat. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai konsep 4 sehat dan 5 sempurna , yuk simak pembahasan di bawah ini!

empat sehat lima sempurna

Pengertian Empat Sehat Lima Sempurna

Pengertian 4 sehat dan 5 sempurna adalah sebuah konsep makanan sehat yang mengandung kandungan gizi yang baik untuk tubuh, seperti karbohidrat, vitamin, protein, mineral dan lemak tak jenuh. Dengan menerapkan pola makanan yang tepat, nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh nantinya akan tercukupi dengan baik.

Konsep empat sehat lima sempurna bertujuan untuk membuat masyarakat paham akan pola makanan sehat yang baik dan benar. Adapun pembagian makanan yang ada di dalam konsep 4 sehat 5 sempurna antara lain, makanan pokok (nasi, jagung, sagu,dll), lauk-pauk, sayur-mayur, buah-buahan, dan susu sebagai pelengkap 5 sempurna.

Pentingnya makanan sehat dan bergizi juga harus diseimbangkan dengan pola hidup yang sehat pula, seperti melakukan olahraga, aktivitas harian, tidur serta minum air yang cukup. Konsep sehat ini dianjurkan dikonsumsi secara bergantian dan tak harus dikonsumsi dalam waktu 1 kali makan agar nutrisi yang diserap seimbang untuk tubuh.

Berbagai Macam Makanan Empat Sehat Lima Sempurna

Untuk mengetahui apa saja menu makanan 4 sehat 5 sempurna dan kandungan gizinya yang baik bagi tubuh, simak informasi berikut :

Makanan pokok

Makanan pokok merupakan sumber gizi dasar yang dibutuhkan oleh tubuh manusia dan menempati deretan pertama dalam menu empat sehat lima sempurna. Walaupun menjadi sumber gizi dasar, makanan pokok biasanya tidak mencakup keseluruhan nutrisi, untuk itu lauk pauk dijadikan pelengkap agar mencukupi kebutuhan nutrisi dan mencegah kekurangan gizi.

Makanan pokok sangat bervariasi tergantung kebudayaan dan letak daerah masyarakat yang mengonsumsinya, seperti masyarakat Jawa yang menjadikan nasi sebagai makanan pokok karena disana notabene masyarakat bekerja sebagai petani. Selain nasi, adapula jagung, kentang, sagu, serta singkong yang bisa dijadikan makanan pokok.

Manfaat makanan pokok selain mengenyangkan adalah menyehatkan tubuh. Misalnya dalam satu porsi nasi putih, ada sekitar 250 kalori dan 52,3 gram karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Selain karbohidrat yang baik bagi tubuh, nasi putih juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Sehingga bagi anda yang mengidap diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi makanan pokok lain yang mengandung kandungan gula yang rendah. Manfaat lain makanan pokok selain sebagai penyimpan energi bagi tubuh ialah membantu menjaga massa otot, meningkatkan kesehatan pencernaan, mengendalikan berat badan, menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan suasana hati.

Lauk pauk

Menu empat sehat lima sempurna yang kedua adalah lauk pauk. Lauk pauk adalah makanan pendamping yang disajikan dengan makanan pokok, biasanya lauk berupa daging ikan, ayam ataupun sapi. Lauk pauk memiliki kandungan protein cukup tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Baca juga 10 Rekomendasi Makanan Sehat bagi Penderita Kolesterol Tinggi.

Selain dari produk hewani, adapula lauk yang berasal dari produk nabati seperti tahu, tempe dan lain-lain yang disebut sebagai lauk sayur. Lauk pauk bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Sebagai sumber protein, lauk pauk menjadi salah satu menu empat sehat lima sempurna yang penting agar pemenuhan gizi bagi tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di Negara kepulauan, ikan merupakan salah satu daging yang sering dijadikan sebagai lauk sehari-hari, kandungan omega 3 yang terdapat dalam ikan sangat bagus untuk perkembangan otak.

Sayuran

Sayuran merupakan menu empat sehat lima sempurna berikutnya yang wajib Anda dikonsumsi. Sayuran menjadi asupan yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, seperti membantu pertumbuhan dan perkembangan serta menjaga daya tahan tubuh. Sayuran memiliki banyak manfaat tergantung jenis sayuran itu sendiri.

Contohnya sayuran yang berwarna orange atau kuning yang pada umumnya memiliki nutrisi gizi yang tinggi dan kaya akan vitamin seperti wortel dan jeruk. Sayuran memiliki kandungan antioksidan dan serat yang mampu menetralisir radikal bebas dan membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta memperlancar masalah pencernaan.

Sayuran juga dapat membantu proses keluarnya sisa-sisa metabolisme tubuh dan merangsang pembentukan sel darah merah yang sangat berguna bagi penderita anemia. Nutrisi lain yang dapat anda temukan jika mengonsumsi sayuran adalah kandungan lycopene yang terdapat dalam tomat yang dapat menangkal kanker prostat.

Buah-buahan

Contoh makanan 4 sehat 5 sempurna yang simple dan memberikan sensasi segar menyehatkan adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Manfaat makanan empat sehat lima sempurna yang terdapat dalam buah-buahan antara lain vitamin. Vitamin sangat berguna bagi kesehatan mata,kulit dan sistem kekebalan tubuh, serta adanya adanya sumber antioksidan alami yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Mengonsumsi buah-buahan secara rutin dapat merupakan pola makan yang baik dan dapat menunjang gaya hidup sehat. Manfaat buah-buahan sebagai makanan empat sehat lima sempurna bagi tubuh antara lain menurunkan kolesterol dan kekentalan darah, menurunkan resiko penyakit, mencegah obesitas dan menjaga berat badan ideal,mengatasi dan mencegah masalah pencernaan, menjaga kesehatan mata dan kulit akibat penuaan.

Anda disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan setiap hari. Agar tidak merasa bosan, Anda dapat mencoba berbagai ragam jenis buah-buahan dan ragam pengolahan yang berbeda tiap harinya seperti dengan di jus atau dijadikan salad. Ingat, Sebelum mengonsumsi buah-buahan, pilihlah buah dengan kualitas yang baik dan tanpa zat kimia berlebihan serta tidak cacat ataupun busuk.

Susu

Susu menjadi pelengkap terakhir empat sehat lima sempurna untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anda. Susu merupakan sumber protein hewani yang berguna untuk pembentukan tulang dan meningkatkan energi. Bagi anda yang tidak bisa mengonsumsi sumber protein hewani, anda dapat mencoba meminum susu yang berasal dari sumber protein nabati yakni susu kedelai.

Selain kandungan protein, susu juga memiliki kandungan kalsium dan lemak yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan. Dalam satu cangkir susu murni, anda akan mendapat berbagai kandungan nutrisi seperti kalori, kalsium, lemak, protein,vitamin, B12, kalium, fosfor, magnesium, dan selenium.

Kandungan nutrisi tersebut bervariasi tergantung pola makan dan jenis susu yang anda konsumsi, salah satu manfaatnya adalah dapat membantu mengurangi kehilangan massa otot akibat penuaan dan mendorong perbaikan otot setelah berolahraga. Rutin minum susu sangat dianjurkan bagi anda yang menderita osteoporosis dan patah tulang, karena kandungan kalsium yang terdapat dalam susu membantu pertumbuhan tulang serta menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat.

Rekomendasi menu empat sehat lima sempurna diatas dapat anda terapkan untuk dijadikan referensi menu harian anda. Selain mengenyangkan, menu 4 sehat 5 sempurna tentunya juga menyehatkan tubuh. Jangan lupa! sebelum mengkonsumsi perhatikanlah cara anda memasak bahan makanan tersebut.

Agar kandungan nutrisinya tetap terjaga, serta anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya terlalu berlebihan, meskipun menu makanan empat sehat lima sempurna memberikan banyak khasiat. Jika mengonsumsinya terlalu berlebihan justru akan merugikan anda nantinya. Salam sehat !!!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menjaga kesehatan tenggorokan

Simak, 10 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan Agar Corona Menghindar!

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan tenggorokan menjadi ramai diperbincangkan terlebih saat pandemi menyerang. Masyarakat kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *