9 Efek Samping Makan daun Singkong Rebus yang Berlebihan dan Harus Diwaspadai

Daun singkong adalah sayur yang bermanfaat untuk meningkatkan antioksidan tubuh. Akan tetapi, jika kadar konsumsi berlebihan, tentu ada efek samping yang juga bisa terjadi. Nah, untuk mengetahui bahayanya silakan simak artikel tentang efek samping makan daun singkong rebus yang dijelaskan di bawah ini:

Efek Samping Makan Daun Singkong Rebus

Makan daun singkong rebus memang enak apalagi jika dimakan bersama dengan nasi putih pulen hangat, lauk ayam panggang, sambal bajak tomat dan segelas es teh manis. Dijamin, bikin lidah bergoyang dan tidak ingin berhenti untuk menyantapnya.

Padahal, daun singkong rebus sangat berbahaya jika tidak diolah dengan benar. Sebab, di dalam sayur ini terdapat dua zat bawaan sianida yang beracun. Jika zat ini berhasil pecah dan melukai organ lambung, maka akan terjadi keracunan yang mematikan.

Nah, agar pemahaman terkait efek samping makan daun singkong rebus semakin lengkap, di bawah ada list tentang bahaya yang dimaksud. Silakan dibaca, lalu jadikan pedoman apakah tetap mengkonsumsinya atau tidak. Ini efek sampingnya:

ü  Tubuh Tidak Bisa Menyerap Nutrisi

Bahaya makan daun singkong rebus yang pertama adalah tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik disebabkan oleh kadar polifenol yang tinggi. Salah satu fitonutrien yang tidak masuk ke dalam tubuh adalah mineral esensial. Padahal zat ini memiliki peran penting untuk mencegah dehidrasi.

Jika makan sayur daun singkong terlalu berlebihan, kadar polifenol di dalam tubuh juga semakin besar. Senyawa ini yang akan mengikat mineral esensial agar tidak masuk ke dalam sistem metabolisme.

Akibatnya, tubuh kekurangan mineral yang membuat kinerja imunitas tidak bagus. Organ tubuh juga rawan terserang penyakit akibat filterisasi dan pelumasan di permukaan organ vital yang tidak maksimal.

ü  Beresiko Gangguan Batu Ginjal

Daun singkong adalah sayuran yang mengandung zat oksalat cukup tinggi. Jika kadarnya terlalu berlebihan, potensi mengalami batu ginjal sangat besar. Sebab, senyawa ini tidak bisa di-ekstrak melainkan harus dikeluarkan melalui urine.

Bisa dibayangkan bagaimana jika zat oksalat yang masuk terlalu over karena keseringan makan sayur daun singkong. Tentu yang muncul adalah perpadatan oksalat yang ketika akan dikeluarkan malah tertahan di dalam usus atau ureter.

Ini yang memicu terjadinya batu ginjal akibat kristal oksalat yang semakin besar. Jika tidak segera ditangani, pasokan darah dan oksigen ke ginjal pun akan terhambat yang risikonya ginjal juga bisa rusak.

ü  Mengakibatkan Keracunan

Efek samping makan daun singkong rebus yang ketiga adalah bisa mengakibatkan keracunan yang parah. Bahkan, jika tidak ditangani dengan serius, pasien juga bisa meninggal dunia.

Salah satu penyebab daun singkong beracun adalah adanya dua zat sianida skala ringan yang bernama linamarin dan lotaustralin. Jika zat ini kadarnya tidak terlalu banyak dan sudah melewati pemanasan yang baik, maka zat akan memuai.

Akan tetapi kalau terlalu sering makan daun singkong apalagi yang tidak direbus lama, justru bisa membuat dua senyawa beracun ini akan melakukan iritasi pada lambung. Nah, jika ini yang terjadi, maka penderita akan mual dan muntah-muntah yang ekstrem.

ü  Sakit Perut yang Kronis

Sudah dijelaskan kalau daun singkong mengandung dua zat sianida ringan yang dinamis. Maksudnya, jika jumlahnya sedikit, maka masalah tidak begitu fatal. Tetapi kalau asupannya berlebihan tentu racun ini bisa menjadi detok yang sangat menakutkan.

Risiko paling ringan adalah terjadinya asam lambung yang parah. Yang mana, penderita akan mengalami nyeri perut yang melilit disertai dengan muntah dan mual. Biasanya, gejala ini juga disertai dengan sakit kepala dan penurunan nafsu makan.

Oleh karena itu, jika tidak begitu menguasai cara memasak daun singkong, lebih baik jangan mengkonsumsinya. Toh masih banyak sayuran lain yang lebih berkhasiat tetapi efek sampingnya lebih ringan.

ü  Mengalami Sesak Napas

Sebagai besar orang meninggal dunia akibat keracunan daun singkong disebabkan terjadinya penyumbatan di dalam saluran pleura atau pernafasan. Yang mana, penyebab masalah ini adalah zat sianida pada singkong yang sudah terlalu banyak sehingga menekan selaput paru-paru agar lebih merapat.

Akibatnya metabolisme oksigen tidak maksimal yang membuat penderitanya kesulitan untuk bernapas. Jika tidak segera dirujuk ke dokter, pasien bisa tidak tertolong, karena kadar oksigen di dalam tubuh sangat berkurang.

Ingat, potensi mengalami kematian jantung juga sangat besar jika masalah ini tidak juga diatasi. Apalagi, jika di awal kejadian penderita hanya dianggap mengalami penyakit asma biasa.

ü  Memicu Gangguan LDL

Efek samping makan daun singkong rebus yang keenam adalah bisa memicu gangguan LDL atau kolesterol jahat. Umumnya, gejala ini menyerang penderita yang memiliki riwayat LDL tinggi dan ini tentunya bahaya bagi kesehatan.

Maka dari itu, jika Anda merasa memiliki diagnosis gangguan tersebut, lebih baik jangan mengkonsumsi daun singkong rebus. Sebab, HDL atau kolesterol baik akan semakin menipis yang artinya LDL semakin bertambah banyak.

Dengan adanya efek samping ini, wajar kalau dokter mengatakan kalau daun singkong rebus bisa menyumbat arteri jika dikonsumsi berlebihan. Risikonya adalah jantung dan organ lain akan rusak, akibat pasokan darah dan oksigen dari arteri menjadi terhalang.

ü  Meningkatnya Rasa Nyeri Asam Urat

Sekalipun daun singkong mengandung kalsium, betakaroten dan protein yang bagus, tetapi sayur ini juga mengandung zat purin yang cukup tinggi. Makanya, jika mengkonsumsi daun singkong rebus secara berlebihan, potensi diserang asam urat sangat besar.

Sebab, zat purin akan bertumpuk di wilayah otot dan persendian. Semakin banyak purin rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita juga semakin kronis. Bahkan, tangan, kaki dan lutut pun sulit digerakkan karena sakitnya luar biasa.

Oleh sebab itu, silakan periksakan diri ke dokter apakah ada riwayat asam urat atau tidak sebelum mengkonsumsi daun singkong rebus. Jika ternyata ada sekalipun tidak terlalu tinggi, lebih baik batalkan keinginan untuk memakannya.

ü  Pemicu Penyakit Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi masih menjadi penyakit pemicu komplikasi yang mematikan. Oleh sebab itu, jika ada gejala ini segera turunkan tekanan darah ke batas normal dengan hidup sehat dan makan makanan bergizi.

Pastikan pula tidak mengkonsumsi daun singkong rebus terlalu berlebihan apalagi yang ditambah santan. Sebab, koordinasi protein dengan lemak tinggi inilah yang membuat tekanan darah semakin naik sehingga muncul hipertensi.

Karena alasan di atas, maka berhati-hatilah bagi para penderita hipertensi. Jangan suka makan sayuran sembarangan apalagi makan daun singkong rebus dengan takaran besar. Itupun jika masih ingin hidup lebih lama di alam ini.

Daun singkong rebus memiliki khasiat yang bagus. Namun, jika dikonsumsi berlebihan Anda akan mengalami efek samping makan daun singkong rebus yang sudah dijelaskan di atas. Maka, konsumsilah daun singkong rebus secukupnya jangan konsumsi berlebih.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *