Konsumsi Tauge Berbahaya ? Ternyata Ini 3 Efek Makan Tauge Berlebihan

Siapa yang tak pernah konsumsi tauge ? Sayuran yang dikenal dengan kecambah ini banyak dikonsumsi dan menjadi santapan favorit masyarakat Indonesia. Dibalik banyaknya manfaat tauge yang bisa kamu dapatkan, efek makan tauge berlebihan ternyata tak baik bagi kesehatan.

Manfaat konsumsi tauge bagi kesehatan tubuh dan perawatan kecantikan tentu saja sudah tidak bisa diragukan lagi. Mengingat kandungan gizi tauge yang begitu beragam inilah yang membuatnya dinilai sangat baik bagi kesehatan untuk dikonsumsi.

Namun, tahukah kamu walaupun segudang manfaat yang dimilikinya, mengonsumsi tauge haruslah tetap seimbang dalam jumlah sedang. Karena, semua yang dikonsumsi secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan, tak terkecuali dengan tauge. Terutama, bagi wanita yang sedang hamil, efek makan tauge berlebihan bisa memicu terjadinya masalah kesehatan.

Kandungan Gizi dalam Tauge

Tahukah kamu mengapa tauge menjadi sayuran favorit masyakarat Indonesia ? Ya, karena kandungan gizi di dalamnya yang membawa banyak manfaat. Apa saja ? Diantaranya adalah karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin A, vitamin V, vitamin C, Zat besi, folat, maltosa, kanavavi dan saponin.

Beberapa nutrisi penting seperti zat besi, folat, kalium, magnesiuum, vitamin B dan vitamin C dikenal merupakan senyawa yang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Kehadiran kandungan senyawa tersebut dikenal bermanfaat untuk menjaga kehamilan yang sehat.

Walaupun begitu, efek makan tauge berlebihan pun bersiko tinggi menimbulkan gangguan kesehatan. Yang harus dicatat, kecambah ini sangat berisiko tinggi dengan perkembangbiakan bakteri jika dikonsumsi dengan pengolahan yang tidak tepat.

Pada saat tauge hendak dikonsumsi, baiknya dibersihkan dan diolah dengan baik. Sebab, hal ini akan mencegah munclnya Salmonella dan bakteri E coli yang menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan seperti diare, demam, kram perut, mual dan masalah serius bagi ibu hamil.

Waspada Konsumsi Tauge untuk Ibu Hamil

Apakah kamu seorang wanita yang sedang hamil atau ibu menyusui ? Kehamilan dan menyusi anak merupakan tahapan penting bagi setiap wanita. Tentu saja, pada tahap ini diperlukan perhatian khusus terutama dalam memenuhi asupan nutrisi.

Vitamin dan mineral adalah kandungan nutrisi yang paling penting dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Lantas, dengan segudang nutrisi yang ada pada tauge membuatnya aman dikonsumsi untuk ibu hamil ? Jawabannya aman selama dalam jumlah sedang.

Apa pun makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil tentu saja berpengaruh juga pada kondisi kesehatan janin dalam kandungan. Inilah mengapa, wajib bagi ibu hamil dan menyusui untuk lebih berhati-hati saat mengonsumsi makanan jenis apapun, termasuk tauge.

Efek makan tauge berlebihan tak baik bagi kesehatan sang ibu dan calon bayi. Walaupun tauge adalah sumber asupan serat yang baik, jika dikonsumsi dengan berlebihan tentu akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius.

Untuk itu, konsumsi tauge dalam porsi sedang dan dalam batas wajar sebaiknya perlu dilakukan. Tidak hanya berlaku bagi ibu hamil dan ibu menyusui saja, wanita dan pria pun juga perlu menerapkan batas wajar dalam mengonsumsi tauge demi menjaga keselamatan diri.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Konsumsi Tauge

Pada umumnya, sayur tauge yang dijual di pasaran memiliki kemungkingan terkadnung bakteri Salmonella di dalamnya. Bakteri jahat ini sebenarnya tidak baik bagi kesehatan karena bisa menyebabkan infeksi.

Orang yang mengonsumsi tauge dengan bakteri Salmonella ini biasanya akan menimbulkan gejala sakit kepala, sakit perut, mual, muntah, diare hingga demam. Selain Salmonella, dalam tauge juga terkandung bakteri E.coli yang juga memicu terjadinya infeksi.

Risiko terjangkitnya penyakit karena kedua bakteri tersebut bisa disebabkan karena beberapa hal seperti ;

  • Proses pemilihan biji tauge yang tidak higienis
  • Sanitasi yang kurang baik
  • Kondisi hangat dan lembab saat proses perubahan kacang menjadi tauge
  • Terkontaminasi saat proses bertunas

Jika efek makan tauge berlebihan dapat menimbulkan beberapa gangguan masalah kesehatan, sebaiknya kamu pun harus tahu bagaimana cara mengonsumsi tauge yang benar. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikaan saat hendak konsumsi tauge seperti berikut ini.

  • Tauge yang dikonsumsi harus dalam keadaan segar dan tidak berbau
  • Tidak mengonsumsi tauge jika warnanya mulai kecoklatan
  • Mencuci bersih tauge untuk menghilangkan bakteri berbahaya yang terkandung di dalamnya
  • Menyimpan tauge di dalam kulkas pada suhu 5 derajat Celcius
  • Memasak tauge hingga benar-benar matang, dan hindari konsumsi tauge mentah

3 Efek Makan Tauge Berlebihan

Dapat Meningkatkan Risiko Hipoglikemia

Efek makan tauge berlebihan ternyata bisa meningkatkan risiko terjadinya hipoglikemia. Walaupun makan tauge secara rutin sangat baik bagi pengidap penyakit diabetes karena indeks glikemik tauge yang terbilang sangat rendah.

Namun, konsumsi tauge secara berlebihan justru bisa menimbulkan masalah baru. Peningkatkan risiko hioglikemia ini akan terjadi dengan gejala mual, muntah, kelelahan, penglihatan mulai kabur hingga jatuh pingsan.

Dari efek pertama yang ditimbulkan oleh konsumsi tauge berlebihan ini seharusnya membuat kita menjadi lebih sadar akan pentingnya jumlah atau porsi tauge yang dimakan. Jangan sampai mengonsumsi tauge dalam jumlah besar dan melebihi batas kewajaran.

Dapat Meningkatkan Risiko Hipotensi

Seseorang yang mengidap hipertensi memang dianjurkaan untuk mengonsumsi tauge secara rutin dan teratur. Ya, tak hanya baik bagi penderita diabetes, tauge pun sangat bermanfaat baik bagi kesehatan si penderita hipertensi.

Penyakit hipertensi karena masalah kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung ini dapat diatasi dengan konsumsi sayuran kecambah. Berkat kandungan potasium di dalamnya, tauge akan membuat si penderita lekas pulih.

Namun sayangnya, konsumsi tauge secara berlebihan dapat menjadikan tingginya asupan kalium dalam tubuh. Sehingga hal ini akan meningkatkan terjadinya risiko hipotensi atau kurangnya tekanan darah.

Efek makan tauge berlebihan dapat membuat si penderita mengalami gangguan kesehatan  seperti kurangnya tekanan darah. Hal ini ditandai dengan munculnya gejala seperti sakit kepala, mual, kurangnya konsentrasi, penglihatan kabur dan pusing.

Dan kabar terburuknya, jika penderita tekanan darah tinggi yang sudah mengonsumsi obat, kemudian ditambah dengan makan tauge dalam jumlah besar, justru akan memperburuk kondisinya. Tentu saja hal ini tidak diinginkan oleh siapapun bukan ? Untuk itu, hindari kebiasaan konsumsi tauge secara berlebihan demi menjaga kesehatan tubuh.

Dapat Memicu Reaksi Alergi

Walaupun kaya kandungan nutrisi, faktanya tidak semua orang bisa mendapatkan manfaat dari lezatnya sayuran tauge ini. Mengapa demikian ? Sebab, tidak semua orang bisa menikmati kelezatan tauge karena ia memiliki alergi terhadap sayuran ini.

Beberapa orang yang terindikasi memiliki alergi terhadap tauge sangat tidak disarankan untuk mengonsumsinya. Karena jika dilanggar, beberapa reaksi alergi umum akan muncul seperti sesak napas, sakit perut, mual, muntah, diare dan gatal-gatal.

Nah, itulah dia 3 efek makan tauge berlebihan yang tidak baik bagi kesehatan. Sebenarnya, mengonsumsi tauge baik untuk menunjang kesehatan selama porsinya sedang dan masih dalam batas wajar. Sebaiknya, kamu perlu perhatikan hal-hal kecil sebelum mengonsumi tauge agar terhindar dari gangguan kesehatan. Bagi wanita, penting sekali membaca artikel tentang cara makan tauge untuk kesuburan agar kesehatannya tidak terganggu.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

3 Cara Makan Tauge Untuk Kesuburan

Banyak Kandungan Gizinya! Yuk Simak 3 Cara Makan Tauge Untuk Kesuburan

Sayuran yang lebih banyak dikenal sebagai kecambah ini memiliki manfaat yang sangat kaya apabila dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *