2 Efek Diet Mayo yang Positif dan 4 Efek Negatifnya yang Wajib Diwaspadai

Tentu istilah diet mayo sudah pernah kamu dengar selama ini, apalagi bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Efek diet mayo dipercaya mampu menurunkan berat badan seseorang dengan cara yang sangat cepat.

Kendati demikian, kehadiran diet mayo di tengah-tengah masyarakat banyak menuai pro dan kontra. Ada yang membilang diet mayo itu bagus untuk kesehatan dan menurunkan berat badan, dan ada juga yang membilang bahwa program diet mayo tidak baik untuk kesehatan.

Apa itu diet mayo?

Sebelum membahas jauh lebih dalam mengenai efek diet mayo, mari kita ketahui bersama apa itu sebenarnya diet mayo. Nah diet mayo itu sendiri merupakan metode pelangsing tubuh yang dicetuskan oleh Mayo Clinic di Amerika Serikat. Metode diet mayo berfokus pada cara mengubah gaya hidup seseorang, yang mana mengurangi kebiasan-kebiasaan yang menimbulkan berat badan meningkat. Salah satunya membatasi seseorang dalam mengkonsumsi garam dan karbohidrat.

Mereka yang kini sedang menjalani proses diet mayo untuk menurunkan berat badan akan di wajibkan untuk mengikuti aturan dan larangannya selama 13 hari. Karena dalam kurun waktu 13 hari ini, diet mayo mampu menjanjikan anda menurunkan berat badan hingga 7 kg.

Dalam aturan diet mayo yang kini beredar, di mana mereka dilarang untuk mengkonsumsi garam, namun ada juga yang menyuruh untuk membatasi garam. Sama halnya dengan garam, memakan makanan karbohidrat juga harus dibatasi oleh seseorang, dan bahkan ada yang sama sekali tidak memakan karbohidrat selama proses dietnya.

Untuk saat ini, jika seseorang ingin mendapatkan menu diet mayo tidaklah begitu sulit lagi. Pasalnya sudah ada beberapa ketering yang menyediakan menu diet mayo selama 13 hari. Menu yang disajikan pun adalah  menu yang diolah dengan cara dipanggang dan dikukus. Tidak ada nasi, hanya saja di dominasi sayuran dan makanan yang mengandung banyak protein. Tentu dalam pengolahan makanan ini tidak dicampurkan dengan garam.

Apa efek diet mayo?

Diet mayo memiliki 2 efek, yaitu efek positif dan efek negatif. Berikut penjelasan lengkapnya

Efek positif

1. Mengurangi resiko masalah kesehatan

Melakukan program diet dengan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seperti diet mayo mampu memberi efek mengurangi resiko kesehatan dalam diri seseorang. Yang mana mampu mengurangi penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes, dan juga tekanan darah tinggi.

Bukan itu saja, melakukan program diet dengan menggunakan metode diet mayo yang merekomendasikan seseorang untuk lebih banyak dalam mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan ikan memberi juga manfaat untuk mengatasi resiko kesehatan tertentu pada diri seseorang.

2. Menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat

Selanjutnya Efek diet mayo yang positif adalah mampu menurunkan berat badan dalam jangka waktu yang singkat. Klinik mayo mengklaim, jika seseorang yang menjalani program diet dengan menggunakan metode diet mayo akan mampu menurunkan berat badan sebanyak 2,7 hingga 4,5 kg dalam kurun waktu dua minggu.

Jika kalian mendengar ini, tentu akan sangat tertarik dalam melakukan diet mayo. Tapi ketahuilah diet mayo memiliki dampak buruk yang lain bagi kesehatan.

Efek negatif

Kendati diet mayo memiliki efek positif yang sudah dijelaskan di atas. Metode diet ini juga diklaim sangat banyak memiliki efek samping yang bersifat sangat buruk bagi kesehatan. Berikut akan dijelaskan secara lengkap efek diet mayo yang buruk bagi kesehatan seseorang.

1. Masalah kesehatan pada pencernaan

Seseorang yang melakukan program diet tentu akan dianjurkan untuk memakan buah dan sayur. Namun jika mengkonsumsi buah dan sayur secara berlebihan disetiap harinya seperti metode diet mayo, akan menimbulkan masalah kesehatan yang baru lagi. Terlebih jika mereka adalah orang yang jarang mengkonsumsi buah, saat menjalani program diet mayo mampu menimbulkan masalah baru lagi pada sistem pencernaanya.

2. Dehidrasi

Menjalankan program diet menggunakan metode diet mayo akan memangkas asupan garam kamu ke dalam tubuh. Bahkan ada beberapa yang menganjurkan ketika melakukan metode diet mayo untuk sama sekali tidak mengkonsumsi garam.

Tahukah kamu, jika garam memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh, terutama memiliki peran serta fungsi untuk melakukan proses osmosis atau melakukan penyerapan kadar air dalam tubuh. Nah apabila garam dihilangkan dari tubuh, maka pelaku diet mayo akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuhnya. Yang awalnya diet mayo dipercaya mampu menurunkan berat badan, namun sejatinya metode diet ini mengakibatkan kekurangan cairan dalam tubuh penggiatnya.

3. Kalori dalam tubuh terpangkas secara drastis

Secara normalnya tubuh kita harus mendapatkan kalori sebanyak 1500 sampai dengan 1800 kalori per hari. Sedangkan ketika seseorang melakukan diet mayo, kebutuhan kalornya dipangkas secara drastis dalam satu hari. Yang mana mereka hanya mendapatkan asupan kalori sebanyak 500 hingga 800 kalori per harinya. Tentu ini sangat jauh perbandingannya.

Dengan cara memangkas kebutuhan kalori sebanyak 1000 kalori per hari bukanlah perkara yang mudah dan bisa bertahan lama. Jadi tidak heran lagi, orang-orang yang melakukan diet mayo akan kembali pada porsi makan sebelumnya. Tentu ini akan mengambalikan lagi berat badannya. Bersyukur jika berat badan kembali normal seperti semula, namun tidak baik lagi jika masalah kesehatan baru datang menghampiri pelaku diet mayo.

4. Gula darah menjadi naik

Selanjutnya efek diet mayo yang buruk bagi kesehatan adalah gula darah seseorang menjadi naik. Ini berkaitan erat dari konsumsi buah yang dilakukan oleh pelakunya. Kebanyakan dari mereka akan mengkonsumsi satu jenis buah tertentu secara berlebihan dalam satu hari secara berturut-turut dan mengurangi asupan makananan lainnya.

Tentu dengan kegiatan yang dilakukan oleh penggiat diet mayo tersebut bisa menjadi bomerang dalam hidupnya. Terlebih lagi jika mereka adalah seseorang yang memiliki riwayat penyakit diabetes. Ingat, prilaku yang salah dalam menerapkan metode diet mayo dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang baru lagi dalam hidupmu.

5. Merasa mual dan kelelahan

Mereka yang melakukan program diet menggunakan metode diet mayo sangat tidak diperbolehkan untuk memakan makanan padat, hanya dianjurkan untuk memakan buah dan sayur secara berlebihan setiap hari selama proses dietnya. Dengan cara yang salah seperti ini, justru mengakibatkan nutrisi tubuh dalam diri tidak terpenuhi, hanya dijejalkan pada satu nutrisi tertentu saja. Apakah kamu yakin ini sehat?

Nah apabila ketika melakukan program diet mayo kamu sudah merasakan ada yang aneh terhadap kesehatanmu seperti merasa mual dan kelelahan, segeralah untuk berhenti melakukan diet ini. Dan segera juga untuk melakukan konsultasi kepada pihak medis untuk mencari solusi dalam program diet kamu.

Di zaman sekarang ini kebanyakan orang hanya tergiur dengan janji-janji serta bukti-bukti yang di pajangkan di depan matanya tanpa mencari tahu lebih dalam. Tahukah kamu, jika kondisi tubuh itu berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Tentu penangan yang harus dilakukan jelas sangat berbeda.

Maka dari itu, ketika memutuskan untuk melakukan sesuatu seperti program diet, pilihlah program diet yang sehat yang juga sesuai dengan kondisi tubuhmu. Atau lebih baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke pihak medis. Nah itulah 2 efek diet mayo yang positif beserta 4 efek buruk diet mayo. Dengan adanya artikel ini, semoga kamu bisa memikirkan dulu sebelum mengambil keputusan untuk melakukan program diet dengan metode diet mayo.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

pengertian gaya hidup sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat. Seiring dengan trend akan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *