Contoh Menu Makanan Yang perlu Diperhatikan Saat Program Diet Sehat untuk Remaja

Contoh Menu Makanan Yang perlu Diperhatikan Saat Program Diet Sehat untuk Remaja –  Jika Anda saat ini sedang merencanakan penurunan berat badan, tentu sangat penting mengetahui hal penting apa saja yang harus diterapkan. Misalnya saja dengan membatasi asupan nutrisi dan menambah jumlah nutrisi tertentu supaya siklus menstruasi tidak terganggu. Karena konsumsi makanan bisa sangat mempengaruhi kesuburan dan kesehatan, serta pertumbuhan yang dialami oleh remaja. Terlebih lagi bagi seorang perempuan, mereka akan beresiko kehilangan begitu banyak zat besi yang terkandung dalam darah setiap siklus menstruasi.

Sehingga sangat penting mengganti jumlah zat besi yang hilang ini dengan konsumsi makanan tinggi zat besi pada menu makan sehari hari. Contoh makanan tersebut seperti daging merah tanpa lemak, telur, sereal fortifikasi, aprikot kering, bayam, kale, brokoli, oats, dan biji-bijian yang efektif jika dikonsumsi. Kebutuhan nutrisi ini perlu diperhatikan demi kesehatan remaja yang tetap terjaga saat menjalankan diet sehat. Tidak ada salahnya Anda membuat menu yang tepat untuk dikonsumsi setiap hari, seperti contoh berikut.

diet sehat untuk remaja
diet sehat untuk remaja

Menu Diet Sehat untuk Remaja

Menu sarapan sehat untuk remaja

Remaja yang rutin sarapan menunjukkan performa yang baik ketika beraktifitas di sekolah ataupun aktifitas sehari harinya. Mereka cenderung makan lebih sehat sepanjang sisa hari untuk mendapatkan manfaat tersebut. Misalnya saja untuk menu makanan yang mudah dan cepat untuk sarapan yang bisa dibuat sendiri di rumah. Contoh menu diet sehat untuk remaja tersebut seperti berikut ini.

  • Sandwich roti gandum utuh ditambah selai kacang, potongan buah alpukat, telur rebus, tomat sayur, ataupun pilihan makanan lainnya. Menu tersebut menjadi pilihan makanan yang baik, terlebih jika Anda menambahkan segelas susu skim atau rendah lemak. Tak lupa juga menambahkan beberapa potong buah segar yang menunjang nutrisi kalsium dan vitamin lebih optimal.
  • Overnight oats yang juga menjadi tren makanan diet sehat untuk remaja belakangan bisa juga jadi pilihan Anda. Makanan ini berasal dari campuran produk yogurt, oats, granola, dan buah yang bisa dibuat dengan mudah dan cepat.
  • Minum segelas air putih secukupnya agar lebih berenergi di pagi hari, dibandingkan Anda mengonsumsi secangkir kopi atau teh.
  • Jus buah juga bisa jadi pilihan, asalkan dibuat tanpa menambahkan gula buatan ke dalamnya. Jika ingin lebih manis dengan tambahan perasa, Anda bisa menggunakan susu rendah lemak ataupun tambahan madu asli.

Camilan atau jajanan sehat untuk remaja

Remaja akrab dengan yang namanya camilan, terlebih jika mereka duduk dibangku sekolah yang sangat identik dengan jajanan. Tetapi ngemil tidak selamanya bikin gemuk, asalkan Anda memastikan makanan lezat yang menyehatkan untuk dikonsumsi. Saat sekolah, remaja bisa membawa bekal jajanan sehat dan selalu siap sedia di rumah untuk konsumsi di rumah. Pastikan juga ada banyak pilihan camilan atau jajanan sehat yang disukai anak, namun tidak menyebabkan kegemukan. Berbagai pilihan menu cemilan diet sehat untuk remaja tersebut contohnya seperti berikut.

  • Setengah batang dark chocolate berkualitas baik
  • 1 mangkuk campuran kacang dan biji-bijian tanpa tambahan garam
  • Yogurt
  • Popcorn gurih,
  • Buah-buahan kering seperti kismis dan sultana
  • Buah-buahan
  • Selai kacang
  • Keripik buah
  • Salad buah dan salad sayur

Makan siang mengenyangkan

Seringkali remaja melewatkan waktu makan siang dengan berbagai alasan, contohnya seperti malas jajan di kantin, tidur siang, dan lain sebagainya. Padahal melewatkan jam makan siang sangat tidak dianjurkan jika ingin menurunkan berat badan di usia remaja. Maka dari itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bagi anak sekolah, dari pada jajan sembarangan akan lebih baik jika membawa bekal makan siang ke sekolah.

Bekal makanan yang dibuat sendiri di rumah tentu memiliki jaminan kesehatan. Hal ini bisa dilihat dari pemenuhan gizi yang terkontrol baik sesuai kecukupan, serta terhindar dari makanan tidak sehat. Persiapkan menu makan siang Anda di malam sebelumnya, atau pagi hari dengan memilih menu yang mudah dan cepat. Buatlah menu makan siang diet sehat untuk remaja dengan perpaduan nutrisi yang tepat antara protein dan karbohidrat pati.

Hindari memilih menu makanan dengan karbohidrat kosong yang hanya akan memberikan tubuh Anda pasokan energi sementara saat siang. Sementara Anda akan lebih cepat mengantuk di sore hari atau lemas karena tubuh kehilangan tenaga. Intinya Anda harus memilih karbohidrat sehat yang mendukung keseimbangan gula darah, yang biasa terdapat pada menu makanan roti tawar, mi instan, atau nasi putih dalam jumlah banyak. Berikut ini contoh menu yang bisa Anda pilih.

  • Sandwich roti gandum yang ditambahkan lapisan daging sapi, salmon, tuna, kalkun, atau pun dada ayam yang rendah lemak. Tambahkan pula semangkuk salad buah segar atau sayuran yang melengkapi kebutuhan serat dan vitamin pada menu diet sehat untuk remaja.
  • Lumpia versi sehat dengan isian kulit lumpia basah berupa irisan daging sapi atau ayam yang diambil bagian tanpa lemaknya. Tambahkan pula irisan timun, toge, tomat, dan saus asam manis untuk menambah rasanya.
  • Minum segelas jus buah asli yang tanpa ditambahkan gula dan susu kental manis, ataupun bisa memilih susu skim. Hindari soda atau minuman manis lainnya yang tinggi gula, bila perlu bawalah minuman sendiri untuk bekal di sekolah.

Makan malam sehat

Sebenarnya tidak ada masalah dengan makan di malam hari, asal bisa menjaga porsi dan sumber makanan yang dipilih. Pastikan juga untuk makan sebelum jam 7 malam atau beri jarak maksimal 3 jam sebelum menjelang tidur. Ketahuilah bahwa remaja biasanya memerlukan 150 gram protein setiap hari dalam kondisi tubuh normal. Penuhi kebutuhan tersebut dengan pilihan menu diet sehat untuk remaja yang tepat dan seimbang  seperti contoh berikut.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

  • Setengah piring makan malam dengan beraneka macam buah seperti pisang, apel, maupun jeruk. Tambahkan pula asupan sayur seperti sayuran hijau, bunga kol, serta jenis sayuran buah untuk melengkapi kebutuhan serat.
  • Lengkapi menu diet sehat untuk remaja melalui asupan vitamin dan mineral dari dengan dorongan protein dari jenis bahan makanan kacang-kacangan dan biji-bijian seperti tahu, tempe, almond, wijen, dan lain sebagainya.
  • Nasi goreng mentega dengan tambahan beragam sayuran seperti daun kol, wortel, tomat, sawi hijau, dan lain sebagainya. Melengkapi menu tersebut dengan pasta whole-wheat atau pun saus tomat adalah pilihan yang baik yang bisa Anda coba.
  • Perbanyak air putih atau teh hangat yang tanpa gula sebagai teman makan malam Anda, atau susu yang rendah lemak sebelum tidur. Jika ingin ngemil menjelang tidur, pilihlah setengah cangkir yogurt bebas lemak plain, atau yang divariasikan dengan beraneka toping buah atau pun satu skup eskrim rendah gula.

Merencanakan diet sehat untuk remaja dengan menu tepat merupakan salah satu cara untuk mengelola dan mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik. Terlebih bagi remaja agar tetap sehat dan mampu beraktifitas dalam kondisi terbaiknya. Pastikan Anda mengonsumsi makanan buah dan sayuran segar lebih banyak dengan konsisten. Hindari makanan tak sehat seperti keripik kentang, cokelat, atau camilan ‘kosong’ lain jika ingin menurunkan berat badan. Makanan tersebut tidak memberikan rasa kenyang dan manfaat bagi kesehatan, serta hanya memberikan nikmat di lidah.

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet – Senam adalah jenis olahraga yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *