Begini 5 Cara Melakukan Diet untuk Penyakit Hati yang Tepat

By

Sumbersehat.com – Jika terkena penyakit hati Anda harus merubah pola makanan dengan mengkonsumsi makanan diet untuk penyakit hati. Itu agar penyakit yang menyerang anda bisa terkendalikan dan tidak menyebar. Cara yang sangat efektif akan berhasil jika ingin sembuh dari penyakit yang menyerang hati salah satunya dengan cara menjaga pola makan.

Menerapkan pola hidup sehat dengan diet hati bagi para penderita penyakit yang menyerang hati atau liver akan meringankan kinerja hati dalam mengeluarkan racun  di tubuh. Dengan hal ii kerusakan hati tidak akan semakin parah dan menyebar, meskipun penyakit hati ini tidak bisa disembuhkan secara total.diet untuk penyakit hati

Inilah Cara Melakukan Diet Hati yang Benar

Meskipun sudah diketahui bahwa penyakit hati tidak bisa disembuhkan secara total, namun beberapa cara diet untuk penyakit hati ini bisa diikuti agar meringankan kinerja hati

Meningkatkan asupan karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa yang digunakan tubuh sebagai sumber energi dan sumber tenaga utama. Nah untuk orang yang menjalani diet hati, karbohidrat yang dikonsumsi merupakan karbohidrat sederhana.

Meskipun yang dikonsumsi merupakan karbohidrat sederhana,namun makanan diet untuk penyakit hati sebisa mungkin meningkatkan jumlah asupan karbohidrat hingga sebanding dengan jumlah protein yang dikonsumsi.

Pemilihan karbohidrat sederhana dalam bahan makanan diet hati dikarenakan karbohidrat sederhana memiliki glikemik yang rendah dan akan dicerna secara lambat oleh pencernaan. Sehingga tidak akan  membuat kadar gula darah di dalam tubuh pasien penderita penyakit hati menjadi tinggi.

Meningkatkan asupan karbohidrat sederhana  ketika diet untuk penyakit jantung juga akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga kolesterol di dalam tubuh pasien akan menurun secara perlahan. Karbohidrat juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang digunakan untuk memperlancar pencernaan.

Mengurangi jumlah protein

Mengurangi jumlah protein yang dimakan adalah cara selanjutnya agar kerja hati anda tidak terlalu berat. Makanan diet hati tidak melarang pengkonsumsian bahan makanan dan minuman yang mengandung protein, namun pembatasan jumlah protein yang masuk ke dalam tubuh adalah hal yang sangat penting.

Protein yang masuk ke dalam tubuh akan menghasilkan produk limbah beracun di dalam hati, nah dengan pembuatan sumber protein tinggi pada makanan diet untuk penyakit hati diharapkan penumpukan yang limbah beracun yang ada di dalam hati akan berkurang dan tidak banyak.

Bahan makanan sumber protein diet hati diantaranya adalah ikan air dingin. Ikan air dingin meliputi ikan ikan yang mengandung omega 3 yang tinggi juga seperti ikan salmon dan mackerel. Atau sebagai alternatif adalah daging yang tidak berlemak. Telur dan berbagai produk susu. Jika vegetarian anda bisa mengkonsumsi kacang.

Anda bisa mengkonsumsi 1 gram protein per kilogram berat tubuh yang anda miliki. Misalkan anda memiliki berat tubuh 50 kg maka anda harus mengkonsumsi makanan  diet untuk penyakit hati berprotein tidak lebih dari 50 gram. Jika penyakit hati yang anda derita sudah dalam fase parah, anda harus  mengkonsultasikan pada dokter.

Mengurangi asupan garam

Cara selanjutnya yaitu anda harus mengurangi asupan garam di dalam diet untuk penyakit hati. Sebaiknya anda mengkonsumsi kurang dari 1500 miligram garam pada makanan yang anda konsumsi karena garam akan mempertahankan cairan yang ada di tubuh anda.

Jika anda mengkonsumsi garam tinggi di dalam makanan diet hati anda,  dan cairan tertahan di dalam tubuh, biasanya anda akan mengalami pembekakan dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi beberapa garam yang baik bagi penderita penyakit hati, atau baik jika anda tidak banyak menambahkan garam pada makanan anda.

Beberapa makanan yang tidak diperbolehkan bagi pelaku diet untuk penyakit hati yang mengandung garam tinggi diantaranya yaitu garam dapur, kornet, daging asap, sosis, makanan dan buah kaleng, kaldu sayuran siap masak, makanan beku atau frozen food, kecap asin, teriyaki, saus barbeque hingga bumbu bumbu kemasan.

Menghindari Lemak

Lemak adalah sesuatu hal yang banyak dihindari orang orang yang sedang mengalami gangguan kesehatan termasuk bagi para penderita penyakit hati. Makanan diet hati harus menghindari bahan bahan yang mengandung berbagai lemak terlebih lemak lemak jahat yang sangat tinggi kolesterol.

Penderita penyakit hati memiliki tubuh yang menentang insulin, akibatnya banyak glukosa yang menumpuk di dalam darah dan selanjutnya hati mengubah glukosa tersebut menjadi lemak. Beberapa lemak dalam menu diet untuk penyakit hati akan mengakibatkan insulin menjadi sensitif.

Ketika sensitifitas atau kemampuan penggunaan insulin tinggi, sel yang anda miliki dapat mengambil glukosa sehingga glukosa tidak perlu diubah menjadi lemak di dalam tubuh. Nah jika kalian mengkonsumsi makanan diet hati yang mengandung lemak maka glukosa tetap akan berubah menjadi lemak dalam hati.

Beberapa lemak yang baik bagi makanan diet untuk penyakit hati adalah asam lemak omega 3 dan lemak tak jenuh. Beberapa sumber asam lemak omega 3 adalah mackerel, ikan salmon, tuna, herring, minyak sayur, kacang kacangan hingga sayuran hijau. Sedangkan lemak jenuh seperti alpukat dan juga zaitun.

Ada penderita penyakit hati yang bermasalah saat pemrosesan serta penyerapan lemak. Lemak yang tidak bisa dicerna akan dibuang saat buang air besar. Nah jika anda mengalaminya anda butuh makanan diet hati tanpa lemak

Makan sumber antioksidan

Jika nutrisi tidak terpecah dengan baik maka sel sel hati akan rusak dan terjadi penimbunan lemak. Buah- buahan  diet untuk penyakit hati seperti buah beri dan juga sayuran hijau  yang memiliki kandungan antioksidan juga akan mencegah perusakan sel sel hati karena penimbunan lemak.

Dalam pemilihan buah untuk diet hati anda jangan menggunakan buah kaleng karena memiliki sodium tinggi. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa buah dan sayuran antioksidan memiliki banyak kandungan vitamin E dan vitamin C yang memperbaiki penimbunan lemak hati.

Biji bunga matahari serta almond adalah sumber diet untuk penyakit hati yang baik. Minyak zaitun serta minyak canol juga baik serta mengandung antioksidan. Sayur- mayur berwarna hijau serta sayur- mayur berbonggol seperti brokoli serta brussel sprout juga kaya akan antioksidan tinggi dan sangat berguna bagi kesehatan hati anda.

Bawang putih mentah  memiliki jumlah tinggi allicin serta selenium senyawa natural yang menolong proses pembersihan hati akan baik bagi diet hati, teh hijau yang kaya antioksidan nabati yang diketahui bagaikan catechin, sudah diketahui buat tingkatkan guna hati.

Buah diet untuk penyakit hati yaitu sitrus asam semacam lemon, jeruk, yang besar kandungan vit C serta antioksidan buat membasuh toksin, serta kunyit yang diketahui menolong tubuh anda lebih mudah mengolah lemak serta memicu produksi empedu serta juga bisa berperan bagaikan detoksifikasi natural dalam hati.

Itulah beberapa cara diet untuk penyakit hati, jika anda mengalami keluhan lainnya anda bisa mengkonsultasikan kepada ahli gizi dan dokter keluarga anda. Jika ingin informasi tentang kesehatan dan penyakit, tetap simak Sumber Sehat, ajak pula keluarga, teman dan sahabat Anda.

Tinggalkan komentar