9 Langkah Diet Sehat Untuk Usia 40 Tahun Yang Aman Dan Juga Cepat

Sumbersehat.com – Diet sehat untuk usia 40 tahun memang harus dipilih metode yang tepat. Memasuki usia 40 tahun, tubuh akan mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan terutama bagi wanita. Hal ini dikarenakan kinerja tubuh, seperti proses metabolisme yang semakin menurun.

Sehingga menyebabkan penumpukan lemak dan bentuk tubuh menjadi tidak semenarik di usia muda. Saat usia 40 tahun, atau di masa perimenopause ataupun menopause, tubuh wanita mengalami penurunan kadar hormon estrogen. Memasuki usia tersebut hormon estrogen menjadi lebih sensitif sehingga menyebabkan tubuh mengalami kesulitan ketika mengontrol kadar gula darah.

diet sehat untuk usia 40 tahun
diet sehat untuk usia 40 tahun

Inilah Langkah Diet dan Makanan Sehat untuk Usia 40 Tahun Keatas

Karena tubuh yang mulai berubah, tak heran jika wanita di usia 40 tahun sangat mudah mengalami kegemukan. Jika anda mengalami hal tersebut, tips diet sehat untuk usia 40 tahun ini bisa anda coba untuk menurunkan berat badan.

1. Mulai Perhatikan Apa Yang Dimakan

Usia anda yang tidak lagi muda, membuat anda tidak bisa cuek dengan makanan apa yang anda konsumsi seperti saat masih usia 20an. Tujuan dari diet sehat untuk usia 40 tahun ini adalah untuk menjaga tubuh agar mengatur makanan yang dikonsumsi sehari hari dan menghindari dari makanan yang dapat memicu kenaikan berat badan.

Anda harus memperbaiki pola makan anda. Anda tidak bisa lagi mengkonsumsi makanan yang biasanya anda makan ketika masih muda. Mengingat kinerja metabolisme tubuh anda semakin mengalami penurunan.

Anda dapat makan hingga lebih dari 3 kali sehari, namun tetap perhatikan porsi makanan yang dikonsumsi serta nutrisi di dalam makanan tersebut. Untuk mengatasinya, gunakan saja piring yang lebih kecil sehingga porsi makan lebih terjaga.

2. Mulai Kurangi Kalori Harian

Seiring bertambahnya usia, membuat seseorang mulai kurang aktif dalam kesehariannya. Sehingga kalori yang tubuh anda butuhkan pun juga jauh lebih sedikit daripada biasanya. Namun banyak orang yang terkadang tidak mengontrol kalori yang dikonsumsi sehingga menyebabkan berat badan bertambah dengan cepat.

Untuk diet sehat untuk usia 40 tahun, maka anda bisa mulai mengurangi asupan kalori anda. Anda bisa menghitung jumlah kalori dari makanan yang anda konsumsi, atau saat ini banyak aplikasi yang bisa membantu menghitung jumlah kalori yang anda makan sehari-hari. Mulai ganti makanan anda dengan makanan rendah kalori dalam diet anda.

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin, mineral dan masih banyak lainnya yang baik bagi tubuh. Sehingga dalam diet sehat untuk usia 40 tahun secara alami, buah dan sayuran adalah hal yang sangat penting.

Jika di saat usia muda anda tidak begitu menyukai sayuran dan buah, namun jangan lakukan ini ketika sudah memasuki usia lanjut. Di saat usia 40 tahun, tubuh harus mengkonsumsi sayur dan buah lebih banyak karena kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya.

Dimana kandungan ini berfungsi menstabilkan hormon serta meningkatkan metabolisme. Sehingga sangat membantu mengurangi penumpukan lemak-lemak yang ada di dalam tubuh.

4. Rutin Melakukan Olahraga

Dalam diet sehat untuk usia 40 tahun pun, olahraga adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Sistem metabolisme dalam tubuh yang lambat menyebabkan tubuh membutuhkan gerak aktif maupun olahraga. Lakukan olahraga rutin, minimal 30-60 menit saja setiap harinya.

Anda bisa mencoba olahraga kardio yang memiliki intensitas sedang agar membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Tambahkan pula 4-5 sesi latihan ketahanan dalam seminggunya seperti sit up, push up, step up, dan clams yang dapat membakar kalori lebih banyak.

Olahraga seperti bersepeda, jogging, maupun berjalan kaki akan sangat membantu sistem metabolisme tubuh sehingga menjaga tubuh tetap fit. Jadi, jangan sampai melewatkan olahraga sehari hariya.

5. Jangan Lupakan Sarapan

Sangat direkomendasikan dalam diet sehat untuk lanjut usia  agar tidak sampai melewatkan sarapan. Ketika melewatkan sarapan, tubuh akan merasa kelaparan dan malah menyebabkan mengkonsumsi makanan tidak sehat ketika jam makan siang.

Meskipun terdengar sepele, namun makan di pagi hari sangat vital bagi tubuh apalagi jika tubuh akan bekerja total seharian. Makanan yang dikonsumsi saat sarapan pun juga perlu diperhatikan. Jangan hanya memilih makanan yang mengenyangkan namun juga memiliki gizi lengkap serta seimbang.

Setidaknya makanan untuk sarapan haruslah mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang bisa didapatkan dari buah ataupun sayuran.

6. Makan Lebih Sedikit

ketika berusia 40 tahun, akan ada banyak hal yang berubah dalam tubuh anda. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, proses metabolisme tubuh juga tidak seaktif saat masih muda. Karena itulah metode diet sehat untuk usia 40 tahun juga berbeda saat diet di usia muda.

Karena itulah, ketika menjalani diet di usia 40 tahun, sangat disarankan mengurangi jumlah makanan yang akan dikonsumsi. Meskipun makanan sehat sekalipun, pastikan jika makanan yang masuk ke dalam tubuh anda cukup nutrisi namun tidak berlebihan.

Cara ini akan sangat efektif mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh. Namun untuk lebih amannya, akan lebih baik berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk memutuskan jumlah asupan kalori yang baik untuk tubuh anda.

7. Minum air putih Secukupnya

Seiring bertambahnya usia, pastikan jika anda mengkonsumsi air putih lebih banyak. Minimal lebih dari 8 gelas air putih setiap harinya. Perbanyak konsumsi air putih dibandingkan minuman yang berasa manis itu termasuk adalam program diet sehat untuk usia 40 tahun.

Air putih akan sangat bermanfaat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, jangan sampai kebanyakan minum air putih juga. Untuk porsi yang tepat, Anda bisa berkonsultasi pada ahli gizi.

8. Tingkatkan Kualitas Tidur

Saat tubuh tidak mendapatkan tidur yang nyenyak dan juga berkualitas, maka ini akan cenderung lebih mudah meningkatkan berat badannya. Kebiasaan tidur yang tidak baik dapat memicu otak untuk terus makan saat malam hari dan rata-rata jenis makanan yang dipilih adalah makanan tidak sehat.

Saat tubuh kurang tidur, ini akan menghambat produksi leptin, dimana hormon yang akan membantu tubuh merasa kenyang. Karena itulah sangat penting dalam program diet sehat untuk usia 40 tahun menjaga kualitas tidur malam menjadi lebih baik.

Selain itu jangan lupa untuk menurunkan suhu ruangan saat tidur. Udara dingin akan sangat membantu membakar lemak di dalam tubuh, bahkan saat sedang tidur sekalipun. Hal ini karena tubuh dituntut bekerja lebih keras agar tetap merasa hangat. Para ilmuwan menyarankan untuk menurunkan suhu ruangan hingga 19 derajat celcius

9. Hindari stres

Sama halnya seperti tidur, stress juga sangat mengganggu diet sehat untuk usia 40 tahun yang anda lakukan. Stress bisa mengganggu kualitas tidur anda, dimana ini sangat penting agar menjaga berat badan tetap sehat.

Jika sampai anda stress dan kurang waktu tidur, ini akan membuat anda kehilangan motivasi berolahraga dan tubuh memompa hormon lapar lebih banyak. Jika dibiarkan begitu saja tentu saja akan membuat tubuh menggemuk tanpa disadari

Untuk mengatasi stres, anda bisa mencoba yoga, meditasi, maupun usaha perawatan lainnya sehingga anda bisa lebih berkonsentrasi pada diet dan olahraga anda agar bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Cara-cara diet sehat untuk 40 tahun diatas bisa dicoba, jadi meskipun sudah memasuki usia yang tidak lagi muda anda masih bisa mempertahankan berat badan ideal anda dengan cara yang sehat dan juga aman.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat untuk diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet

8 Kesalahan yang Umum Dilakukan Saat Olahraga Sehat untuk Diet – Setiap orang pasti sudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *