9 Trik Diet Sehat Saat Hari Raya Idul Adha Yang Benar 

By

Sumbersehat.com – Diet sehat saat hari Raya Idul Adha harus diaplikasikan dengan benar agar tidak terjadi pembengkakan berat dan sakit. Tidak terasa sekarang sudah memasuki bulan Dzulhijjah, dimana pada bulan ini umat islam merayakan hari raya idul adha.

Pada hari raya idul adha, pastinya ada acara pemotongan hewan kurban dan dagingnya pasti dibagikan kepada masyarakat sekitar. Terdapat hal yang membingungkan bagi orang yang menjalankan program diet pada saat hari raya idul adha seperti sekarang ini. Ada cara khusus yang dapat dilakukan oleh Anda agar program diet berjalan.

diet sehat saat hari raya Idul Adha
diet sehat saat hari raya Idul Adha

Tips Diet Sehat Saat Hari Raya Idul Adha

Tips diet sehat saat hari raya Idul Adha ini dapat Anda lakukan dengan mudah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa tips tersebut akan kami jelaskan sebagai berikut ini.

Konsumsi Menu Sarapan Bergizi

Pada saat hari raya idul adha, walaupun banyak daging yang ada di rumah jangan lupa untuk mengkonsumsi sarapan yang bergizi. Karena dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, maka program diet yang Anda lakukan akan berhasil walaupun banyak godaan pada saat melakukannya.

Makanan sehat dalam program diet sehat saat hari raya Idul Adha. Anda dapat mengkonsumsi berbagai jenis buah – buahan dan jenis sayur – sayuran. Dimana pada makanan jenis ini memiliki nutrisi yang banyak dan sedikit kalori, Jadi Anda dapat menikmati hidangan lain saat siang harinya.

Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin juga menjadi tips lainnya dalam cara menurunkan berat badan selama idul adha. Meskipun anda sedang berkumpul dengan keluarga dengan berbagai macam hidangan, namun anda harus menjalani kebiasaan ini akan agar membantu mengurangi kalori dalam tubuh.

Sayur dan buah mengandung serat yang kaya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ini akan sangat efektif mengatasi permasalahan berat badan saat melakukan program diet sehat saat hari raya Idul Adha.

Buah dan sayur bukan hanya bermanfaat baik untuk menurunkan berat badan saja, namun juga berguna dalam proses detoksifikasi tubuh, membersihkan saluran pencernaan. Karena akan timbul rasa kenyang yang lebih lama datang. Apalagi konsentrasi serta daya ingat juga sangat membantu dalam mengontrol nafsu makan.

Konsumsi daging yang dipanggang atau dibakar

Saat tiba hari raya idul adha, biasanya stok daging di rumah mendadak banyak. Oleh karena itu kami memberikan tips bagaimana diet sehat saat hari raya Idul Adha dengan mengolah daging yang ada. Daging qurban yang biasa diberikan bisa Anda olah dengan cara dibakar atau dipanggang.

Saat menjalankan program diet sehat, Anda bisa membakar atau memanggang daging terelbih dahulu sebelum dikonsumsi. Karena dengan melakukan hal ini, kadar lemak yang terkandung dalam daging tersebut akan hilang atau tinggal sedikit. Jadi Anda dapat mengkonsumsi daging walaupun sedang melakukan program diet.

Mengurangi Makanan Berminyak

Bukan hanya sering mengkonsumsi buah dan sayur saja saat melakukan program diet sehat saat hari raya Idul Adha. Jika anda ingin menurunkan berat badan secara sehat apalagi saat idul adha, maka sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan berminyak.

Makanan dengan kandungan banyak minyak menjadi musuh yang berbahaya bagi tubuh. Ini bisa menyebabkan timbunan racun di dalam tubuh dikarenakan adanya radikal bebas serta minyak trans di dalam makanan tersebut. Karena itu sangat disarankan menghindari jenis makanan seperti ini.

Anda bisa menggantinya dengan makanan yang diolah dengan cara direbus, kukus, atau panggang sehingga meminimalisir lemak yang dapat masuk ke dalam tubuh. Cara ini penting untuk dipraktekkan dalam program diet sehat saat hari raya Idul Adha agar anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

Mengkonsumsi Air Jeruk Nipis Di Pagi Hari

Cara menurunkan berat badan dengan jeruk nipis juga bisa menjadi tips diet selanjutnya yang anda terapkan saat melakukan program diet pada hari raya idul adha. Air jeruk nipis di pagi hari bisa membantu menurunkan berat badan secara alami.

Mengkonsumsi segelas air jeruk nipis hangat di pagi hari secara rutin menjadi cara yang ampuh melunturkan lemak berlebih dalam tubuh. Sehingga program Diet Sehat Saat Hari Raya Idul Adha yang Anda lakukan akan berjalan dengan maksimal.

Perbanyak Minum Air Putih

Cara efektif menurunkan berat badan lainnya saat hari raya idul adha juga bisa dicoba dengan mengkonsumsi banyak air putih. Tips diet pada program ini akan sangat membantu bagi anda yang tidak mempunyai banyak waktu melakukan aktivitas fisik atau olahraga.

Air putih sudah dikenal akan keefektifannya dalam menurunkan berat badan, jadi cocok untuk program diet sehat saat hari raya Idul Adha. Ada banyak manfaat baik dengan mengkonsumsi air putih. Mulai dari meningkatkan kinerja organ ginjal, mendetoks racun di dalam tubuh, dan berbagai fungsi lainnya.

Jika memasukkan tips ini dalam program diet Anda, maka ada takaran dalam mengkonsumsinya. Anda disarankan mengkonsumsi setidaknya 1.8 liter atau sekitar 8-10 gelas air putih dalam sehari. Terutama sebelum makan, mengkonsumsi air putih bisa mengurangi jumlah kalori yang akan dikonsumsi

Kontrol porsi makan

Kontrol porsi makan juga dijelaskan Karen Ansel, seorang ahli gizi sekaligus penulis “Healing Superfoods for Anti-Aging: Stay Younger Live Longer”. Hal ini bisa menjadi kunci diet sehat saat hari raya Idul Adha yang penting untuk diingat.

Karen Ansel menyarankan untuk membaca setiap label nutrisi yang terdapat pada makanan  serta memperhatikan jumlah makanan yang akan dikonsumsi. Ini akan sangat membantu anda untuk membatasi jumlah kalori yang dikonsumsi. Secara tidak langsung pula ini akan mengurangi beberapa kilogram dari bobot tubuh anda.

Kunyah Makan Secara Perlahan

Otak membutuhkan waktu dalam memproses apa yang tubuh kerjakan. Begitupun saat makan, otak membutuhkan waktu untuk mengirimkan sinyal kenyang agar berhenti makan. Karena itulah dengan mengunyah secara perlahan akan membantu untuk meningkatkan rasa kenyang pada program diet sehat saat hari raya Idul Adha.

Cara ini tidak hanya dapat membuat kenyang bertahan lama. Namun cara menurunkan berat badan ini pun juga akan membuat makanan bisa dicerna maksimal oleh enzim-enzim dalam mulut. Kalori yang masuk juga jadi lebih sedikit.

Perbanyak Makanan Serat

Cara diet sehat saat hari raya Idul Adha lainnya yang bisa anda coba adalah dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Makanan yang kaya akan serat sangat membantu untuk menciptakan rasa kenyang dalam waktu yang lama.

Salah satu jenis makanan kaya serat seperti serat kental, jenis ini yang dapat membentuk gel saat terjadi kontak dengan air. Gel ini nantinya bisa meningkatkan waktu saat penyerapan nutrisi serta memperlambat proses pencernaan. Sehingga lambung anda tidak akan cepat kosong

Ada banyak makanan yang mengandung jenis serat kental dan dapat dikonsumsi pada program diet sehat saat hari raya Idul Adha. Makanan serat kental tersebut seperti sayuran, buah, kacang-kacangan, sereal gandum, dan biji rami.

Itulah tips dan trik yang dapat Anda lakukan untuk diet sehat saat hari raya Idul Adha. Berbagai tips diatas dapat menghasilkan hasil yang maksimal jika Anda lakukan secara konsisten. Jadi lakukan tips ini dengan konsisten dan baik agar mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal.

Tinggalkan komentar