4 Cara Diet Sehat Praktis Kini Hanya dengan Lemon: Kempeskan Perut Buncit!

4 Cara Diet Sehat Praktis Kini Hanya dengan Lemon: Kempeskan Perut Buncit! Lemak perut adalah salah satu jenis lemak yang berbahaya ketika tertimbun dalam tubuh. Lemak ini biasa disebut sebagai lemak visceral, salah satu jaringan lemak yang dibutuhkan dalam jumlah cukup untuk melindungi organ dalam. Namun jika tumpukan lemak ini terlalu banyak akan menyebabkan perut terlihat buncit. Perut yang terlihat buncit mengurangi kecantikan dan keanggunan penampilan.

Tanpa lemak perut, berat badan akan cenderung ideal dan tubuh menjadi lebih sehat. Bentuk tubuh ideal dan tubuh yang sehat tidak hanya menjadi dambaan bagi kaum wanita, tapi juga kaum pria. Bagi kaum hawa, laki-laki yang memiliki tubuh ideal dan perut rata, tidak buncit jauh lebih menarik daripada mereka yang memiliki perut yang bulat dan besar.

diet sehat
diet sehat

Apalagi bagi kaum hawa, perut yang besar bukan karena hamil adalah aib yang sudah memasyarakat, seolah setiap orang merasa maklum bahwa hal itu sudah dianggap biasa, hanya merasa tidak nyaman karena penampilan. Padahal sesungguhnya mereka membutuhkan diet sehat agar lemak dalam perut perlu dilunturkan dan tubuh menjadi sehat sekaligus lebih produktif. Jika berat badan ideal dan tubuh lebih sehat, tentu lebih banyak manfaatnya.

Bahaya Tumpukan Lemak Perut

Pertama, menyebabkan gejala diabetes tipe dua. Diabetes tipe ini membuat penderitanya merasa tubuh tetap kurus, namun perut tampak buncit. Ini disebabkan karena lemak visceral yang menumpuk menurunkan fungsi organ tubuh. Akibatnya glukosa dalam darah menumpuk. Jika sudah demikian, hati cepat lelah karena harus memproduksi insulin dalam julah tinggi.

Kedua, tumpukan lemak jenis ini ketika berlebihan mempengaruhi sirkulasi darah menjadi tidak lancar, sehingga memicu kolesterol dan tekanan darah tinggi. Selain itu, jaringan lemak visceral yang tumbuh tidak terkendali dapat memicu banyak penyakit lain seperti ketidakseimbangan hormon, gangguan metabolisme tubuh, dan sebagainya. Karena itulah diet sehat menjadi sangat penting. Salah satunya dengan menggunakan air lemon.

Diet sehat hancurkan lemak perut

Salah satu cara paling efektif untuk menghancurkan lemak perut adalah dengan diet. Apa yang terjadi pada tubuh adalah akibat dari asupan yang diterimanya. Baik asupan berupa makanan maupun selain makanan mempengaruhi kinerja tubuh. Pola makan yang sehat tidak akan berpengaruh banyak terhadap program diet jika tidak diimbangi dengan pola pikir dan pola hidup yang sehat.

Diet paling baik dan murah yang bisa dilakukan untuk menghancurkan lemak perut adalah dengan diet sehat. Mengatur asupan makanan menjadi sangat penting untuk menyesuaikan asupan dengan kebutuhan tubuh. Pada dasarnya 70% tubuh manusia terdiri dari air, sisanya berupa tulang, daging, otot, dan organ. Maka ketika asupan makanan yang diterima tubuh lebih banyak dari asupan air, maka tubuh kesulitan mencerna dan sistem pencernaan tidak dapat menyerap gizi dalam makanan dengan baik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, diet adalah makanan khusus untuk kesehatan yang biasanya disarankan oleh dokter. Namun menurut para dokter, diet sehat adalah tentang bagaimana mengatur pola makan, termasuk bagaimana mengatur jenis makanan untuk dikonsumsi sehingga kebutuhan tubuh terpenuhi. Hal ini ditandai dengan organ tubuh yang berfungsi dengan baik, berat badan cenderung ideal, sehingga tubuh lebih sehat dan tidak mudah diserang penyakit.

Air lemon untuk diet sehat

Lemon merupakan salah satu jenis jeruk yang memiliki kandungan mineral dan vitamin C tinggi. Mengonsumsi lemon dapat memberikan efek kenyang dan memperbaiki metabolisme tubuh. Air lemon sangat pas untuk dikonsumsi dan mendukung program diet sehat dalam rangka penurunan berat badan. Cara mengonsumsi lemon yang mudah dan praktis menjadi pilihan terbaik saat ini. Hanya dengan membeli lemon yang banyak beredar di pasar baik tradisional mapupun modern, rencana diet dapat berjalan lancar.

Cara diet sehat dengan lemon

Mengonsumsi lemon untuk program diet tentu tidak sama dengan menikmati lemon untuk menyegarkan tenggorokan. Walaupun dikonsumsi dengan cara apapun, lemon tetap memiliki banyak manfaat. Namun untuk program diet, perlu strategi khusus agar tujuan utama meluruhkan lemak perut, menurunkan berat badan menuju ideal dan menyehatkan organ tubuh dapat tercapai. Selain cara konsumsi yang harus tepat, konsisten juga harus terjaga agar tubuh tidak merasa kacau dengan treatment yang sedang dilakukan.

Cara mengonsumsi lemon yang tepat agar program diet sehat mendapat hasil maksimal adalah dengan mengonsumsinya rutin saat pagi hari. Terutama saat perut masih dalam keadaan kosong. Air perasan lemon dapat dicampur dengan air hangat sebelum diminum. Jangan gunakan air panas karena dapat menghancurkan struktur vitamin yang terkandung di dalamnya. Jangan pula menggunakan air dingin agar tubuh tidak perlu menyesuaikan suhu dan sulit mencernanya hingga menghasilkan manfaat yang kurang maksimal.

Air lemon dapat memicu rasa kenyang. Sehingga jangan heran ketika hanya meminum perasan lemon, nafsu makan cenderung berkurang karena merasa sudah kenyang. Selain itu, air lemon dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan fungsi hati, sehingga produksi sel darah sehat mengalir ke seluruh tubuh, menghancurkan lemak jenuh yang terkandung dalam darah dan melancarkan peredasarn darah ke seluruh tubuh.

Sebaiknya hindari konsumsi gula pasir berlebih ketika melaksanakan program diet sehat. Karena kandungan glukosa yang tinggi dalam gula pasir akan mengganggu peran optimal lemon dalam rangka meningkatkan metabolisme sistem pencernaan dan peredaran darah. Jika ingin manis, air lemon dapat ditambahkan madu murni, yang memiliki kandungan gizi jauh lebih baik daripada gula pasir dan sangat disarankan untuk perbaikan sel dalam tubuh.

Selain dengan madu, lemon dapat dikonsumsi bersama daun peterseli yang segar, daun mint, kunyit, jahe, dan rempah lain. Rasa lemon yang cenderung asam dan segar dipadukan dengan berbagai rempah lain menambah kekayaan rasa dan kesegaran ketika meminumnya. Manfaat lemon berpadu dengan berbagai macam rempah semakin menambah kekayaan cita rasa minuman, juga manfaat yang dihasilkan.

Menanam lemon untuk diet sehat

Jika Anda memiliki cukup lahan, menanam lemon sendiri untuk Diet sehat akan sangat baik. Selain mengurangi pengeluaran dan menghemat isi dompet, buah dari pohon lemon yang dijaga sendiri akan lebih terjaga kesegaran dan keasliannya karena tahu perawatan dan pupuk yang diberikan. Tidak sulit untuk menanam dan merawat pohon lemon, Anda hanya perlu bibit yang baik untuk ditanam di lahan yang mendapat sinar matahari dan unsur hara yang cukup.

Bibit pohon lemon dapat diperoleh dengan cara stek. Batang pohon lemon yang sudah berbuah dan cukup keras dapat dipotong sepanjang kira-kira sejengkal lalu langsung diberi media tanah dan pupuk organik. Setelah itu bibit diletakkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari dan disiram setiap hari, sampai tumbuh akar dan daun. Proses ini mungkin menguji kesabaran karena membutuhkan waktu yang cukup lama, menunggu dari tumbuhnya, memperlebat daun dan kemudian berbuah, tentu membutuhkan beberapa bulan, sampai buah siap dipanen dan dikonsumsi.

Namun sambil menunggu tanaman lemon sendiri berbuah, Anda tetap bisa mengonsumsi buah lemon dari berbagai sumber yang beredar di pasar. Ada lemon impor dengan bentuk cenderung besar dan berwarna kunning terang. Ada juga lemon lokal dengan harga yang lebih terjangkau menawarkan manfaat yang tidak jauh berbeda dengan hasil import. Dengan cara konsumsi yang benar, semoga program diet sehat Anda dapat berjalan dengan baik.

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu secara alami merupakan cara yang paling bagus untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *