Diet Sehat Alami Dalam 1 Minggu Tanpa Olahraga

By

Diet Sehat Alami Dalam 1 Minggu Tanpa Olahraga. Sebagian orang mungkin sulit bertahan dalam waktu lama untuk melakukan diet konvensional yang teratur. Sementara itu mereka juga kesulitan menemukan waktu untuk berolahraga. Jadi bagaimana mungkin mereka bisa menurunkan berat badan tanpa melakukan keduanya? Padahal untuk mengendalikan berat badan saja bagi sebagian orang itu sangat susah.

Berbagai metode diet pada dasarnya diciptakan untuk membantu menjaga berat tubuh agar tetap ideal. Namun ada cara lain selain diet konvensional atau olahraga yang terbukti dapat mengurangi sedikit kalori dengan mudah. Cara-cara ini sudah terbukti berdasarkan sains dapat membantu mengurangi lemak secara efektif dan mencegah kenaikan berat badan di masa depan.

diet sehat alami
diet sehat alami

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Sehat Alami

1.   Makan banyak protein

Protein adalah bagian penting dari diet sehat alami, karena memiliki efek kuat pada nafsu makan. Ini dapat meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi rasa lapar, dan membantu Anda untuk makan lebih sedikit kalori. Protein ini juga sering dikaitkan dengan beberapa hormon yang berperan dalam sinyal lapar atau kenyang, seperti ghrelin dan GLP-1.

Sementara itu, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa wanita yang makan yogurt protein tinggi sebagai camilan sore akan mengurangi rasa lapar di malam hari. Sedangkan sebagian wanita yang kelebihan berat badan (obesitas) dan memakan telur untuk sarapan akan membutuhkan sedikit kalori ketika makan siang. Bahkan sarapan dengan telur ini bisa dibilang lebih efektif dibandingkan biji-bijian.

2.   Makan makanan kaya serat

Serat yang ada dalam buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian juga bisa dijadikan alternatif diet sehat alami. Kandungan serat ini berbeda dengan nutrisi lainnya karena tubuh tidak mencernanya di usus kecil. Sebaliknya makanan yang kaya akan serat ini bergerak ke usus besar tempat terjadinya fermentasi. Sementara itu, makanan yang kaya akan serat juga dapat meningkatkan rasa kenyang, membuat Anda bisa menahan lapar lebih lama.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa satu jenis serat (serat kental), sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Ini meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan. Serat kental ini umumnya akan membentuk gel saat bersentuhan dengan air. Gel ini meningkatkan waktu untuk penyerapan nutrisi dan memperlambat pengosongan lambung Anda. Serat kental ini bisa ditemukan dalam makanan nabati seperti: kacang, sereal gandum, kubis, asparagus, jeruk, dan biji rami.

3.   Minum lebih banyak air

Air banyak digunakan sebagai metode diet sehat alami untuk menurunkan berat badan. Ini biasanya mengurangi asupan kalori dengan cara meminumnya sebelum makan. Salah satu studi pada orang dewasa menemukan bahwa minum setengah liter air (sekitar 30 menit sebelum makan) akan mengurangi rasa lapar dan mengurangi asupan kalori lebih banyak. Jadi ini sangat efektif untuk menjaga pola makan Anda yang berlebihan.

Sementara itu, audiens yang minum air sebelum makan terbukti kehilangan berat badan hingga 44 persen selama periode 12 minggu. Ini lebih efektif dibandingkan mereka yang tidak melakukannya. Jadi, jika Anda mengganti minuman yang mengandung kalori (seperti soda atau jus) dengan air, maka Anda akan mengalami efek diet yang lebih besar.

4.   Membagi makanan dalam porsi kecil

Metode diet sehat alami ini paling berguna dalam situasi prasmanan atau saat ngemil. Salah satu studi menyebutkan bahwa dengan membagi makanan tunggal menjadi porsi yang lebih kecil (tiga atau enam bagian terpisah) akan meningkatkan rasa kenyang lebih besar. Sementara makan dalam porsi besar biasanya akan mendorong orang untuk makan lebih banyak lagi. Yang pada akhirnya dikaitkan dengan peningkatan berat badan dan obesitas.

5.   Gunakan piring yang lebih kecil

Saat orang menyajikan makanan di atas piring, maka mereka cenderung menghabiskan semua yang ada dalam piring tersebut. Jadi untuk mengurangi asupan kalori, maka usahakan untuk memakai piring yang lebih kecil atau mengurangi jumlah makanan yang Anda masukkan ke dalamnya. Anda bisa meniru metode diet cangkir kertas ala Korea. Jadi disini mereka membatasi porsi makan hanya sebanyak satu gelas 200mL saja.

6.   Tidur nyenyak dan hindari stres

Sebaik apapun diet sehat alami yang Anda jalankan, itu tidak akan efektif jika Anda kurang tidur dan stres. Kedua faktor ini sering diabaikan, padahal ini memiliki efek kuat pada nafsu makan dan berat badan. Kurang tidur dapat mengganggu hormon pengatur nafsu makan yakni leptin dan ghrelin. Sementara hormon lain yakni kortisol, cenderung meningkat ketika Anda sedang stres. Keadaan hormon yang berfluktuasi akan meningkatkan rasa lapar sehingga memungkinkan Anda makan yang tidak sehat.

7.   Hindari minuman manis

Sebuah studi di Inggris menyebutkan jika konsumsi minuman manis atau pemanis buatan secara regular, akan cenderung meningkatkan lemak tubuh pada anak-anak. Untuk itu menambahkan herbal atau buah ke dalam air akan membantu mengurangi keinginan untuk minum minuman manis. Ada banyak alternatif sehat untuk minuman ringan. Contohnya, Anda bisa menambahkan air dengan mint, jahe, buah berry, atau mentimun untuk kandungan yang sedikit kalori. Sementara itu, Anda juga bisa menambahkan jeruk nipis atau lemon ke dalam air untuk membakar lebih banyak kalori.

8.   Mengunyah makanan dengan benar

Metode diet sehat alami juga sering dikaitkan dengan pola hidup sehat, salah satunya yakni dengan mengunyah makanan secara menyeluruh. Mengunyah makanan sebanyak 33 kali akan membuat Anda makan lebih lambat. Yang mana ini sering berhubungan dengan penurunan asupan makanan, peningkatan rasa kenyang, dan menjadikan ukuran porsi lebih kecil.

Sementara itu, seberapa cepat Anda menyelesaikan makanan juga dapat memengaruhi berat badan. Sebuah studi baru-baru ini melaporkan bahwa orang yang makan lebih cepat cenderung mengalami penambahan berat badan dibandingkan pemakan yang lebih lambat. Dengan demikian orang yang makan lebih cepat jauh lebih mungkin terkena obesitas.

9.   Makan dengan penuh kesadaran

Makan dengan penuh perhatian, atau makan dengan kesadaran, adalah alat yang sangat baik untuk manajemen berat badan atau diet sehat alami. Memperhatikan apa yang Anda makan akan membantu tubuh Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori. Biasanya orang yang makan sambil menonton TV atau bermain game cenderung lupa berapa banyak yang sudah mereka konsumsi. Yang pada gilirannya dapat menyebabkan kalori berlebih.

Salah satu studi menemukan bahwa orang yang terganggu pada waktu makan, cenderung mengkonsumsi sekitar 10 persen lebih banyak di tempat duduk itu. Sementara orang yang biasa telat makan, cenderung mengkonsumsi 25 persen lebih banyak di waktu makan berikutnya. Untuk itu makan secara teratur dan tanpa gangguan elektronik akan membantu tubuh Anda menerima sedikit kalori. Simak artikel menarik tentang diet lainnya disini.

Itulah beberapa kebiasaan sederhana yang bisa dijadikan metode diet sehat alami tanpa olahraga. Sebagian memang tidak ada hubungannya dengan diet konvensional atau rencana olahraga. Namun ini juga memiliki pengaruh terhadap kenaikan atau penurunan berat badan Anda. Untuk itu, cobalah setidaknya satu kebiasaan baik di atas. Jika Anda rasa itu bermanfaat maka cobalah kebiasaan yang lain.

Tinggalkan komentar