10 Cara Mudah Diet Sehat Alami Bagi Remaja Agar Tidak Mengganggu Pertumbuhan

By

10 Cara Mudah Diet Sehat Alami Bagi Remaja Agar Tidak Mengganggu Pertumbuhan – Sekarang ini melakukan diet demi tubuh langsing tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja. Melainkan, mereka yang masih remaja pun sudah banyak juga yang mengikuti pola diet agar badan lebih kurus dan percaya diri. Tak jarang juga, para remaja ini ada yang mendapat beragam fasilitas dari orang tua khusus untuk menunjang dietnya. Seperti contohnya, peralatan mahal yang memberikan janji dalam hal mempercepat pembakaran lemak, alat penurun berat badan, bahkan hingga obat-obatan penurun atau perontok lemak.

Padahal para remaja ini masih dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan banyak asupan nutrisi demi pertumbuhan yang lebih optimal. Sehingga bagi remaja sangat tidak dianjurkan menerapkan diet ketat yang bisa mengganggu pertumbuhan tersebut. Itulah sebabnya diet ketat tidak boleh untuk dilakukan, sebab akan mempengaruhi tumbuh kembang remaja seusianya. Akan pebih baik jika remaja tetap melakukan diet tanpa mengganggu asupan nutrisi yang didapatkannya.

diet sehat alami
diet sehat alami

Apalagi remaja juga membutuhkan banyak nutrisi untuk melakukan berbagai aktifitas kesehariannya agar tetap bersemangat dan penuh energi. Sehingga pastikan cara diet yang dilakukan tepat dan sehat, agar remaja tidak mengalami banyak masalah pada kesehatannya. Berikut ini beberapa cara atau metode diet sehat alami yang perlu dilakukan anak remaja.

Cara Melakukan Diet Sehat Alami Bagi Remaja

Tetap mengonsumsi makanan sehat

Remaja belum terlalu mengenal apa itu diet dan jenis makanan sehat yang perlu dikonsumsi. Bahkan terkadang mereka memiliki ketidaktahuan terkait pola makan saat diet, sehingga seringkali remaja menganggap bahwa diet sehat alami sama berarti melewatkan waktu makan atau tidak makan. Padahal metode diet bukanlah seperti itu, melainkan lebih ke pengaturan pola makan menggunakan santapan yang sehat dan bergizi seimbang.

Nutrisi saat diet seperti kebutuhan kalori harian dari remaja juga harus diperhatikan, meski konsumsi kalori harus dikurangi. Karena menurunkan berat badan, berarti kalori harus defisit dan bisa mengganggu metabolisme. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua memberikan asupan makanan yang tepat dan mengajak anak untuk selalu makan di rumah. Tujuannya adalah supaya nutrisi yang masuk bisa dikontrol secara penuh.

Mengontrol kebiasaan yang dilakukan

Remaja seringkali melupakan kebiasaan dalam kehidupan sehari-harinya dan hanya melakukannya saat benar-benar ingin. Seringkali justru mereja menggantinya dengan pola baru yang dianggap cocok untuk penurunan berat badan. Contohnya saja seperti melewatkan jam makan, konsumsi minuman berkalori tinggi, olahraga asal, diet ketat, serta berbagai kebiasaan buruk lainnya. Pastikan juga remaja tidak melakukan kebiasaan lain yang justru beresiko pada kegagalan diet sehat alami

Biasakan membaca label makanan

Remaja dapat mengontrol asupan kalori yang masuk ke tubuh dengan cara mudah. Salah satu cara yang perlu dijadikan kebiasaan adalah dengan membaca label makanan kemasan. Sehingga apabila ingin membeli makanan di luar rumah, remaja bisa memastikan bahwa makanan tersebut sehat atau hanya berisi kalori tanpa nutrisi. Banyak ahli kesehatan menyatakan jika remaja diharuskan mengonsumsi kurang lebih 2.000 kalori per harinya. Kategori makanan tersebut haruslah makanan sehat dengan teknik olahan yang tepat.

Hindari minuman berkalori tinggi

Diet sehat alami sepanjutnya adalah dengan menghindari konsumsi yang mengandung kalori tinggi  Minuman berkalori tinggi bisa memicu berat badan berlebih dan penumpukan lemak. Contohnya saja seperti jus, susu, atau yogurt dengan perisa dalam kemasan yang pastinya mengandung pemanis buatan dan beresiko menyebabkan penambahan berat badan. Maka dari itu, sebaiknya hindari mengonsumsi minuman seperti ini supaya kelancaran program diet anda lebih terjamin.

Mengonsumsi nutrisi dengan protein

Dari pada mengonsumsi karbohidrat, kandungan protein lebih penting untuk tubuh saat diet. Terutama bagi remaja putri yang tengah mengalami fase-fase pertumbuhan dan harus menurunkan berat badan. Protein ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus menghindari munculnya keinginan untuk memakan cemilan. Tentu saja hal ini mendorong tubuh untuk mengurangi berat dan membuatnya tetap stabil. Sumber protein yang sehat dan baik bagi kelancaran diet meliputi, yogurt plain, dada ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, serta kacang-kacangan yang tanpa digoreng.

Menghindari makanan malam menjelang tidur

Diet sehat alami yang satu ini merupakan pola makan yang cukup sulit untuk dilakukan. Padahal cara ini cukup efektif untuk penurunan berat badan, lantaran proses metabolisme tubuh menjadi lebih lambat saat malam hari. Lebih baik batasi waktu makan malam tidak melebihi pukul 19.00. Anda bisa memberikan jarak makan malam kurang lebih 2 – 3 jam menjelang tidur. Usahakan juga agar anda tidak berbaring segera setelah makan agar proses pengolahan makanan lebih optimal.

Mengonsumsi air mineral lebih banyak

Mengonsumsi air mineral dalam program diet memang sangat dianjurkan, kira kira harus mengonsumsi 2 sampai 3 liter air mineral per harinya. Tujuannya adalah supaya kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi dan tidak dehidrasi. Cara ini merupakan tips diet sehat yang efektif dan mampu membuang zat sisa atau racun di tubuh. Cara ini juga turut serta dalam meningkatkan laju metabolisme tubuh saat diet. Proses metabolisme yang baik dan optimal akan mampu membakar lemak serta menurunkan berat badan secara cepat dan alami.

Mengontrol porsi makan

Cara diet sehat alami selanjutnya yang perlu dilakukan remaja adalah dengan senantiasa mengontrol porsi makannya. Hal ini tujuannya adalah untuk mewujudkan kebiasaan makanan dan pola makan yang sehat. Menerapkannya secara tepat, secara tidak langsung porsi makan juga dibatasi asupan kalorinya.

Hindari sering makan di luar

Sering makan di luar rumah ternyata bisa sangat mengganggu program diet yang dijalankan remaja. Salah satunya adalah beresiko meningkatkan asupan kalori lebih banyak. Karena makanan yang dijual biasanya mengandung tinggi lemak jahat, gula, minyak, dan bahan nutrisi penyebab kegemukan lainnya. Jadi cobalah untuk lebih sering makan makanan olahan di rumah, serta batasi makan di luar. Sehingga asupan kalori pada menu makan anda jadi lebih terkontrol dan tidak menimbulkan penumpukan lemak.

Olahraga yang tepat secara rutin

Aktivitas fisik atau olahraga haruslah dilakukan secara rutin minimal 30 menit setiap harinya. Hal ini dapat membantu anda dalam mendapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal dan kondisi tubuh yang sehat. Karena seperti yang kita tahu, program Diet sehat alami bukan hanya sekedar mengurangi makan tapi juga mengurangi penumpukan lemak. Salah satunya adalah dengan berolahraga seperti jogging, sepeda, senam, dan juga berenang.

Demikianlah tadi beberapa cara melakukan diet sehat alami bagi para remaja agar memiliki berat yang ideal. Tubuh yang proporsional dengan berat ideal, pastinya akan membuat remaja menjadi lebih percaya diri. Sehingga saat masa pertumbuhan, tidak ada salahnya tetap menjalani program diet. Namun pastikan anda memperhatikan kebutuhan dan kecukupan nutrisi yang diperlukan tubuh. Dan terpenting, jangan sampai terlalu berlebihan dalam memilih asupan nutrisi untuk dikonsumsi harian.

Tinggalkan komentar