4 Makanan dan Cara Diet Sehat ala Rasulullah, Simak Yuk!

By

sumbersehat – Meski tak ada penjelasan khusus tentang diet sehat ala Rasulullah SAW, namun Anda bisa meniru pola makan sehat yang diajarkan. Dalam beberapa riwayat, kerap diungkapkan bagaimana kebiasaan Rasulullah SAW dalam mengonsumsi makanan. Dan tentu saja, ada banyak sekali pelajaran yang bisa diambil dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebagai umat muslim, Anda tentunya ingin melakukan segala sesuatunya sesuai dengan koridor agama Islam, termasuk soal pola makan atau diet. Nah, kalau begitu, bagaimana sesungguhnya pola makan yang dianjurkan dalam Islam? Dan apakah ada cara diet sehat secara islami? Baca terus artikel ini untuk temukan jawabannya. 

diet sehat ala rasulullah

Pola Makan dan Diet Sehat ala Rasulullah

Dalam Islam, menjaga pola makan untuk hidup yang lebih sehat sangatlah dianjurkan. Meski tak ada tuntunan pastinya, namun banyak ditemukan dalil yang berkaitan dengan makanan atau cara makanan. Anda bisa mengadopsi beberapa kebiasaan berikut dan mempraktekannya di kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah kebiasaan Rasulullah SAW yang ditemukan dalam hadis atau riwayat: 

Makan Seperlunya, Berhenti Secepatnya

Pada sebuah kisah diriwayatkan bahwa Rasulullah beserta kaumnya tidak pernah makan sebelum benar-benar lapar dan akan berhenti sebelum merasa kenyang. Dalam ilmu kesehatan, kebiasaan tersebut memang bisa Anda gunakan untuk mengatur berat badan. Dengan cara diet sehat ala Rasulullah, Anda bisa membatasi kalori yang dikonsumsi dan menyesuaikannya dengan energi yang dikeluarkan. 

Namun tentu saja, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan seperti menilai rasa ‘lapar’ yang sesungguhnya. Segeralah makan jika memang tubuh Anda sudah terasa tidak berenergi. Tapi jika muncul rasa ‘ingin’ makan yang tiba-tiba hilang setelah beberapa menit berlalu, maka mungkin Anda memang belum merasa lapar. 

Selain itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada kita untuk berhenti makan sebelum kenyang. Ini mungkin adalah cara diet sehat ala rasulullah yang sekaligus mengajarkan kita untuk mengendalikan diri. Jangan sampai menjadi orang yang rakus dan berlebihan dalam mengonsumsi makanan. Tak hanya soal berat badan, tetapi kebiasaan tersebut juga bisa menjadi sumber penyakit. 

Porsi Makan yang Disarankan 

Meski tak ada tuntunan tentang diet sehat ala Rasulullah, namun ada hadits yang memuat tentang pola makan nabi Muhammad SAW. Berdasarkan Hadits Riwayat Ibnu Majah No.3349 dikatakan bahwa Rasul menyarankan pola makan sepertiga bagian; sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, sepertiga lainnya untuk napas. 

Begitu juga dengan apa yang tertulis dalam surat Al-A’raf yang berbunyi, “Makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan.” Kedua perintah ini sangatlah baik untuk dijadikan pedoman Anda dalam mengatur pola makan. Karena pada dasarnya, berlebih-lebihan dalam memakan atau meminum sesuatu itu memang tidak baik. 

Berpuasa 

Seperti yang kita ketahui, setiap tahunnya saat datang bulan suci Ramadhan, semua umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Berpuasa sendiri ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan tubuh Anda. Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang berpuasa satu bulan sekali memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit jantung. 

Selain itu, berpuasa juga ternyata baik untuk metabolisme tubuh Anda. Metabolisme yang baik dan cepat sangat berguna untuk proses pembakaran kalori dari makanan yang Anda konsumsi menjadi energi. Selanjutnya, puasa membuat Anda lebih memiliki pola makan yang teratur dan tentunya ini akan mewujudkan gaya hidup yang lebih sehat. 

Dalam sebuah hadits juga diriwayatkan, bahwa Rasulullah SAW sering berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Tapi tentu saja Anda tidak boleh menggunakan diet sebagai alasan berpuasa. Sekali lagi, meski ini bukan anjuran diet sehat ala Rasulullah, namun berpuasa memang membawa banyak sekali manfaat bagi tubuh Anda. 

Giat Berolahraga

Sudah hal yang pasti, tanpa olahraga, bukan hanya berat badan Anda yang tak bisa dikontrol, namun juga kesehatan dapat memburuk. Rasulullah SAW sendiri diriwayatkan gemar melakukan olahraga. Olahraga yang biasa dilakukan Rasulullah di antaranya adalah berenang, memanah, dan juga berkuda. 

Dalam menjaga program diet sendiri, olahraga sangat diperlukan agar kalori yang Anda konsumsi dengan yang dibakar dan dijadikan energi, seimbang. Minimalnya, olahraga perlu dilakukan selama 30 menit setiap harinya. Tips menarik diet sehat ala Rasulullah ini bisa Anda lengkapi dengan melakukan olahraga demi menjaga kesehatan dan berat badan. 

Makanan Diet Sehat ala Rasulullah 

Karena tubuhnya yang sangat sehat, dalam riwayat disebutkan bahwa Rasulullah SAW hanya pernah menderita sakit sebanyak dua kali. Yaitu ketika beliau diberi racun dan saat sakit menjelang wafat. Selain kebiasaan makan, Anda mungkin juga bertanya-tanya tentang makanan apa saja yang dikonsumsi Nabi Muhammad semasa hidupnya. Berikut adalah beberapa di antaranya: 

Tharid

Tharid merupakan sebuah hidangan tradisional Arab yang terbuat dari roti yang direndam dalam kuah kaldu sayuran atau tulang. Dalam hadis diungkapkan bahwa Tharid merupakan makanan favorit Rasulullah SAW. Tak cuma lezat, hidangan ini juga banyak mengandung nutrisi. 

Selain beberapa bahan di atas, Tharid biasanya juga disajikan dengan kacang chickpea atau kacang Arab. Kacang ini sendiri baik untuk kesehatan jantung Anda, kaya akan serat, dan dapat menstabilkan gula darah. Hidangan sehat dan lezat ini tampaknya bisa jadi menu diet sehat ala Rasulullah bagi Anda yang berminat. 

Roti Gandum 

Makanan sehat ala Rasulullah selanjutnya adalah roti gandum. Berbeda dengan roti biasa, roti gandum diyakini sangat baik bagi Anda yang ingin menjaga pola makan. Pasalnya, meski kandungan nutrisinya sangat tinggi, namun roti gandum rendah kalori. Selain itu karena kandungan seratnya yang banyak, roti gandum juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. 

Rasulullah SAW sendiri biasanya memakan roti gandum dengan minyak zaitun dan dua tetes cuka. Minyak zaitun sendiri sangat baik untuk kesehatan jantung, hati, dan kaya akan antioksidan. Tapi ingat, jangan mengonsumsi makanan-makanan ini secara berlebihan, ya. 

Kurma Ajwa

Beberapa riwayat juga menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW senang mengonsumsi kurma ajwa. Kurma ajwa sendiri adalah jenis kurma yang berasal dari kota Madinah. Rasulullah biasanya mengonsumsi tujuh buah kurma ajwa saat memasuki waktu dhuha. 

Selain untuk dikonsumsi sehari-hari, kurma juga berguna untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah berpuasa. Kurma ajwa juga dipercaya bermanfaat untuk kesehatan ginjal dan diyakini bisa menjaga kestabilan tekanan darah. Ini menjadikan kurma sebagai makanan wajib untuk mengikuti pola makan atau  diet sehat ala Rasulullah. 

Air Putih dan Madu

Rasulullah SAW juga dikisahkan meminum air putih yang sudah dicampur madu asli setiap pagi. Keutamaan minuman ini adalah untuk meningkatkan imunitas. Kandungan kalori pada madu asli diyakini cenderung lebih rendah, sehingga minuman ini selain sehat juga aman untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjaga pola makan. 

Itu tadi adalah ulasan singkat tentang bagaimana Rasulullah SAW menjaga pola makan dan kesehatan. Sekali lagi, dalam Islam sendiri tidak pernah ada tuntunan diet sehat ala Rasulullah. Namun, Anda bisa mengambil beberapa kebiasaan Nabi Muhammad tadi untuk mewujudkan pola makan dan pola hidup yang lebih sehat.

Tinggalkan komentar