Diet Sehat Ala food Combing Untuk Balance-kan Tubuh

By

Diet Sehat Ala food Combing Untuk Balance-kan Tubuh – Kenal dengen metode diet food combing? Ya betul. Metode diet kuno ini memang semakin lama semakin berkembang namun tetap menggunakan protocol dasar yang sudah ada sejak zaman kuno. Metode diet ini menitikberatkan pada keseimbangan/balace tubuh terutama pada kadar keasaman dan juga daya cerna suatu makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga, tidak heran jika ada beberapa jenis makanan atau minuman yang tidak boleh dikosumsi bersamaan, demikian juga sebaliknya. Tertarik untuk mencobanya? Yuk simak dalam ulasan berikut ini.

Pengertian Diet Sehat Ala Food Combining

Diet food combining merupakan  diet dengan pertimbangan gagasan bahwa ada beberapa macam makanan yang tidak cocok untuk digabungkan bersama, dan ada juga kombinasi beberapa makanan yang ternyata cocok untuk dikonsumsi secara bersamaan. Dalam diet food combining ini, jika kosumsi dari jeni kombinasi makanan yang tidak cocok secara bersamaan, dipercaya dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatan tubuh. Sehingga harus diatur dalam sebuah pola diet.

diet sehat
diet sehat

Diet sehat ala food combining, sudah muncul dalam prinsip pengobatan kuno Ayurveda dari India kuno dan seiring waktu menjadi popular. Misalnya pada rentang tahun1800-an pola diet ini muncul dengan istilah trophology yang artinya adalah sains dalam menggabungkan makanan. Lalu pola diet food combining ini semakin berkembang dan pada awal tahun 1900-an, dan kembali hits dengan istilah diet Hay. Hingga saat ini pun, di tahun 2020 semakin berkembang dan menjadi pola diet modern yang disukai banyak orang.

Protokol diet food combining ini, secara umum mengelompokkan makanan dalam klasifikasi pati dan karbohidrat, buah-buahan (termasuk buah-buahan manis, buah-buahan asam dan berair banyak), sayuran, protein (nabati dan hewani) serta lemak. Tidak itu saja, karena ada protokol yang mengatur diet food combining dalam mengklasifikasikan makanan, menjadi kelompok makanan bersifat asam, basa serta netral.

Landasan Dasar Diet Sehat Ala Food Combining

Jenis Kecepatan Pada Proses Pencernaan

Landasan pertama dalam diet sehat ala food combining adalah jenis kecepatan pada proses pencernaan makanan. Karena sistem pencernaan manusia yang kompleks, maka diyakini bahwa ada makanan yang proses cernanya secara lambat dan ada juga yang dicerna dengan cepat. Sehingga, ketika mengkosumsi dua jenis makanan tersebut secara bersamaan, bisa menyebabkan masalah bagi tubuh baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Jenis Enzim dan Derajat Keasaman

Landasan kedua dalam diet ala food combining ini menyebutkan, bahwa setiap makanan yang berbeda, itu juga membutuhkan enzim yang berbeda pula untuk mencernanya. Sehingga, dari keyakinan tersebut, disebutkan bahwa setiap enzim bekerja dengan cara yang berbeda di dalam usus, dengan derajat keasaman yang berbeda pula. Sehingga, jika mengosumsi dua jenis makanan yang berbeda, maka tubuh membutuhkan dua level keasaman yang berbeda pula sehingga sulit tercerna dengan baik.

Protokol Dasar Diet Sehat Ala Food Combining

Konsumsi raw atau real food

makanan segar dan alami menjadi protokol wajib dalam diet sehat ala food combiningini, dan harus dipatuhi dalam kosumsi makanan dan minuman sehari-hari. Semakin segar dan alami serta tidak banyak mengalami proses pemasakan, maka semakin bagus untuk tubuh. Pilihan aneka jenis sayuran dan buah segar, bisa dipilih menjadi utama menu keseharian. Demikian juga dengan sumber karbohidat yang low carb, misalnya dari physillum husk, chia seed dan lain sebagainya.

Demikian juga makanan dan minuman yang mengalami banyak proses pengolahan, sebaiknya dihindari. Karena pada makanan olahan, zat gizinya semakin banyak yang terdegradasi atau rusak saat proses pemasakan. Misalnya saja makanan kalengan, abon, manisan buah, sawi asin dan banyak lagi lainnya.  Berbeda lagi jika olahan adalah olahan fermentasi seperti pada tempe, yogurt dan sejenisnya. Justru semakin baik karena protein dan kandungan gizi lainnya lebih siap dikosumsi tubuh dibandingkan ketika raw.

Konsumsi yang sesuai siklus alami metabolisme tubuh

Siklus alami metabolism tubuh sangatlah kompleks. Misalnya saja siklus glikolisis yang menggunakan sumber energi dari makanan untuk dipecah menjadi ATP atau energy yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika makanan yang disantap tidak teratur jenis dan kelompoknya, campur-baur dalam satu waktu yang bersamaan, maka siklus-siklus alami di dalam tubuh kelabakan sehingga proses penyerapan tidaklah maksimal. Sehingga perlu adanya diet sehat dengan sistem food combining.

Dengan pola kombinasi makanan, tubuh pun lebih hemat energi dalam mencerna makanan. Sehingga tubuh bisa menyisihkan tenaga untuk repair sel-sel tubuh yang rusak atau anomali, kemudian membuat tubuh lebih bersemangat dan bertenaga. Sehingga dengan pola diet ala food combining ini, tubuh bisa lebih fokus dalam proses autofagy dan membuat cikal-bakal beragam penyakit bisa diminimalisirkan.

Menjaga pH (Power of Hydrogen/ Derajat Keasaman) Tubuh

Derajat keasaman atau pH (Power of Hydrogen) di dalam tubuh telah lama diteliti dan dari beragam referensi serta sumber penelitian yang ada, disebutkan bahwa proses pencernaan makanan (sistem pencernaan) bisa berjalan dengan efektif jika jaringan tubuh dan darah (bukan organ lambung) dalam kondisi pH netral cenderung basa. Yaitu pada pH (Power of Hydrogen) 7,35-7,45. Sehingga pola makan di diet sehat ala food combining ini sangat memerhatikan kadar derajat keasaman bahan makanan.

Mudah dan Sederhana 

Pelaku metode diet ala food combining, bisa tetap makan dalam jumlah lebih bebas, asalkan kombinasinya cocok atau serasi. Jadi tidak perlu pusing menghitung jumlah kalori yang masuk, bagaimana cara mengeluarkannya dan banyak hal lainnya yang biasanya ada dalam protokol dasar pola diet. Sehingga, pola diet ini sangat cocok untuk awam bidang nutrisi sekalipun.

Jam Biologis Tubuh

Pada dasarnya tubuh melakukan tiga macam aktivitas pengelolaan asupan makanan secara berkesinambungan dalam 24 jam. Proses itu mencakup pada saat proses mencerna makanan, kemudian menyerap sari makanan hasil cerna, dan terakhir membuang sampah makanan sisa cerna. Ketiga akifitas tersebut tidaklah bisa dilakukan secara bersamaan, sehingga setiap prosesnya memiliki siklus biologis yang berbeda. Agar teratur, maka disusunlah dalam sebuah pola Diet sehat seperti food combining.

Misalnya mulai diatur dengan pembatasan waktu. Jadi pada pukul 04.00 pagi hingga 12.00 siang, ini jam bagi tubuh untuk bersih-bersih sampah sisa cerna kemarinnya. Sehingga menu sarapan yang dipilih haruslah yang kaya dengan air dan jenis makanan yang mudah dicerna oleh tubuh.  Misalnya dengan kosumsi jus buah saja untuk sarapan dan mengisi tenaga yang terpakai untuk bersih-bersih sampah tubuh. Selanjutnya pukul 12:00 siang hingga 20:00 gunakan sefektif mungkin untuk mencerna. Boleh makan berat namun untuk jam malam jangan tutup dengan yang terlalu berat. Baru setelah pukul 20:00 tubuh sudah bersiap untuk menyerap hasil cerna.

Demikian bahasan mengenai diet sehat ala food combining yang nyatanya sangat mudah dan sederhana. Bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa perlu menghitung jumlah kalori yang masuk. Selain itu, dengan metode diet ini, tubuh  pun lebih bugar dan mendapat kesempatan lebih untuk melakukan proses autofagy. Selamat mencoba.

 

Tinggalkan komentar