Cara Melakukan dan Keuntungan Diet Penderita Hipertensi (DASH)

By

Sumbersehat.com – Diet penderita hipertensi harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari penderita darah tinggi. Mengingat penyakit hipertensi bisa menyebabkan ke masalah kesehatan yang lebih serius jika tanpa pengobatan, maka segera atasi. Tak hanya obat-obatan saja, tapi anda juga harus hati-hati dalam menjaga pola makan.

Bagi Anda yang sedang menderita darah tinggi, maka konsumsi menu diet penderita hipertensi setiap hari. Perhatikan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat melakukan diet yang satu ini. DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) merupakan istilah lain dari diet ini.diet penderita hipertensi

Tentang Diet Dash untuk Hipertensi yang Perlu Anda Ketahui

Seperti yang kita ketahui, hipertensi adalah suatu penyakit dimana tekanan darah terhadap dinding arteri terlalu tinggi. Hal ini dapat diketahui dengan cara rutin memeriksakan tekanan darah. Hasilnya, nanti Anda akan dituliskan dalam dua angka setelah diperiksa.

Yaitu berupa sistolik (tekanan pembuluh darah ketika jantung berdetak) dan diastolik (tekanan pembuluh darah ketika istirahat). Seseorang dapat terkena hipertensi disebabkan karena beberapa faktor. Di antaranya adalah dikarenakan usia, terlalu banyak konsumsi garam, kelebihan berat badan dan lain sebagainya.

Terutama, jika penyebabnya adalah karena kelebihan berat badan. Maka sangat dianjurkan untuk melakukan diet penderita hipertensi kali ini. Diet ini memang ditujukan khusus untuk para penderita hipertensi, dikarenakan menyesuaikan kondisi tubuh para penderita.

Cara Melakukan Diet Penderita Hipertensi atau DASH dengan Benar

Pada dasarnya, hal yang menjadi fokus utama pada diet dash untuk hipertensi adalah makanan yang dikonsumsi. Maka, perhatikan baik-baik, makanan apa saja yang dianjurkan dikonsumsi serta tata cara diet penderita hipertensi ini. Berikut ulasannya:

Porsi Sayuran yang Harus Dimakan pada Diet DASH

Dalam diet DASH untuk hipertensi, ada aturan porsi yang harus dimakan di dalam diet kali ini. Yaitu sebesar 4-5 porsi perharinya. Dalam satu porsi, terdapat 130 gram sayuran hijau mentah serta 65 gram sayuran matang. Beberapa sayuran ini dapat Anda jadikan menu harian, di antaranya tomat, ubi, brokoli dan wortel.

Selain itu, dalam diet penderita hipertensi ini, nasi bukanlah makanan utama, melainkan sayuran. Jika Anda bosan dengan sayuran, maka cobalah mengolahnya dengan beraneka macam masakan.

Jumlah Porsi Buah-Buahan pada Diet DASH

Sama seperti sayuran, dalam memakan buah pun ada porsinya tersendiri dalam menu diet penderita hipertensi. Yaitu sebanyak 4-5 porsi dengan hitungan 65 gram buah potong per porsinya. Buah ini, dapat Anda jadikan sebagai camilan sehat pengganti camilan tidak sehat.

Seperti yang kita ketahui, buah mengandung magnesium yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, buah juga dianjurkan bagi penderita hipertensi karena mengandung rendah lemak. Namun ada satu buah yang tidak dianjurkan dikonsumsi, yaitu buah kelapa.

Jumlah Porsi untuk Mengonsumsi Ikan dan Daging Tanpa Lemak

Dalam diet dash untuk hipertensi, konsumsilah ikan dan daging tanpa lemak sebesar 2 porsi atau kurang. Dengan takaran, 85 gram di tiap porsinya. Ketika Anda mengonsumsi ayam atau pun bebek, dianjurkan untuk tidak dimakan kulitnya.

Sementara untuk daging sapi, konsumsilah daging yang tidak berlemak. Atau jika Anda kesulitan menentukan konsumsi daging, maka mengonsumsi ikan sangat dianjurkan. Karena, lemak yang ada di dalam ikan merupakan lemak baik.

Jumlah porsi untuk Mengonsumsi Susu dan Produk-Produk Olahan

Susu serta produk olahan lainnya seperti keju atau yoghurt mempunyai aturan tersendiri dalam diet kali ini. Nah untuk porsi menu diet penderita hipertensi, cukup 2-3 saja perharinya. Kandungan vitamin D, protein, dan kalsium di dalam susu dan produk olahan memang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi, pilihlah produk yang rendah lemak maupun yang tanpa lemak sama sekali.

Jumlah Porsi untuk Mengonsumsi Beras dan Gandum

Untuk beras sendiri, dianjurkan mengonsumsi beras merah bukan beras putih. Sementara untuk roti, dianjurkan mengonsumsi roti gandum. Dalam satu porsi, takaran yang digunakan adalah 65 gram nasi atau gandum. Porsi yang dianjurkan untuk dimakan adalah 6-8 porsi dalam satu harinya.

Jumlah Porsi untuk Mengonsumsi Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Beberapa kacang-kacangan mengandung magnesium, protein dan kalium yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Beberapa di antaranya adalah kacang almond, kacang merah dan kacang polong. Untuk takaran porsinya, yaitu sebesar 4-5 porsi setiap minggunya. Dalam setiap porsinya sebanyak 65 gram . Selain bagus untuk penderita hipertensi, ternyata juga dapat mencegah penyakit kanker lho.

Jumlah Porsi untuk Lemak dan Minyak yang Dikonsumsi

Membantu menyerap vitamin dan mineral, merupakan fungsi dari lemak untuk tubuh dalam jumlah cukup. Namun jika berlebihan, justru dapat menyebabkan diabetes hingga obesitas. Orang yang obesitas, rentan akan terserang hipertensi. Untuk takarannya, cukup konsumsi satu sendok teh margarin perharinya. Dengan jumlah porsi 2-3 saja perharinya.

Keuntungan yang Didapatkan Ketika Menjalani Diet Penderita Hipertensi atau DASH

Selain menyehatkan, ada juga lho keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan. Simak ulasan keuntungan mengonsumsi menu diet penderita hipertensi berikut ini.

Membantu dalam Menurunkan Tekanan Darah

Bagi orang dewasa, dinyatakan memiliki tekanan darah normal jika 120/80 mmHg. Hal ini menandakan, 120 adalah angka sistolik, sementara angka 80 merupakan diastolik. Sementara, jika tekanan darahnya memasuki 140/90 mmHg, maka harap waspada.

Pasalnya, ini merupakan gejala dari adanya penyakit hipertensi. Jika ini terjadi, mulailah melakukan diet penderita hipertensi. Dengan Anda menggunakan metode diet dash untuk hipertensi, maka akan membantu dalam menurunkan tekanan darah. Tentunya dengan dibarengi mengurangi konsumsi garam/sodium.

Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Ketika Anda melakukan diet penderita hipertensi ini, meskipun berat badan belum turun secara signifikan. Akan tetapi, tekanan darah Anda sudah otomatis ikut turun. Namun, biasanya dokter tetap akan menganjurkan untuk menurunkan berat badan Anda.

Karena, ketika berat badan lebih dari normal, dapat berisiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Untuk benar-benar mendapatkan keduanya, yaitu berat badan dan tekanan darah turun. Anda benar-benar harus disiplin dalam menerapkan diet dash untuk hipertensi ini.

Membantu Mengurangi Resiko Terkena Kanker

Jika Anda mengonsumsi menu diet penderita hipertensi ini secara rutin tiap hari, maka akan berisiko rendah untuk terkena kanker. Di antaranya yaitu kanker kolorektal dan kanker payudara.

Membantu dalam Menurunkan Risiko Sindrom Metabolik

Seseorang dapat terkena penyakit hipertensi, gula darah tinggi hingga stroke ketika mengalami sindrom metabolik. Maka, ketika Anda menjalani diet dash untuk hipertensi ini, dapat membantu menurunkan sindrom metabolik sebesar 80%.

Membantu dalam Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Resistensi insulin adalah salah satu dari penyebab terjadinya diabetes. Maka, dengan melakukan diet DASH ini, selain menurunkan risiko sindrom metabolik, juga menurunkan risiko diabetes.

Membantu Mengurangi Risiko Terserang Penyakit Jantung

Dikarenakan makanan yang dianjurkan dalam diet DASH sangat baik untuk kesehatan jantung. Maka tidak heran jika dapat mengurangi 20% hingga 29% terkena penyakit jantung dan stroke.

Demikianlah cara melakukan diet penderita hipertensi atau DASH, serta manfaatnya untuk Anda. Suksesnya diet DASH iniĀ  sangat bergantung dari disiplinnya Anda dalam mengatur porsi makan seperti penjelasan di atas.

Hipertensi merupakan penyakit yang cukup serius. Maka sebelum melakukan diet penderita hipertensi ini, alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter ya!

Tinggalkan komentar