11 Daun Ungu Manfaat yang jarang Orang Ketahui

Daun ungu manfaat untuk kesehatan merupakan salah satu daun yang banyak digunakan dalam dunia kesehatan. Daun ini dipercaya sebagai salah satu obat herbal yang bisa menyembuhkan segala macam gangguan penyakit. Daun ini sangat mudah untuk diperoleh dan mudah diolah.

Yuk Kenal Daun Ungu

Daun Ungu atau yang dikenal dengan Graptophyllum Pictum adlaja sebuah tumbuhan yang dibudidayakan dan saat ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk obat alami untuk bisa mengobati penyakit ringan atau berat.

Daun ungu ini berasal dari  Papua. Di tempat asalnya banyak sekali tumbuhan yang sangat kerap dijadikan sebagai Apotik Hidup. Tumbuhan ini banyak ditemukan di pekarangan rumah.

Selain daun ungu manfaat untuk kesehatan, tumbuhan satu ini mempunyai zat aktif misalnya saja flavonoid, steroid , saponin dan alkoloid yang mana dipercaya bisa mengobati berbagai macam gangguan penyakit.

Daun Ungu Manfaat Buat Kesehatan

Meskipun secara umum obat dari bahan daun ungu tidak memiliki efek samping, namun Anda juga punya untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.  Namun sebagian besar para dokter menyarankan untuk menggunakan ramuan dari daun Ungu ini. Daun Ungu manfaat untuk kesehatan sangat besar, yaitu :

Obat Ambien

Kandungan bahan aktif yang ada di dalam daun ungu yang berupa flavonoid dan steroid bisa dijadikan sebagai obat antiinflamasi dan analgesik untuk mengatasi masalah dan gejala ambeien baik yang ringan atau yang sudah akut.

Cara mengonsumsinua adalah dengan merebus daun ungu sebanyak 15 lembar dalam dua gelas air putih dan biarkan hingga air menyusut. Setelah itu minum secara rutin selama 1-2 bulan. Selain itu, Anda harus mengimbanginya dengan kapsul daun ungu dan konsumsi makanan yang banyak mengandung serat supaya cairan tubuh terjaga dan tidak menyebabkan sembelit yang akan memperah Ambien.

Atasi masalah sembelit

Selain bisa mengobati masalah wasir, daun ungu juga mempunyai manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan misalnya saja masalah sembilit. Kandungan laksatif yang ada di dalamnya akan membantu usus buat berkontraksi lebih kuat pada saat itu akan mendorong kotoran di dalam usus.

Obati masalah bisul

Bisul merupakan sebuah benjolan yang tumbuh secara mendadak pada bagian bawah kulit. Bisul ini berisi nanah dan bisa menimbulkan rasa sakiy, nyeri, demam dan kulit menjadi kemerahan.

Selain salep, cara mengobati bisul dengan menggunakan daun Ungu. Caranya ambil selembar daun ungu dan tumbuk hingga halus. Setelah itu, tempelkan pada bagian kulit yang terkena bisul. Lakukan secara rutin 2-4 kali sehari ya.

Redakan rasa nyeri yang disebabkan oleh rematik

Rematik merupakan sebuah gangguan peradangan atau pembengkakan pada bagian otot dan sendi di. Ini akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang luar biasa pada bagian persendian.

Konsumsilaj kapsul daun ungu sesuai dengan anjuran pada kemasan. Atau bisa mengonsumsi air rebusan daun ungu. Jangan lupa ya buat konsultasi secara rutin ke dokter.

Obat Diabetes

Dalam beberapa penelitian menyebutkan jika daun ungu ternyata memiliki khasiat buat mengobati penyakit diabetes. Daun Ungu manfaat sangat besar dan dijuga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengkaji aja kebenarannya.

Anda bisa mengonsumsi daun ungu dengan cara direbus atau membeli produk kapsul dari daun ungu yang banyak dijual dipasaran. Konsumsi secara teratur.

Dapat menurunkan demam

Ada salah satu kandungan dari daun ungu yaitu antiseptik. Kandungan antiseptik ini bisa membantu dalam menurunkan demam atau suhu tubuh dengan cepat. Anda bisa mengonsumsi satu helai air daun ungu dan juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Setelah itu tidurlah dan saat bangun tubuh Anda akan terasa enakan.

Atasi pembengkakan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau daun Ungu bisa mengandung zat anti inflamasi. Selain bisa mencegah pembengkakan pada ambien, daun ini juga bisa mengatasi masalah pembekalan lainnya di seluruh tubuh.

Konsumsi satu gelas air rebusan daun ungu dengan teratur dan rutin sehari sekali. Selain itu dengan cara diminum, Anda juga bisa menumbuk daun ungu dan tempelkan pada area tubuh yang mengalami pembengkakan.

Obati luka

Daun ungu manfaat untuk kesehatan adalah bisa mengobati luka. Ada beberapa jenis luka yang bisa diobati dengan daun ini yaitu borok dan luka lainnya. Daripada menggunakan bahan kimia, tidak ada salahnya loh buat menggunakan daun Ungu sebagai obat alami atasi luka.

Daun ungu akan mempercepat dalam proses penyembuhan kualitas dengan cara ditempelkan pada luka. Daun ungu harus sudah ditumbuk ya agar hasilnya lebih cepat dan efektif.

Pelancar Haid

Bagi Anda yang mempunyai dan mengalami haid tidak lancar, Anda bisa mengonsumsi daun Ungu. Menstruasi ini normalnya dialami oleh wanita setiap bulannya. Tapi terkadang ada yang tidak teratur dan cenderung terlambat.

Supaya menstruasi lancar, rutin, dan selalu tepat waktu maka coba deh konsumsi daun ungu. Caranya adalah dengan mengambil 12 gram daun Ungu dan dicampur dengan dua gelas air. Rebus dan tunggu sampai mendidih.  Setelah mendidih diamkan beberapa menit agar agak dingin lalu konsumsilah air rebusan daun ungu secara teratur.

Menyehatkan dan mencerahkan kulit

Kulit merupakan sebuah aset yang harus dijaga. Dengan kulit yang bersih dan sehat biasa menambah rasa percaya diri dalam berpenampilan. Bahkan setiap orang pasti mendambakan untuk mempunyai kulit yang bersih, putih, cerah dan sehat.

Namun ada beberapa orang yang mempunyai tipe kulit kering dan tidak jarang berubah menjadi kasar. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan daun Ungu manfaat untuk kesehatan kulit.

Ini karenanya di dalam daun ungu terdapat kandungan enolien yang bisa melembabkan kulit dan juga dapat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Dengan begitu, kulit akan nampak menjadi lembut dan sehat alami.

Atasi darah tinggi

Darah tinggi atau hipertensi merupakan sebuah gangguan penyakit yang  banyak dialami hampir sebagian besar orang pada saat ini. Gangguan penyakit ini sangat bisa berubah menjadi penyakit yang berbahaya apabila tidak segera diobati. Ini merupakan cikal-bakal terjadinya gangguan penyakit stroke, jantung dan sebagainya.

Selain bisa diobati dengan menggunakan obat penurun tekanan darah, Anda bisa menggunakan ramuan herbal dari daun ungu. Daun ungu ini bisa Anda rebus dan diminum secara teratur akan dengan sangat cepat menurunkan dan menyeimbangkan tekanan darah. Atau anda bisa membeli produk herbal daun ungu di apotek terdekat.

Daun ungu manfaat nya memang sangat besar ya ternyata untuk kesehatan? Yuk mulai hari ini konsumsilah daun ungu untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Selain itu, daun ungu juga aman dikonsumsi setiap hari dan tidak akan menimbulkan efek samping apa-ap

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

buah pepaya untuk ibu hamil

Baikkah Buah Pepaya untuk Ibu Hamil? Simak yuk 8 Manfaatnya!

sumbersehat.com – Buah pepaya untuk ibu hamil memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat makan buah sangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *