7 Langkah Cara Mengolah Daun Binahong Untuk Kolesterol

Penyakit kolesterol adalah penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan, jika penyakit ini dibiarkan, si penderita bisa mengalami komplikasi kronis yang mengancam nyawa. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui cara mengolah daun binahong untuk kolesterol yang benar.

Namun, sebelum menjelaskan cara dalam mengolah daun binahong untuk menurunkan kolesterol jahat, maka akan dijelaskan terlebih dahulu apa itu penyakit kolesterol serta apa alasannya sehingga penyakit ini bisa diatasi dengan daun binahong. Ini uraian lengkapnya:

A. Penyakit Kolesterol adalah Penyakit Berbahaya

Kolesterol tinggi adalah penyakit yang sangat menakutkan bahkan bisa membuat penderitanya kehilangan nyawa. Pasalnya, jika kadar kolesterol terlalu tinggi, efeknya adalah terjadi penyumbatan darah di dalam arteri.

Itu artinya, darah dan oksigen yang masuk ke dalam organ vital tidak akan memadai. Lama kelamaan jantung, ginjal, otak, pankreas, dan paru-paru menjadi rusak lalu terjadilah penyakit komplikasi.

Oleh karena itu, sebisa mungkin masyarakat harus menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuhnya. Jika perlu, lakukan cek medis dengan rutin minimal tiga bulan sekali untuk mengetahui berapa kadar kolesterol di dalam badan.

B. Usir Kolesterol LDL dengan Kolesterol HDL

Sesungguhnya tidak semua kolesterol adalah buruk bagi kesehatan. Bahkan ada kolesterol yang bagus karena berfungsi untuk melancarkan metabolisme namanya adalah HDL.  Jika kadar HDL berkurang, maka akan muncul kolesterol jahat namanya adalah LDL.

 Kolesterol inilah yang sejatinya berbahaya termasuk bisa merusak organ-organ vital seperti jantung dan ginjal. Siklusnya adalah jika HDL tinggi, maka LDL turun. Sedangkan jika HDL rendah, berarti kolesterol LDL yang naik. Nah, yang perlu dilakukan hanyalah sebisa mungkin menaikkan kolesterol baik (HDL), agar kadar kolesterol jahat (LDL) bisa ditekan.

C. Cara Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

Jika ingin di dalam tubuh tidak terdapat kolesterol jahat (LDL), maka kadar HDL atau kolesterol baik harus ditingkatkan. Ini membutuhkan cara tertentu yang semuanya terkait dengan pola hidup yang sehat.

Berikut ini, akan dijelaskan cara meningkatkan kolesterol HDL yang bisa dicoba di rumah. Ini tips dan cara yang dimaksud:

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Cara yang pertama adalah memperbanyak makan sayur dan buah. Ini merupakan cara yang termudah dan termurah. Jika teknik ini yang dilakukan, tentu Anda tidak perlu lagi belajar cara untuk mengolah daun binahong.

Sayur dan buah memiliki kandungan vitamin yang ideal. Salah satu fungsinya adalah membantu memproduksi kolesterol HDL di dalam badan. Itu artinya, jika rajin mengkonsumsi makanan sehat ini, tentu HDL semakin banyak dan LDL tidak akan ada di dalam tubuh.

Karena alasan ini maka orang yang suka makan buah dan sayur, tentu akan lebih aman dari masalah penyumbatan arteri. Sehingga, organ vital tetap sehat karena darah dan oksigen yang masuk ke dalamnya tetap ideal.

Jangan Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang harus dijauhi secepatnya. Sebab, nikotin di dalam rokok bisa menjadi detok yang memakan habis nutrisi tubuh. Padahal fitonutrien tersebut dibutuhkan untuk menjaga metabolisme tetap lancar.

Jika metabolisme tersendat akibat rokok, tentu produksi kolesterol HDL juga menjadi terhambat. Jika pun ada HDL yang muncul, tetapi detok segera merusaknya sehingga sifat zat berubah menjadi kolesterol yang radikal (LDL).

Oleh karena itu, jangan merokok jika Anda tidak ingin memiliki riwayat kolesterol tinggi. Apalagi yang terbiasa merokok tanpa diawali dengan minum air atau makan makanan tertentu karena nikotin pasti menempel di dalam saluran cerna.

Hindari Makanan Tinggi Omega 3

Makanan yang mengandung Omega 3 memang bagus untuk pertumbuhan dan neuron otak. Akan tetapi, jika kadarnya berlebihan tentu yang siap menyerang adalah penyakit berbahaya yang salah satunya adalah kolesterol tinggi.

Makanan dengan kandungan Omega 3 biasanya memiliki kadar lemak yang tinggi. Itu artinya, makanan semacam ini memiliki senyawa yang sulit cerna, sehingga berpotensi menjadi penyumbat di dalam arteri.

Lemak inilah yang dianggap menjadi pemicu kolesterol LDL. Makanya, agar terbebas dari kolesterol jahat tersebut hindari makanan sejenis kepiting, cumi-cumi, kacang goreng, kacang mente, udang, kerang, lokan, daging kambing, hati ayam dan makanan siap saji seperti hamburger, hot dog, mie instan dan sejenisnya.

Rajin Berolahraga

Cara yang selanjutnya adalah dengan rajin berolahraga. Ini juga bagus untuk mencegah LDL bersarang di dalam badan. Karena ketika tubuh sudah rajin berolahraga, otomatis ada pembakaran alami yang terjadi secara ideal.

Sehingga berbagai senyawa yang tidak dibutuhkan tubuh akan dimuaikan secara sempurna menjadi energi. Sedangkan sisanya akan dibuang menjadi urine dan keringat. Maka dari itu, jika ingin kolesterol dibuang, disarankan untuk banyak  bergerak atau dengan kata lain berolahraga.

D. Kolesterol Tinggi Bisa Diturunkan dengan Obat Alami

Jika Anda sudah kadung memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka selain dengan menjauhi makanan yang mengandung kolesterol tetapi juga diringi dengan konsumsi obat alami. Ini adalah cara yang lebih aman dibandingkan Anda membeli obat kimia yang terkadang memiliki efek samping berbahaya.

Ada banyak obat alami yang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL). Baik yang masih berupa tanaman serta hewani, maupun yang sudah dikemas dalam bentuk obat telan ataupun sirup.

Apapun jenisnya, obat kolesterol tinggi alami tetap harus diprioritaskan. Bahkan, boleh dijadikan sebagai pertolongan pertama ketika terjadi masalah dengan tubuh akibat LDL yang membandel. Jadi jika ada obat alami dari alam, mengapa langsung memiliki obat yang kimia?

E. Kolesterol Tinggi Bisa Diatasi dengan Obat Alami dari Daun Binahong

Salah satu obat alami untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah Daun Binahong. Sebab, tanaman berdaun hijau ini mengandung senyawa tianin, betakaroten, flavonoid dan saponin yang bisa meningkatkan kadar HDL.

Bahkan, ada senyawa khusus yang bersifat anti LDL dengan tugasnya sebagai pemecah kolesterol jahat agar bisa dimuaikan. Zat inilah yang membuat daun ini bagus untuk menurunkan kolesterol tinggi.

F. Cara mengolah Daun Binahong Untuk Kolesterol

Sekalipun daun binahong bisa meningkatkan HDL, tetapi Anda harus memperhatikan cara mengolah daun binahong untuk obat  kolesterol yang benar . ini dikarenakan jika salah mengolah, tentu hasilnya tidak akan manjur.

Maka dari itu, silakan simak cara berikut ini, agar tidak keliru dalam membuatnya. Sehingga, Anda dapat menemukan cara yang tepat dalam  mengolah daun binahong yang bagus untuk menurunkan LDL dan meningkatkan HDL. Ini cara yang dimaksud:

  1. Ambil Satu genggam daun binahong
  2. Masukkan ke dalam panci lalu rebus dengan air mendidih
  3. Diamkan sampai bunga layu dan air berubah warna
  4. Lakukan penyaringan dengan memisahkan air rebusannya
  5. Tuang air rebusan ke gelas saji
  6. Minum setelah air mulai dingin
  7. Silakan diminum secara rutin setiap hari

Jika ingin sembuh dari kolesterol jahat silakan terapkan cara-cara di atas lalu padukan dengan meminum air rebusan daun binahong. Namun, pastikan cara mengolah daun binahong untuk kolesterol harus benar agar hasilnya maksimal.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

cara minum buah zuriat untuk promil

Mau Tahu Cara Minum Buah Zuriat untuk Promil? Simak Yuk!

sumbersehat.com – Cara minum buah zuriat untuk promil, menarik untuk dibahas. Karena buah yang hidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *