Mengenal Daun Adas dan Manfaatnya untuk Mengatasi 10 Gangguan Kesehatan Ini!

sumbersehat.com – Daun adas dan manfaatnya mungkin tak sepopuler daun herbal lain, salah satu alasannya yakni karena bijinya yang banyak. Tanaman ini belum dilirik sebagai jenis makanan sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari, padahal ada beberapa khasiat daun adas yang bisa dinikmati untuk kesehatan.

Bernama latin Foeniculum vulgare, daun ini ternyata punya sifat antiradang serta antibakteri. Selain itu, kandungan antioksidan dalam daun adas mampu secara efektif melindungi tubuh Anda dari berbagai penyakit berbahaya. Jelas bahwa mengkonsumsi daun adas bisa memberikan keuntungan bagi kesehatan tubuh.

daun adas dan manfaatnya
daun adas dan manfaatnya

Manfaat Daun Adas bagi Kesehatan

Mulai sekarang, Anda tak perlu ragu untuk memasukkan tanaman ini ke dalam menu sehat harian Anda dan keluarga. Karena tentu Anda ingin menikmati daun adas dan manfaatnya berikut ini:

1. Khasiat Daun Adas untuk Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium atau potassium dalam daun adas dapat membantu mengontrol tekanan darah. Mineral tersebut akan bekerja mengatur dilatasi atau pelebaran, dan kontraksi atau penyempitan pada pembuluh darah, sehingga tekanan darah dapat stabil.

2. Manfaat Daun Adas Untuk Kesehatan Otak

Masih tentang kandungan kalium di dalamnya, daun adas dan manfaatnya bisa Anda nikmati demi menjaga kesehatan otak dan membantu otak bekerja maksimal. Sifat daun ini yang dapat melebarkan pembuluh darah juga membantu memompa oksigen masuk ke dalam otak dan menjaga fungsi otak.

3. Khasiat Daun Adas untuk Kesehatan Tulang

Berbagai mineral seperti zat besi, kalsium, zinc, dan fosfat yang terkandung di dalam daun adas sangat baik bagi kesehatan tulang Anda. Selain itu, adas juga punya kandungan tinggi vitamin K yang terbukti efektif meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

4. Daun Adas dan Manfaatnya bagi Wanita

Kaum hawa kerap mengeluhkan masalah kewanitaan seperti haid atau menstruasi yang tidak lancer. Hal ini membuat hormone jadi terganggu, dan seringkali menyebabkan gangguan kesehatan lain.

Daun adas beserta bijinya bisa digunakan sebagai obat herbal pelancar haid, dengan cara mengatur kerja hormon estrogen pada tubuh wanita. Gejala haid yang mengganggu seperti kram perut juga bisa dikurangi dengan mengkonsumsi daun adas.

5. Manfaat Daun Adas untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Anda

Tingginya kandungan vitamin C dalam daun herbal berbiji banyak ini sudah lama diketahui berkhasiat meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Vitamin C juga melindungi tubuh dengan bekerja memerangi sumber infeksi yang masuk. Selain itu, khasiat daun adas lainnya adalah mencegah efek samping paparan radikal bebas yang berlebih.

6. Khasiat Daun Adas untuk Meredakan Penumpukan Gas dalam Perut

Saat yang memalukan sekaligus menyakitkan adalah ketika gas menumpuk terlalu banyak dalam perut sehingga membuat Anda tidak nyaman harus buang angin secara terus-menerus. Nah, salah satu kebaikan daun adas dan manfaatnya adalah mengatasi kondisi ini.

7. Daun Adas dan Manfaatnya Mencegah Kanker

Daun adas punya kandungan penting yang disebut monoterpene, yakni senyawa yang ditemukan dalam tanaman alami yang berkaitan dengan antijamur, anti-inflamasi, antivirus, dan antikanker. Jenis monoterpene yang ditemui dalam daun adas terbukti secara ilmiah oleh beberapa penelitian resmi, membantu pencegahan serta mengobati beberapa jenis kanker tertentu, seperti kanker usus besar, payudara, dan paru-paru.

8. Baik untuk Diet

Adas adalah tanaman sumber vitamin B-6 terbaik. Vitamin ini punya peran penting dalam proses metabolisme energy, bekerja memecah protein dan karbohidrat menjadi asam amino dan glukosa. Daun adas juga mengandung serat yang dapat mencegah sembelit serta melancarkan pencernaan.

Seperti diketahui, serat penting bagi Anda yang sedang berjuang menurunkan berat badan alias diet. Serat akan membuat Anda kenyang lebih lama serta mampu menurunkan nafsu makan. Hal ini juga membantu Anda mengurangi asupan kalori.

9. Dianjurkan untuk Dikonsumsi Ibu Menyusui

Ibu menyusui atau busui juga boleh menikmati daun adas dan manfaatnya karena bersifat galaktogenik, yakni bisa meningkatkan kadar prolactin dalam darah. Prolaktin akan memberi sinyal pada tubuh busui untuk meningkatkan sekresi ASI.

Bila ingin memanfaatkan khasiat daun adas untuk melancarkan produksi ASI, Anda bisa mengolahnya dengan beberapa cara; menyeduh biji adas menjadi teh, menambahkan adas sebagai bumbu dalam masakan, dan memakannya sebagai sayuran baik mentah atau matang.

10. Manfaat Daun Adas untuk Mencegah Peradangan

Daun adas diketahui mengandung senyawa selenium. Senyawa ini bekerja merangsang pertumbuhan sel-T pembunuh. Hal ini adalah bukti bahwa daun adas mampu meningkatkan respon imunitas tubuh terhadap infeksi.

Kandungan kolin dalam adas juga membantu menjaga struktur membran sel, meningkatkan transmisi impuls saraf, membantu tubuh lebih mudah menyerap lemak, serta mencegah terjadinya peradangan kronis.

Resep Daun Adas, Enak dan Bergizi

Tak perlu bingung menambahkan tanaman ini ke dalam menu harian keluarga Anda. Untuk menikmati enaknya daun adas dan manfaatnya, simak beberapa resep daun adas yang bisa Anda contoh berikut ini.

  • Gudangan kenikir dan daun adas
  • Nasi daun adas ala kari Iran
  • Urap daun adas pedas
  • Rolade daun adas
  • Oblok-oblok sayur daun adas
  • Bobor daun adas
  • Daun adas dan orak-arik telur sayur
  • Olahan telur dadar dan potongan daun adas

Selain itu, Anda juga bisa membuat minuman kesehatan infus water menggunakan daun adas dan potongan lemon segar.

Efek Samping Konsumsi Daun Adas

Meski daun adas dan manfaatnya yang segudang baik bagi kesehatan, Anda perlu memperhatikan efek samping konsumsi daun ini, terutama bila berlebihan ataupun diolah dengan tidak tepat.

Dampak untuk busui

Menurut The Food and Drug Administration (FDA), adas masuk dalam kategori bahan makanan yang boleh dan aman dikonsumsi oleh orang dewasa, tak terkecuali ibu menyusui. Sejumlah kecil daun adas dalam ASI dinyatakan tidak berbahaya.

Namun begitu, disarankan bahwa penggunaan bahan makanan adas tidak lebih dari 2 minggu. Konsumsi adas yang terlalu sering atau berlebihan dapat meracuni bayi melalui ASI; bayi mungkin saja bereaksi alergi.

Memperlambat pembekuan darah

Bila Anda memiliki riwayat gangguan pendarahan, sebaiknya tidak mengkonsumsi daun adas, karena dipercaya dapat memperlambat proses pembekuan darah.

Alergi

Bagi Anda yang punya alergi pada tanaman mugwort, wortel, atau seledri, tidak disarankan menkonsumsi adas dalam bentuk apapun.

Bersifat estrogenic tinggi

Tanaman herbal daun adas dalam jumlah tertentu dapat bertindak serupa hormone estrogen. Jadi, walau daun adas dan manfaatnya bagi wanita sudah terbukti dalam melancarkan haid, sebaiknya ibu hamil tidak menkonsumsinya sama sekali. Hal ini karena berpotensi mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin.

Selain itu, bila Anda sedang menkonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kanker dan pil estrogen, konsultasikan dengan dokter ahli terlebih dahulu sebelum memutuskan mengkonsumsi ekstrak atau suplemen daun adas.

Daun adas dan manfaatnya yang mengagumkan di atas adalah salah satu cara Anda menambahkan bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar Anda ke dalam menu sehat harian Anda dan keluarga. Ingat untuk mengolah daun adas dengan cara divariasikan dalam berbagai menu, serta hindari konsumsi secara berlebihan.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

manfaat kulit lidah buaya

Ketahui 6 Manfaat Kulit Lidah Buaya yang Ternyata Luar Biasa

sumbersehat.com - Manfaat kulit lidah buaya sepertinya akan sedikit sulit Anda temukan di berbagai artikel unggulan yang muncul pada search engines. Hal yang lebih sering dibicarakan adalah misalnya rekomendasi skincare dengan kandungan Aloe vera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *