Dapatkan Manfaat Tanaman Herbal untuk Jantung dengan Konsumsi 8 Tanaman Herbal Ini

Dapatkan manfaat tanaman herbal untuk jantung dengan konsumsi 8 tanaman herbal ini. Pada tubuh manusia, jantung adalah organ yang vital. Hal ini karena jantung berfungsi untuk mengedarkan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh. Karena itulah kesehatan organ ini harus dijaga.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, di antaranya ialah menerapkan pola makan sehat dan cukup berolahraga. Selain itu, anda dapat mencegah masalah pada kesehatan jantung dengan mengonsumsi beberapa ramuan herbal.

manfaat tanaman herbal untuk jantung
manfaat tanaman herbal untuk jantung

8 Tanaman yang Kandung Manfaat Tanaman Herbal untuk Jantung

Sudah sejak lama jika tanaman herbal tertentu dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan. Nah, berikut ini adalah beberapa tanaman yang kandung manfaat tanaman herbal untuk jantung.

Seledri

Seledri memang dikenal sebagai tanaman yang kaya manfaat. Selain sebagai penyedap masakan, seledri ini juga bagus untuk kesehatan. Mengonsumsi jus seledri secara rutin misalnya, dapat dijadikan sebagai upaya penurunan berat badan yang sangat efektif. Sehingga konsumsi jus ini selama diet akan buat anda lebih cepat turunkan berat bdan. Tapi, tahukah anda jika tanaman ini sangat baik untuk kesehatan jantung?

Ya, tanaman dengan batang batang lunak yang memiliki nama Latin Apium graviolens L ini mengandung senyawa apigenin dan polifenol. Ya, pigmen tanaman berwarna kuning dan larut dalam air ini menjadi senyawa yang berperan aktif sebgaai antioksidan bagi tubuh. Sehingga manfaat tanaman herbal untuk jantung ini dapat berguna sebagai penangkal radikal bebas yang dapat timbulkan plak dan kerusakan pada sel di pembuluh darah.

Daun kumis kucing

Kumis kucing adalah tanaman yang secara alami dapat ditemukan di Asia ternggara dan wilayah tropis Australia. Jika belum tahu seperti apa tanaman kumis kucing ini, tanaman yang bisa tumbuh hingga tinggi 1 sampai 2 meter ini memiliki ciri khas pada benangsarinya yang memanjang dan menyerupai kumis kucing. Inilah yang kemudian membuat tanaman ini dikenal sebagai kumis kucing.

Namun yang harus anda ketahui, tanaman yang memiliki nama Latin Orthosiphon aristatus ini hanya dapat dimanfaatkan daunnya saja. Daun kumis kucing yang biasa dimanfaatkan sebagai teh herbal ini kandung khasiat dan manfaat tanaman herbal untuk jantung. Di antara manfaat tersebut ialah dapat bantu atasi masalah pernapasan, masalah pada kandung kemih, tekanan darah tinggi, masalah dengan gula darah, hingga penyakit jantung.

Daun salam

Mendengar “daun salam” tentu yang terpikir adalah manfaatnya sebagai penyedap masakan. Namun, rupanya, tanaman yang dimanfaatkan daunnya untuk dijadikan teh herbal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh, lho. Manfaat apa saja sih yang bisa didapatkan dari rutin konsumsi air rebusan daun salam?

Daun salam mengandung berbaagai senyawa yang baik untuk tubuh, yakni niasin, tanin, serat dan vitamin C yang dapat turunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Selain itu, daun yang kandung manfaat tanaman herbal untuk jantung ini juga dapat cegah masalah kesehatan lainnnya. Di antaranya yakni atasi asam urat, tekanan darah tinggi, atasi masalah pencernaan, sehatkan mata, cegah batu ginjal, dan lain sebagainya. kandungan favonoid seperti fitonutrien, salisilat, dan asam caffeic dalam daun dalam juga dapat tingkatkan kesehatan jantung serta turunkan risiko stroke.

Kunyit putih

Sudah bukan rahasia lagi jika kunyit adalah tanaman yang baik untuk kesehatan. Tanaman tersebut dikenal sebagai obat antinyeri atau antiradang dan dapat tumbuh baik pada musim penghujan tersebut banyak ditanam oleh masyarakat Indonesia. Tanaman ini selain sebagai obat juga dimanfaatkan sebagai pewarna kuning yang alami. Namun tahukah anda jika tanaman ini juga memiliki jenis kunyit yang berwarna putih?

Kunyit putih atau yang memiliki nama Latin Zingiber zedoary adalah tanaman yang jarang ditanam di Inonesia. meski begitu, anda wajib tahu manfaat tanaman herbal untuk jantung dan manfaat lainnya yang dikandung kunyit putih ini. tanaman yang mengandung banyak senyawa berupa tianin, curcumin, resin, saponin, minyat atsiri dan pati ini dipercaya dapat cegah tumbuhnya sel kangker. Selain itu, tanaman ini juga dapat atasi gangguan pencernaan, gangguan pencernaan, dan antiinflamasinya untuk cegah nyeri.

Wortel

Sayur berwarna kuning yang biasa dimanfaatkan sebagai jus ini adalah umbi yang dapat kurangi kadar LDL atau kolestrol jahat pada tubuh. Jika selama ini wortel dikenal sebagai sayur yang baik untuk kesehatan mata saja, maka anda perlu tahu berbagai manfaat tanaman yang miliki nama Latin Daucus carota ini.

Wortel, sayur yang tinggi antioksidan ini adalah sayur yang sangat baik untuk untuk dikonsumsi. Hal ini karena sayur ini kandung manfaat tanaman herbal untuk jantung dan berbagai manfaat lainnya. salah satunya adalah dapat mengurangi kadar kolestrol jahat (Low Density Lipoprotein) yang dapat kurangi risiko penyakit jantung, sirkulasi darah yang buruk, dan risiko terjadinya stroke.

Daun sirsak

Sirsak atau yang biasa dikenal dengan surikaya belanda adalah buah dengan cita rasa masam yang biasa dijadikan jus yang segar dan menyehatkan. Selain buah, tanaman sirsak rupanya juga dapat dimanfaatkan daunnya. Salah satu yang populer, tanaman ini biasa dikonsumsi dalam bentuk teh herbal untuk atasi berbagai masalah pencernaan.

Tidak hanya dapat atasi masalah pencernaan, daun sirsak juga kandung berbagai manfaat lainnya, salah staunya adalah manfaat tanaman herbal untuk jantung. rebusan daun sirsak dalam jumlah tertentu yang dikonsumsi secara rutin akan dapat atasi kolestrol, darah tinggi, dan dapat kurangi risiko serangan jantung dan juga stroke.

Kulit manggis

Sudah sejak beberapa dekade yang lalu banyak orang memanfaatkan kulit manggis untuk mengatasi beberapa masalah dengan kesehatan. Meski memiliki rasa yang sepat dan sedikit pahit, kulit buah yang memiliki daging buah sangat lembut tapi berkulit keras ini dipercaya dapat mencegah penyakit yang serius, seperti kangker, dan penyakit jantung.

Xanthone yang dikandung kulit manggis dapat berfungsi untuk mengaktifkan antioksidan. Kandungan ini sangat baik bagi tubuh karena dapat cegah radikal bebas. Sebagaimana yang kita ketahui, radikal bebas dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada darah. sementara itu, alpha manggis dan gamma manggis yang ada pada kulit manggis bisa bantu obati masalah kardiovaskuler karena kandung manfaat herbal untuk jantung.

Bawang Putih

Bawang putih, bumbu dapur yang memililiki rasa hangat dan aroma yang khas ini tentu tidak asing lagi jika digunakan sebagai penyedap makanan. Namun tahukah anda jika bawang putih ini baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung?

Simak juga artikel lainnya disini.

Yup, rutin mengonsumsi bawng putih rupanya dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. sebagaimana yang sudah banyak diketahui, kadar kolestrol yang tinggi dalam tubuh dapat berisiko memunculkan penyakit jantung. nah, untuk dapatkan manfaat tanaman herbal untuk jantung ini, bawang putih harus dikonsumsi mentah yaaa, karena senyawa antioksidannya akan larut jika terkena suhu yang panas apalagi jika dimasak.

Manfaat tanaman herbal untuk jantung bisa anda peroleh dengan konsumsi 8 tanaman herbal tersebut. Namun seperti juga ramuan herbal pada umumnya, pengonsumsian ramuan herbal ini harus rutin.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *