Peran Rosemary dan Manfaat Tanaman Herbal untuk Kesehatan

Peran Rosemary dan Manfaat Tanaman Herbal untuk Kesehatan. Rosemary merupakan sejenis ramuan cemara harum yang berasal dari Mediterania. Tanaman ini juga biasanya digunakan sebagai bumbu kuliner, untuk membuat parfum tubuh, dan yang paling utama adalah untuk manfaat kesehatan potensial.

Rosemary adalah anggota keluarga mint Lamiaceae, bersama dengan banyak tumbuhan lainnya, seperti oregano, timi, kemangi, dan lavender. Ramuan ini tidak hanya memberi cita rasa enak dalam masakan kuliner, seperti sup ayam dan domba rosemary, tetapi juga merupakan sumber zat besi, kalsium, dan vitamin B-6 yang baik.

Simak uraian manfaat tanaman herbal untuk kesehatan ini, agar ketika menjumpai tanaman ini, kita dapat memanfaatkannya untuk kesehatan kita. Biasanya rosemary disajikan sebagai ramuan kering utuh atau ekstrak bubuk kering, sedangkan teh dan ekstrak cair dibuat dari daun segar atau kering. Bahkan saat ini berbagai produk rosemary sudah bisa dibeli di berbagai penjual.

manfaat tanaman herbal untuk kesehatan
manfaat tanaman herbal untuk kesehatan

Ramuan ini telah dipuji sejak zaman kuno karena khasiat pengobatannya. Rosemary secara tradisional digunakan untuk membantu meringankan nyeri otot, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, meningkatkan sistem kekebalan dan peredaran darah, plus meningkatkan pertumbuhan rambut hingga untuk pencernaan.

Sebagai fakta tambahan, rosemary ini adalah tanaman tahunan. Yaitu tanaman yang memiliki masa hidup lebih dari dua tahun. Daunnya sering digunakan untuk memasak. Tapi dosis yang sangat tinggi pun dapat menyebabkan muntah, koma, dan edema paru. Ternyata dibalik manfaat tanaman herbal untuk kesehatan, terdapat efek samping yang tidak main-main jika digunakan secara berlebihan.

Tetapi mari kita fokus pada sisi positif tanaman ini. Diantaranya adalah sebagai antioksidan dan senyawa anti inflamasi. Rosemary menjadi salah satu tanaman sumber antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang dianggap membantu meningkatkan sistem kekebalan dan sirkulasi darah.

Studi laboratorium telah menunjukkan manfaat tanaman herbal untuk kesehatan ini. Rosemary memainkan peran penting dalam menetralkan partikel berbahaya yang disebut radikal bebas. Rosemary mengandung banyak senyawa penghambat rasa sakit. Diantaranya asam karnosat, karnosol, asam ursolat, asam betulinic, dan rosmanol. Selanjutnya rosemary bisa memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh. Bahkan di Eropa, rosemary sering digunakan untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Asam rosmarinic yang terkandung dalam tanaman ini mudah diserap oleh sistem pencernaan. Tambahkan ke hidangan apa pun yang berisi kentang, tomat, labu, kacang polong, atau wortel. Bubur atau sup rosemary segar dengan minyak zaitun dapat menjadi pengganti mentega kapan saja. lalu untuk tujuan pengobatan, tambahkan satu sendok teh daun rosemary yang dihancurkan ke dalam satu cangkir air mendidih. Biarkan terendam selama sepuluh menit. Seduh dan konsumsi tak lebih dari secangkir teh setiap hari.

Ketiga adalah manfaat tanaman herbal untuk kesehatan dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Karena menurut penelitian yang diuraikan dalam Therapeutic Advances in Psychopharmacology, aroma dari rosemary dapat meningkatkan konsentrasi, kinerja, kecepatan, dan akurasi seseorang, dan pada tingkat yang lebih rendah, suasana hati mereka.

Keempat sebagai perlindungan neurologis. Ini dibuktikan dengan fakta bahwa para ilmuwan telah menemukan bahwa rosemary juga baik untuk otak kita. Rosemary mengandung bahan yang disebut asam karnosat, yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas di otak.

Beberapa percobaan penelitian pada tikus telah mengidentifikasi bahwa rosemary mungkin bermanfaat bagi orang yang pernah mengalami stroke. Rosemary tampaknya melindungi dari kerusakan otak dan dapat meningkatkan pemulihan. Rosemary dalam hal ini memiliki manfaat tanaman herbal untuk kesehatan yang bahkan setara dengan teknik pengobatan non-herbal.

Kelima, dicatat bahwa beberapa penelitian menunjukkan rosemary dapat membantu mencegah penuaan otak secara signifikan. Kemampuan terapeutik rosemary untuk pencegahan Alzheimer ternyata menjanjikan. Tetapi dibutuhkan lebih banyak penelitian lebih lanjut. Rosemary yang beraroma kuat dapat menyebabkannya diserap dalam darah dan meningkatkan asetilkolin (neurotransmitter utama di otak).

Rosemary mengandung selusin senyawa yang menghambat kerusakan neurotransmitter utama, asetilkolin. Aromaterapi rosemary dapat meningkatkan daya ingat. Dan paparan aroma minyak esensial rosemary dapat secara signifikan meningkatkan memori kerja pada anak-anak. Dengan kata lain manfaat tanaman herbal untuk kesehatan, rosemary membantu mengurangi tingkat stress serta anti depresan.

Selanjutnya, lebih hebatny lagi rosemary dapat menyembuhkan kanker. Pernyataan ini divalidasi dengan penelitian yang diterbitkan dalam Oncology Reports. Mereka menemukan bahwa ekstrak rosemary etanol mentah atau disingkaat dengan RO mampu memperlambat penyebaran leukemia di tubuh manusia dan sel karsinoma payudara.

Studi lain, yang diterbitkan dalam Bioscience, Biotechnology and Biochemistry, menyimpulkan bahwa rosemary mungkin berguna sebagai agen anti-inflamasi dan anti-tumor. Selain itu manfaat tanaman herbal untuk kesehatan, laporan yang diterbitkan dalam Journal of Food Science mengungkapkan bahwa menambahkan ekstrak rosemary ke daging giling dapat mengurangi pembentukan sel penyebab kanker yang dapat berkembang selama dicerna dalam tubuh.

Berikutnya ialah sebagai perlindungan terhadap degenerasi macula. Macula merupakan bagian dari mata yang terletak di belakang retina mata. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science, dipimpin oleh Dr. Stuart A. Lipton, Ph.D. dan rekan di Sanford-Burnham Medical Research Institute, mengungkapkan bahwa asam carnosic, yang merupakan komponen utama rosemary, dapat meningkatkan kesehatan mata secara signifikan.

Hal ini dikarenakan manfaat tanaman herbal untuk kesehatan rosemary dapat membantu meminimalisir pada penyakit yang mempengaruhi retina luar, seperti degenerasi makula yang difaktori penyakit mata yang paling umum yaitu karena usia.

Disamping banyak dari rosemary, tanaman herbal ini dalam pemanfaatnya pun memiliki efek samping. Rosemary memang biasanya aman bila dikonsumsi dalam dosis rendah. Namun, dengan dosis yang sangat besar dapat memicu efek samping yang serius, meskipun ini jarang terjadi.

Efek sampingnya meliputi muntah, kejang, koma, edema paru atau cairan di paru-paru. Hingga, rosemary dosis tinggi dapat menyebabkan keguguran. Oleh karena itu manfaat tanaman herbal untuk kesehatan, wanita hamil dalam beberapa kondisi tidak disarankan untuk mengonsumsi rosemary sebagai konsumsi tambahan. Bagi wanita hamil jika diminum sebagai obat, justru dapat bertindak sebagai abortifacient.

Perhatikan artikel lain disini

Karena rosemary menghambat penyerapan zat besi non-heme, orang dengan anemia defisiensi zat besi sebaiknya tidak menggunakannya sebagai obat. Orang yang rentan terhadap kejang juga tidak boleh menggunakan rosemary sebagai obat. yang ada pada rosemary memang banyak, tateapi hindari menggunakan minyak rosemary sebagai obat dalam. Rosemary dapat mengubah urin menjadi warna merah.

Ramuan manfaat tanaman herbal untuk kesehatan rosemary segar pun harus disimpan di lemari es di dalam wadah. Rosemary kering atau ekstraknya seperti semua ramuan herbal harus disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan di tempat sejuk, gelap, serta kering agar tetap segar dalam beberapa bulan.

Rosemary berpotensi berinteraksi dengan pengencer darah, diuretik, dan obat tekanan darah tertentu. Jadi, sekarang kita tahu rosemary sangat memiliki peran bagi tubuh kita. Jangan sampai keliru dalam mengkombinasikan beberapa manfaat tanaman herbal untuk kesehatan agar terhindar dari reaksi ramuan herbal yang tak diinginkan.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat buah plum

Ketahui 8 Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan, Terutama untuk Wanita

sumbersehat.com – Manfaat buah plum untuk wanita memang seringkali kita dengar di tengah masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *