3 Kandungan Dan Manfaat Sayur Oyong Untuk Ibu Hamil Ini Harus Kamu Ketahui

3 Kandungan Dan Manfaat Sayur Oyong Untuk Ibu Hamil Ini Harus Kamu Ketahui. Siapa sih yang tak suka dengan sayur oyong atau sayur gambas? Hampir semuanya pasti suka, mengingat rasanya yang sangat segar di mulut. Sayur oyong sendiri memiliki bentuk bulat dan panjang serta berwarna hijau. Bentuknya mirip seperti mentimun dan terong.

Dengan tekstur yang renyah serta garing di kulit dan lembut di bagian daging dan bijinya, membuat sayur ini cocok dikonsumsi oleh siapapun. Dengan kandungan serat yang melimpah, sayur ini sangatlah bagus untuk tubuh. Tidak terkecuali untuk ibu hamil sekalipun. Bagi yang tengah hamil, tidak sedikit dokter yang menyarankan untuk mengkonsumsi sayur ini.

Kenapa bisa begitu? Karena manfaat sayur oyong untuk ibu hamil sangat melimpah. Jadi tidak heran jika ibu hamil tetap sehat dan bugar ketika masa kehamilan. Begitu pula untuk janin yang bisa berkembang dengan baik. Lantas apa saja kandungan serta manfaat dari sayur oyong untuk ibu hamil? Bagi yang penasaran, kamu bisa simak ulasannya berikut.

Manfaat sayur oyong untuk ibu hamil
Manfaat sayur oyong untuk ibu hamil

Kandungan Dan Manfaat Sayur Oyong Untuk Ibu Yang Sedang Hamil

Pastinya ada banyak kandungan yang bisa ditemui di sayur oyong. Setiap kandungan tersebut memberi manfaat berbeda-beda. Wajar jika sayur ini bakal membuatmu tetap sehat dan bugar jika dikonsumsi secara rutin. Bagi yang penasaran, berikut kandungan beserta manfaat sayur oyong :

Vitamin A

Sayur oyong memiliki kandungan Vitamin A yang tergolong sangat tinggi dibanding sayuran lainnya. Tidak heran jika konsumsi sayur oyong setiap hari bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A. Manfaat sayur oyong untuk ibu hamil ini cocok untuk dimanfaatkan oleh semua orang.

Sayur ini mengandung 380 IU vitamin A di setiap 100 gram penyajian sayur oyong. Hal tersebut bisa memenuhi kebutuhan Vitamin A dalam tubuh setiap harinya. Adapun manfaatnya bagi tubuh sebagai berikut;

Menjaga dan juga meningkatkan kekebalan tubuh ketika masa hamil. Tujuannya agar ibu hamil bisa tetap fit dan segar ketika sedang mengandung si buah hati

Membantu dan merawat mata yang rabun. Selain itu, kandungan Vitamin A juga bisa untuk mencegah terjadinya gangguan mata yang cukup meresahkan

Kandungan vitamin A di dalam sayur oyong juga bisa untuk memperhalus kulit supaya tampak lebih berseri dan sehat

Manfaat sayur oyong untuk ibu hamil berikutnya adalah bisa juga untuk anti oksidan sehingga tubuh tidak terserang penyakit

Vitamin B1

Meskipun kandungan Vitamin B1 di dalam sayur oyong tidak terlalu melimpah, hanya saja kandungannya tetap bisa memenuhi kebutuhan tubuh. Terlebih jika Anda kombinasikan dengan sayuran dengan kandungan vitamin B1-nya melimpah. Di 100 gram sayur oyong, kamu bisa menemui 0,03 mg vitamin B1.

Vitamin B1 sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Adapun manfaatnya sebagai berikut;

  • Membantu proses oksidasi di tubuh ibu hamil supaya lebih lancar
  • Memberi energi tambahan bagi tubuh ibu hamil yang mudah lelah karena beraktivitas
  • Manfaat sayur oyong untuk ibu hamil lainnya adalah meningkatkan daya tahan tubuh pada ibu hamil supaya tidak mudah terserang penyakit
  • Vitamin C

Sayur oyong juga menjadi salah satu sayur dengan kandungan vitamin C yang melimpah. Meskipun kandungan vitamin C-nya tidak sebanyak di buah-buahan, tapi tetap saja bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Setidaknya dalam 100 gram sayur oyong, Anda bisa menemui 8 mg vitamin C.

Jadi cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh. Adapun manfaatnya bagi tubuh adalah sebagai berikut;

  • Mampu untuk mempertahankan kondisi daya tahan tubuh supaya tetap optimal
  • Bisa untuk mempercepat penyembuhan luka pasca persalinan. Manfaat sayur oyong untuk ibu hamil ini harus dimanfaatkan karena benar-benar sangat berguna.
  • Bisa mencegah terjadinya sariawan serta panas dalam
  • Mengontrol dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh supaya tidak meningkat tajam
  • Mencegah berbagai penyakit kronis seperti hipertensi, serangan jantung, diabetes dan masih banyak lainnya
  • Zat besi

Hampir semua sayuran pasti memiliki zat besi didalam kandungannya. Ini juga berlaku untuk sayur oyong. Perlu diketahui jika zat besi itu sangat penting untuk ibu hamil. Sebenarnya bukan hanya untuk ibu hamil saja tapi juga untuk masyarakat umum. Tidak heran banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi sayur ini secara rutin.

Di setiap 100 gram sayur oyong, setidaknya ada 1 mg zat besi didalamnya. Zat besi berguna untuk mempertahankan kondisi tubuh supaya tetap fit. Jadi manfaat sayur oyong untuk ibu hamil ini sangat berguna agar menjaga kondisi tubuh si ibu supaya tidak terserang penyakit atau radikal bebas.

Kalsium

Semua sayuran hijau pasti memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan kalsium ini juga bisa ditemukan di sayur oyong. Meskipun tidak sebanyak di susu, tapi paling tidak kandungan kalsium dari sayur oyong ini bisa memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh.

Jadi di setiap 100 gram sayur oyong, Anda bisa menemui 19 mg kalisum didalamnya. Kalsium ini sangat berguna untuk ibu hamil. Adapun manfaat sayur oyong untuk ibu hamil dari kandungan kalsium ini sebagai berikut:

  • Membantu untuk pertumbuhan tulang supaya lebih maksimal
  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi pada ibu hamil dan janin
  • Mencegah terjadinya pengapuran tulang yang menyebabkan ibu tidak bisa berjalan ketika masa kehamilan
  • Fosfor

Kandungan lain yang bisa ditemui dari sayur oyong adalah fosfor. Nilai kandungan ini di dalam sayur bisa disebut cukup melimpah karena di angka 33 mg di setiap 100 gram sayur oyong. Lantas apa saja manfaatnya untuk ibu hamil? Berikut manfaat sayur oyong untuk ibu hamil yang diberikan;

  • Membantu untuk menjaga kekuatan tulang, terlebih ketika masa kehamilan
  • Mencegah terjadinya pengapuran tulang atau yang akrab disapa osteoporosis
  • Membantu tulang dan gigi supaya terus tumbuh

Simak artikel lainnya disini.

Selain 6 kandungan utama yang sudah disebutkan di awal, sayur oyong juga memiliki banyak kandungan nutrisi lain. Contohnya seperti protein, karbohidrat dan juga lemak. Setiap kandunagn ini juga bagus untuk ibu hamil. Mulai dari memenuhi kebutuhan protein tubuh sehingga meningkatkan kinerja otak janin dan ibu hingga manfaat lainnya. Tidak heran manfaat sayur oyong untuk ibu hamil ini perlu dimaksimalkan dengan cara mengkonsumsi sayur oyong secara rutin.

Bagi yang ingin mengkonsumsi sayur ini, ada banyak cara yang bisa dicoba. Misal saja membuatnya menjadi pecel dengan tambahan  sayuran hijau lain seperti bayam atau sebagainya. Selain itu juga banyak masyarakat Indonesia yang menjadikannya sebagai sop atau sayur bening. Jadi untuk menikmati manfaat sayur oyong untuk ibu hamil ini Anda bisa mengolahnya sesuai keinginan. Jadi bagaimana, masih tidak mau mencobanya.

About Aziza Linda Verra

Check Also

tips medical check up

6 Tips Medical Check Up, Biaya dan Prosenya, Dijamin Lolos!

sumbersehat.com – Tips medical check up menjadi trending belakangan ini. Masyarakat berlomba-lomba mendaftarkan diri mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *