Daun Salam, dan 12 Manfaat Tanaman Herbal untuk Kesehatan

Daun salam, dan 12 manfaat tanaman herbal untuk kesehatan – Daun salam di Indonesia adalah salah satu dari daun-daunan yang sering digunakan oleh ibu-ibu atau chef untuk menambah aroma pada masakan. Selain itu rasanya juga khas bila menjadi tambahan dalam masakan. Di pasar daun salam dijual batangan biasanya. Harganya murah kita bisa membelinya dengan harga seribu atau dua ribu saja. Namun bila sudah masuk supermarket atau swalayan maka harganya berlipat-lipat. Untuk 10 lembar daun salam dijual dengan harga 10 ribu rupiah. Sebenarnya daun salam memiliki banyak manfaat lain selain untuk pada masakan.

Klasifikasi ilmiah

Pohon salam termasuk dalam kerajaan Plantae, divisinya Magnoliophyta, masuk dalam kelas Magnoliopsida. Ordo pohon salam adalah Myrtales, sedangkan familinya Myrtaceae, dan genusnya Syzygium. Pohon salam merupakan spesies S. polyanthum. Nama binomialnya Syzygium polyanthum atau (Wight) Walpers. Dalam bahasa Inggris dinamakan Indonesia bay-leaf atau Indonesian laurel. Beberapa nama lain dari tanaman salam yaitu meselengan, manting, dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Madura adalah salam, dan bahasa Melayu adalah ubar serai.

 

Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan
Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan

Ciri-ciri tanaman

Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan pohon salam dapat mencapai tinggi 30 meter. Kulit batangnya berwarna coklat abu-abu dan bersisik. Daunnya berbentuk jorong-lonjong, jorong lanset berukuran 5-16 x 2,5 sampai 7 cm, gundul, dengan urat daun sekunder berjumlah 6 sampai 11, dan sejalur daun intramarginal terlihat jelas dekat tepi daun, memiliki kelenjar minyak yang terlihat berbintik namun sangat halus. Buah buni membulat berukuran 12 mm, mahkota keping kelopak, warnanya merah sampai ungu kehitaman bila telah matang.

Khas bunganya dengan banyak kuntum bunga berukuran 2 sampai 8 cm, yang timbul di bawah daun atau terkadang pada ketiaknya. Bunganya berukuran kecil-kecil, beraroma harum, memiliki kelopak seperti mangkung, dengan panjang sekitar 4 mm, dengan mahkota lepas-lepas, putih, memiliki banyak benang sari. Priingan tengah sedikit persegi, berwarna jingga kekuningan.

Kandungan daun salam

Berbagai manfaat tanaman herbal untuk kesehatan dari daun salam yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan terdapat pada daun salam. Beberapa zat yang terkandung adalah eugenol dan metil kavikol. Pada daun salam kering ada kandungan minyak esensial sebanyak 0,17%. Ekstrak etanol yang berasal dari daun menunjukkan efek anti bakteri serta anti jamur, sedangkan efek anti cacingnya dieperoleh dari ekstrak metanolnya. Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam tumbuhan ini adalah flavonoid, tanin, dan minyak atsiri. Semua bagian pohon dapat dimanfaatkan kecuali rantingnya. Daun, kulit batang, buah, dan akar sebagai obat.

Daun salam dan manfaat tanaman herbal untuk kesehatan

  • Untuk obat sakit perut
  • Mengatasi diare
  • Mengatasi asam lambung
  • Mengobati gatal-gatal
  • Mengatasi asam urat
  • Mengatasi stroke
  • Melancarkan peredaran darah

Itu sebagian manfaat daun salam untuk kesehatan.

Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan penyakit yang diatasi dengan air rebusan daun salam:

Pencegahan terhadap komplikasi diabetes dan mengobati penyakit batu ginjal

Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan bagi kadar gula dan kolesterol dapat dikontrol dengan air rebusan daun salam. Antioksidan dalam daun salam bisa menolong tubuh memproduksi hormon insulin. Pengobatan batu ginjal dengan takaran tertentu rebusan air salam ternyata dapat juga diatasi. Namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang kompeten sebelum mencoba resep rebusan daun salam. Bila dokter yang biasa merawat tidak menyarankan maka sebaiknya jangan dilakukan.

Membakar lemak pada tubuh dan mengobati asam urat

Masalah berat badan berlebih pada tubuh sering menjadi hal yang sulit diatasi. Berbagai obat pelangsing diboba. Nah ada baiknya mencoba resep kombinasi kayu manis serta daun salam. Kayu manis mengandung antioksidan, dan nutrisi yang dapat mempercepat metabolisme di dalam tubuh. Sedangkan untuk mengobati asam urat dapat dengan cara meminum dua kali sehari rebusan daun salam.

Meredakan peradangan dan meningkatkan kinerja jantung

Rasa sakit dapat terjadi dari berbagai hal seperti radang sendi, otot yang tegang, atau pun keseleo. Nyeri-nyeri tersebut dapat diatasi dengan memberikan pijatan pada bagian yang terasa sakit dengan minyak ekstraksi daun salam. Untuk kinerja jantung, kandungan phytonutrient, sallicyclate, dan caffeic dapat membantu. Selain itu manfaat tanaman herbal untuk kesehatan dengan air rebusan daun salam juga dapat mencegah stroke.

Mencegah penyakit darah tinggi

Tekanan darah tinggi  dapat diatasi dengan meminum air rebusan daun sirih. Sirkulasi darah juga dapat meningkat karenanya. Yang lebih hebat kadar kolesterol dipercaya dapat turun. Kedua penyakit ini menjadi penyakit yang banyak diderita oleh kalangan tua maupun muda. Karenanya sebelum ke dokter usahakan minum rebusan ini atau bisa juga konsumsi ini disela-sela mengkonsumsi obat dokter. Jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Mengatasi sembelit dan mengobati batuk

Manfaat tanaman herbal untuk kesehatan adalah mengobati batuk tanpa meminum obat apotek adalah dengan meminum rebusan daun salam. Caranya adalah dengan menghirup uapnya sehingga masalah pernafasan dapat segera diatasi. Begitu juga dengan sembelit, permasalahan sistem pencernaan dapat diatasi dengan rebusan daun salam. Cara buatnya dengan merebus 1 liter air dengan 1 sendok teh kayu manis bubuk, 1 sendok madu, 6 lembar daun salam. Campurkan semua bahan, rebus sampai mendidih dan diamkan melarut selama 5 menit. Lalu saring, minum pagi hari saat perut kosong. Sisanya minum siang atau malam.

Simak artikel lainnya disini

Cara membudidayakan pohon salam

Pohon salam tumbuh paling subur antara ketinggian 225 sampai 450 meter di atas permukaan laut  dan memiliki curah hujan 3000 sampai 4000 mm per tahunnya pada jenis latosol berwarna kehitaman. Untuk meningkatkan kesuburannya makan pada saat ditanam diberikan pupuk kandang secukupnya. Sedangkan untuk membuat daunnya bertambah lebat digunakanlah pupuk NPK. Pertumbuhan pohon salam tergolong cepat. Dalam waktu 1 bulan saja setelah panen kecil, maka ranting-ranting dan tunas-tunas baru sudah muncul kembali dengan lebat. Perawatannya pun tidak sulit. Disiram saja setidaknya sekali sehari dan terkena sinar matahari.

Panen salam dilakukan dengan cara memetik daun salam yang warnanya telah menjadi hijau tua. Pemangkasan dapat dilakukan secara sembarang pada ranting pohon. Sesudah daun dipetik, daun dijemur pada suhu kurang lebih 27 derajat celcius dan dibalik secara teratur selama tiga hari. Sedangkan untuk mendapatkan minyaknya maka proses yang harus dilakukan adalah menyuling simplisia salam dengan alat penyuling air dan diuap selama 10 jam. Itulah manfaat tanaman herbal untuk kesehatan, ciri-ciri, klasifikasi ilmiah tentang pohon salam.

Daun salam mengandung vitamin A, vitamin C, serta asam folat. Kenali lebih lanjut tentang daun salam dan manfaat tanaman herbal untuk kesehatan agar dapat memanfaatkan sebaik-baiknya. Jadikan pekarangan rumah sebagai apotek hidup. Selain sebagai penyedap masakan ternyata manfaat tanaman herbal untuk kesehatan daun salam sangat banyak. Campurkan dalam masakan, selain sedap maka akan didapatkan manfaat kesehatan lainnya. Daun salam dapat dipakai menyedapkan masakan dalam kondisi segar maupun kering. Rugi bila kita tidak berusaha menanam pohon ini di pekarangan rumah.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat daun salam untuk wanita

6 Manfaat Daun Salam Untuk Wanita, Nomor 5 Sangat Menggoda

sumbersehat – Berita tentang manfaat daun salam untuk wanita sempat tenar beberapa waktu lalu. Sejak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *