Beberapa Kesalahan dalam Menjalankan Diet Sehat untuk Remaja

Beberapa Kesalahan dalam Menjalankan Diet Sehat untuk Remaja – Diet adalah cara yang sering kali digunakan untuk memeproleh berat badan ideal dan menurunkan bertat badan. Selain itu, diet juga berfungsi menjaga agar tubuh senantiasa sehat karena pola makan yang menjadi terkontrol. Sayangnya banyak remaja malakukan diet yang tidak benar-benar menerapkannya dengan baik.

Sehingga para remaja ini justru salah dalam memilih cara diet dan menerapkan hal hal yang yang malah beresiko buruk bagi kesehatan. Alih-alih mengikuti aturan diet yang tepat dan dianjurkan, mereka justru melakukan banyak kesalahan. Apabila kebiasaan tersebut tidak segera diubah, pastinya cara ini dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

diet sehat untuk remaja
diet sehat untuk remaja

Ada beberapa kesalahan dalam diet yang sering dilakukan, berikut ini beberapa di antaranya.

Kesalahan Diet Sehat untuk Remaja

Konsumsi Kalori Terlalu Rendah

Mengurangi asupan kalori harian menjadi metode diet yang salah dan sangat disarankan untuk dihindari dan tidak disarankan dijadikan diet sehat untuk remaja. Karena tubuh memerlukan kalori setiap hari yang sudah seharusnya kebutuhan tersebut dicukupi.  Apabila sampai kebutuhan kalori yang masuk berkurang atau di bawah kebutuhan, tentu akan sangat beresiko. Terlebih jika asupan kalori berkurang menjadi sekitar 1000 kalori atau bahkan kurang setiap harinya.

Yang terjadi justru hal ini menyebabkan sistem metabolisme menjadi sangat lemah dan tubuh menjadi kelelahan parah. Belum lagi terjadinya penurunan berat badan akibat penurunan massa otot tubuh. Sehingga menghindari kalori kurang menjadi salah satu cara diet sehat untuk remaja yang perlu diperhatikan. Selain itu, pastikan juga supaya kebutuhan kalori yang dikonsumsi tidak berlebihan yang berakibat penumpukan lemak dan menghambat pembakaran kalori.

Mengurangi Frekuensi Makan, bukan Porsi Makan

Cara yang kedua ini sering kali menjadi kesalahan dalam melakukan diet, lantaran ketidaktahuan mereka dalam aturan diet sehat untuk remaja yang tepat. Mengurangi frekuensi makan yang dimaksud di sini adalah sama halnya dengan tidak makan atau melewatkan waktu makan. Padahal makan di waktu yang tepat sangat penting, guna mengisi energi dan menghindarkan dari kekalapan saat melahap makanan. Aturan makan yang tepat adalah dilakukan secara teratur 3 x sehari yang memiliki manfaat penting bagi tubuh. Tujuannya adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mempermudah pembakaran kalori yang terjadi.

Kurangnya Kegiatan Olahraga

Apakah anda sudah menerapkan pola diet sehat untuk remaja yang tepat? Misalnya saja dimulai dari pola makan yang tepat, meliputi pemilihan dan porsi makanan yang dikonsumsi. Namun sayangnya, beberapa remaja mengeluhkan berat badan yang juga tak kunjung menurun. Walau pun ternyata program diet tersebut sudah dijalankan selama berminggu-minggu hingga berbulan bulan. Mungkin saja salah satu penyebabnya adalah karena kurangnya aktifitas atau pergerakan tubuh. Maka dari itu, sebaiknya mulailah berolahraga secara rutin setiap hari.

Kegiatan olahraga ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembakaran lemak dan kalori tubuh sehingga menunjang diet sehat untuk remaja. Kegiatan olahraga ini bisa dilakukan kapan pun, tanpa anda harus menunggu waktu atau jadwal olahraga di sekolah. Belum lagi jika di jadwal tersebut anda hanya duduk duduk saja dan tidak aktif bergerak. Lebih baik berolahragalah sendiri di pagi hari sebelum sekolah, atau pun sore hari sesudah sekolah.

Menghentikan Kebiasaan Mengemil atau Jajan

Banyak remaja berpikir bahwa menghentikan kebiasaan ngemil merupakan cara diet yang efektif dan harus dilakukan saat berdiet. Padahal faktanya, cara ini malah merupakan diet yang salah dan sangat tidak dianjurkan. Mengonsumsi makanan-makanan ringan untuk cemilan dan jajanan ternyata sangat membantu dalam pengendalian rasa lapar saat tengah berdiet. Sehingga tentu saja program diet bisa berjalan optimal, asalkan anda memilih jenis cemilan yang tepat.

Mengonsumsi camilan, sangat disarankan memilih makanan yang mengandung protein tinggi dan serat di dalamnya. Kedua nutrisi ini diklaim mampu mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh saat berdiet. Namun pastikan anda ngemil secara tidak berlebihan yang malah tidak baik dan menggagalkan diet sehat untuk remaja. Ngemillah di waktu lapar saat sela jam makan. Pilihan cemilan yang tepat seperti salad buah dan sayur, jus tanpa tambahan gula, popcorn gurih, dan lain sebagainya.

Kurang Konsumsi Minum Air Putih

Kurang minum air putih, menjadi suatu kesalahan dalam diet yang terlihat cukup sepele namun berefek besar. Efeknya adalah mampu menggagalkan program diet sehat bagi remaja yang sedang dilakukan. Karena jarang minum air putih akan menghambat kinerja organ tubuh dan menyebabkan dehidrasi.

Air putih ini juga penting dalam pembakaran kalori dan pengoptimalan metabolisme tubuh. Lebih baik jika anda menambahkan asupan air putih setiap hari yang juga dapat dijadikan penunda rasa lapar saat diet sehat untuk remaja. Anda pun dapat mengonsumsinya sebelum dan sesudah makan, agar memberikan kesan cepat kenyang saat mengonsumsi makanan berat.

Jarang Mengonsumsi Makanan Berserat

Pemilihan jenis makanan menjadi kunci penting saat ingin menjalankan program diet sehat untuk remaja. Salah satu jenis makanan yang sering dilupakan adalah makanan berserat, padahal penting dalam mengendalikan badan badan dan menurunkannya. Nutrisi serat yang dikonsumsi efektif dalam menghasilkan rasa kenyang lebih lama, sehingga mengontrol rasa lapar yang muncul. Menghindari konsumsi makanan berserat sebaiknya dihindari, serta tidak dilakukan sebagai cara diet bagi remaja.

Menghindari Konsumsi Protein

Kesalahan diet sehat untuk remaja selanjutnya adalah menghindari konsumsi protein. Makanan mengandung protein merupakan cara diet yang salah, lantaran dapat menghambat penurunan berat badan. Konsumsi protein dalam jumlah cukup malah sangat disarankan,  lantaran mampu mengoptimalkan program diet anda. Beberapa makanan berprotein yang dapat anda konsumsi seperti telur, ikan salmon, susu rendah lemak, dan protein dari bahan makanan sehat lainnya. Konsumsi bahan protein tersebut dengan porsi tepat, terlebih mengonsumsi kuning telur yang dalam jumlah banyak beresiko peningkatan kolesterol.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

Konsumsi Makanan Rendah Lemak Terlalu Sering

Kesalahan dalam diet yang selanjutnya adalah dengan konsumsi makanan rendah lemak yang terlalu sering tanpa batasan. Terlebih jika anda salah dalam memilih makanan rendah lemak yang justru tinggi kadar gulanya. Contohnya saja konsumsi yoghurt 245 gram terlalu sering yang kadar gulanya hampir sama dengan 12 sdt gula. Maka dari itu, pastikan jenis makanan tersebut hanya anda konsumsi sebagai cemilan selingan beberapa hari sekali. Lebih baik imbangi makanan lain yang rendah lemak dari makanan sehat buah dan sayur, serta dalam porsi tepat.

Itulah tadi berbagai kesalahan diet yang sering kita jumpai dimasyarakat. Kesalahan diet sehat untuk remaja di atas, tentu saja harus dihindari supaya tidak membahayakan kesehatan tubuh remaja di masa pertumbuhan. Terlebih di usia nya yang masih sekolah, tentu sangat penting diet dengan cara tepat agar konsentrasi dan energi senantiasa terpenuhi. Lebih baik terapkan diet dengan konsumsi makanan sehat tanpa membatasi jenisnya. Pastikan juga program diet didukung dengan rajin olahraga dan tidur cukup setiap harinya. Nikmati proses diet dengan tujuan untuk mendapatkan tubuh yang sehat, supaya hasilnya lebih optimal.

 

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat untuk diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet

4 Senam sebagai Salah Satu Olahraga Sehat untuk Diet – Senam adalah jenis olahraga yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *