Daftar Obat Sakit Gigi Alami Paling Mujarab Digunakan Untuk Semua Usia

Daftar Obat Sakit Gigi Alami Paling Mujarab Digunakan Untuk Semua Usia! Sudah pasti kondisi gigi berlubang memberi rasa tidak nyaman bahkan bisa mengganggu kondisi dan aktivitas sehari-hari. Dalam perkembangannya, kondisi gigi berlubang harus mendapat penanganan lebih cepat agar tidak memberi dampak besar pada aktivitas sehari-hari. Penanganan gigi berlubang memang butuh waktu. Apalagi pastinya beberapa kalangan merasa tidak memiliki waktu untuk memeriksakan diri ke dokter gigi.

Karena itu, selain memanfaatkan obat khusus untuk menangani masalah gigi berlubang, akan lebih baik jika Anda menggunakan obat alami yang dikenal dan dianggap mujarab untuk mengatasi nyeri gigi. Pemakaian obat alami ini sudah diketahui sejak puluhan tahun, sehingga dari tingkat kesembuhan ataupun sebagai pertolongan pertama pada penderita gigi berlubang masih bisa mengandalkannya.

obat sakit gigi alami
obat sakit gigi alami

Daftar Obat Sakit Gigi Alami Mujarab dan Dapat Dipakai Semua Usia

  • Air Garam Hangat

Cukup menarik dan sudah familiar digunakan untuk mengatasi masalah gigi berlubang yang mana air garam hangat bisa mengurangi kadar kuman penyebab sakit gigi. Khasiat dari garam secara alami bisa mengurangi jumlah bakteri, kemudian dari penggunaannya pun tidak menimbulkan efek samping. Karena itu, air garam hangat ini cocok untuk obat sakit gigi alami yang mudah diracik dan diolah dengan mengandalkan garam bersama air hangat.

  • Ekstrak Vanilla

Masih dikenali sebagai modal terbaik untuk bisa mengurangi efek sakit gigi berlubang yang mana memanfaatkan ekstrak vanilla. Banyak kalangan percaya bahwa dari ekstrak vanila ini cocok untuk mengurangi bakteri dan kuman yang menjadi pencetus rasa sakit di gigi berlubang.

Kemudian dari penggunaannya bisa menggunakan kapas kemudian celupkan ke ekstrak vanila. Langkah berikutnya oleskan ke bagian gigi yang sakit ataupun nyeri. Untuk bisa mendapatkan hasil terbaik cobalah lakukan beberapa kali dalam satu hari untuk mengurangi efek nyeri karena peradangan di gigi berlubang.

  • Getah Jarak

Mungkin Anda belum mengetahui jenis obat sakit gigi alami dari getah jarak. Akan tetapi khasiat dari getah jarak ini terbilang efektif untuk mengurangi rasa nyeri akibat gigi berlubang. Pada kondisi tertentu Anda perlu mengandalkan beberapa langkah untuk mengolah getah jarak. Caranya cukup mudah, dengan memetik daunnya yang masih segar, kemudian ambil getahnya dan teteskan langsung ke bagian gigi yang sakit.

  • Jeruk Nipis

Bukti bahwa jeruk nipis masuk ke dalam obat penghilang rasa sakit gigi secara almi memang cukup efektif. Konsumsi jeruk nipis secara langsung bisa mengurangi kadar bakteri di dalam gigi berlubang. Sehingga dari senyawa antibiotiknya bekerja secara maksimal sehingga bisa diandalkan untuk meredakan rasa ngilu di gigi berlubang.

  • Merica

Lada atau merica juga dikenal sebagai salah satu obat sakit gigi alami yang sekarang ini banyak dipakai dengan metode pengolahannya lebih mudah. Mendapatkan lada atau merica ini cukup mudah. Sedangkan pengolahannya sebagai obat sakit gigi secara alami juga bisa dikatakan lebih mudah yakni sediakan lada bubuk dan air hangat kemudian aduk sampai berupa adonan pasta. Langkah berikutnya balurkan adonan ke area gigi yang sakit dan diamkan setengah jam lalu kumurlah gunakan air hangat.

  • Cabe Rawit

Rasa pedas di dalam cabe rawit juga bisa diandalkan sebagai penghilang rasa sakit akibat gigi berlubang. Sampai sekarang cabe rawit dikenal sebagai bahan pokok untuk mengolah masakan di setiap dapur. Karena itu pengolahannya bisa Anda lakukan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Langkah pertama tumbuk cabe rawit berwarna hijau sampai halus, tambahkan air panas dan pakai untuk obat kumur selama 10-15 menit. Lakukan secara rutin agar sakit gigi berlubang cepat hilang.

  • Belimbing Wuluh

Salah satu buah yang juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami dan manjur berupa belimbing wujuh. Dari kadar vitamin C dan antioksidannya terbilang tinggi. Karena itu, belimbing wuluh ini bisa dimanfaatkan sebagai obat alami. Caranya tumbuk sampai halus 2 buah belimbing wuluh, kemudian tempelkan pada area gigi yang sakit kemudian tunggulah sampai rasa sakit berkurang. Jika sudah selesai berkumurlah untuk mengurangi kadar asam di belimbing wuluh.

  • Bawang Putih

Tidak hanya mengurangi efek inflamasi saja, akan tetapi bawang putih juga dipercaya bisa mengurangi rasa sakit gigi berlubang. Kondisi sakit gigi berlubang sungguh tidak nyaman. Akan tetapi dari penggunaan bawang putih bisa dianggap sebagai penolong pertama jika dari metode lain kurang efektif. Penggunaannya cukup mudah yakni ambil satu siung kemudian haluskan. Tempelkan pada area yang sakit kemudian tunggu sampai rasa sakit berkurang.

  • Biji Alpukat

Masih cukup asing di telinga kita bahwa dari biji alpukat ini bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Karena itulah sekarang banyak pihak mencari biji buah alpukat yang mana bisa berkhasiat sebagai obat sakit gigi. Cara pengolahannya cukup mudah, pertama ambil biji alpukat secukupnya kemudian keringkan dan sangrai sampai benar-benar mengering. Haluskan dan tambahkan air hangat dan garam secukupnya. Oleskan secara merata ke bagian gigi yang sakit dan diamkan selama 30 menit baru kumur gunakan air hangat.

  • Serai

Beberapa obat alami untuk atasi sakit gigi bisa mengandalkan serai. Selain dipakai sebagai bahan masakan, serai untuk dikenal memiliki manfaat untuk mengurangi rasa sakit gigi berlubang. Karena itulah cara pengolahan serai ini cukup mudah yakni ambil 40 gram serai kemudian tempatkan di satu tempat dan beri air untuk direbus. Dari air rebusan serai tersebut gunakan sebagai obat kumur alami. Ulangi sampai rasa sakit berkurang sehingga dari gangguan gigi berlubang bisa diatasi dengan mudah dari olahan serai. Simak obat ampuh lainnya disini.

  • Minyak Tempurung Kelapa

Sakit gigi berlubang tentu harus mendapat perawatan secara optimal. Karena itu dari penggunaan minyak tempurung kelapa juga sering digunakan untuk obat sakit gigi alami yang kemungkinan terus memberi manfaat dan tidak ada efek samping. Penggunaan minyak tempurung kelapa untuk atasi sakit gigi cukup mudah yakni gunakan kapas untuk ambil minyaknya kemudian tempelkan ke gigi yang sakit. Diamkan beberapa menit sampai rasa sakit berkurang. Anda bisa gunakan cara ini untuk mendapatkan pertolongan pertama sebelum konsultasi ke dokter.

  • Biji Jarak Cina

Biji jarak masih dikenal sebagai bahan herbal untuk mengatasi beberapa peradangan. Untuk itu, dari getah jarak masih bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi. Apalagi sekarang biji jarak cina juga bisa dipakai untuk mengurangi rasa sakit gigi. Langkahnya cukup mudah karena cukup tumbuk biji jarak sampai halus kemudian seduh bersama air panas. Aduk dan gunakan airnya sebagai obat kumur dalam beberapa waktu sampai rasa sakit gigi menghilang.

Sampai detik ini obat sakit gigi alami masih cenderung memanfaatkan beberapa metode yang banyak dikenal mujarab dan bisa dipakai untuk semua usia. Karena itu Anda saat ini bisa memilih salah satu metode untuk mengobati rasa sakit gigi, dan pilih dari metode yang dirasa mudah.

About Aziza Linda Verra

Check Also

manfaat tapak liman

11 Manfaat Tapak Liman dari Mengatasi Diare sampai Kanker

sumbersehat.com - Manfaat tapak liman telah digunakan sejak lama sebagai obat herbal beragam penyakit yang sangat efektif dalam penyembuhannya. Kandungan beberapa senyawa bioaktif, bahan kimia alami dan minyak essential

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *