Ketahui 5 Kategori Daftar Menu Diet untuk Penderita Maag

Sumbersehat.com – Penderita maag, perlu adanya menyusun daftar menu diet untuk penderita maag. Memiliki penyakit maag memang suatu hal yang harus diwaspadai. Penderita maag tidak boleh sembarangan memilih makanan yang ia santap. Kadang hal ini membuat para penderita maag berpikir keras apa daftar menu diet untuk penderita maag yang aman dan tidak menyebabkan sakit.

Mencari daftar menu diet untuk penderita maag memang harus sangat hati-hati. Salah memilih daftar menu diet untuk penderita maag malah berakibat fatal. Lalu apa saja sih menu diet untuk penderita maag yang bisa memicu menimbulkan sakit?

daftar menu diet untuk penderita maagDaftar menu diet untuk penderita maag yang harus dihindari

Berikut ini merupakan  beberapa daftar menu diet untuk penderita maag yang harus dihindari agar maag tidak kumat

Makanan yang memiliki gas tinggi

Pilihlah makanan yang tidak memiliki kadar gas yang tinggi. Karena jika kalian mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kadar gas tinggi, asam lambung kalian juga akan meningkat dan menyebabkan perut menjadi sakit.

Beberapa makanan yang harus dihindari karena memiliki gas tinggi antara lain kol, sawi, kol, nangka dan juga minuman yang mengandung soda. Kalian bisa memilih alternatif sayur lainnya seperti kangkung, bayam, asparagus, edamame dan masih banyak lagi.

Makanan yang sulit dicerna oleh lambung dan mengakibatkan kekosongan lambung

Lambung yang melamai pengosongan lebih lama, akan menghasilkan gas lebih banyak daripada biasanya. Sehingga penyakit maag yang diderita akan semakin parah. Beberapa makan yang mengakibatkan pengosongan lambung lebih lama diantaranya keju dan kue tart. Maka dari itu, hindarilah keju ketika sedang diet.

Pengosongan lambung biasanya terjadi dalam kurun waktu 3 jam setelah makan. Nah, maka dari itu bagi penderita maag yang ingin melaksanakan diet, kalian bisa menyelingi camilan diantara makan pagi ke makan siang dan juga makan siang ke makan malam.

Karena perut akan terus memproduksi asam lambung bahkan ketika perut kalian kosong. Meskipun kalian sedang diet, perut anda harus tetap berisi, agar tidak memperparah penyakit yang  kalian derita.

Kalian bisa menyantap beberapa cemilan yang baik ketika diet seperti kacang kacangan (almond merupakan kacang terbaik bagi orang diet), buah-buahan (semangka, melon, apel) atau jus buah dan sayur.

Makanan yang dapat merusak dinding lambung

Beberapa makanan yang harus dihindari karena merusak dinding lambung yaitu cuka, makanan yang memiliki rasa pedas, merica, bumbu yang memiliki rasa kuat dan juga makanan yang memiliki rasa sam.

Nah, bagi para pelaku diet, kalian bisa membumbui makanan kalian ke makanan yang cenderung asin. Namun, perlu diperhatikan agar tidak berlebihan. Makanan yang terlalu asin juga tidak baik bagi proses diet kalian. Kaia bisa membumbuinya dengan sedikit garam dan juga sedikit merica saja.

Makanan yang merangsang asam lambung keluar

Makanan yang merangsang asam lambung keluar  juga tidak diperbolehkan dikonsumsi penderita maag. Hal ini akan mengakibatkan penderita mengalami kesakitan. Makanan makanan itu diantaranya yaitu: alkohol, kopi, anggur, dan sari buah.

Minuman terbaik bagi para penderita maag dan juga pelaku diet merupakan air putih. Minimal, kalian harus mengonsumsi air putih sebanyak  2 liter perhari.

Sumber karbohidrat

Menjalani sebuah diet memang harus mengurangi makanan yang memiliki karbohidrat tinggi dan gula yang tinggi. Biasanya, para pelaku diet pengganti sumber karbohidrat yang biasanya berupa nasi putih menjadi bahan bahan karbohidrat lainnya.

Namun, untuk orang yang memiliki  maag ada beberapa makanan berkarbohidrat tidak boleh dimakan. Beberapa sumber karbohidrat yang dilarang untuk dikonsumsi oleh penderita maag yaitu: beras ketan, jagung, talas, singkong dan mie.

Bagi para penderita maag yang ingin mengganti sumber karbohidrat kalian, kalian bisa mengganti nasi putih yang kalian konsumsi dengan nasi merah. Atau kalian juga bisa mendinginkan nasi putih kalian terlebih dahulu sebelum menyantapnya.

Nasi putih yang didinginkan akan mengurangi kadar gula yang terkandung di dalamnya. Sehingga, nasi tersebut dapat aman dikonsumsi bagi para pelaku diet.

Nah, itu tadi beberapa daftar menu diet untuk penderita maag yang bisa kalian coba gunakan. Semoga dengan adanya daftar menu diet untuk penderita maag ii kalian tidak perlu kebingungan memilih daftar menu diet untuk penderita maag.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

11 Cara Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu Secara Alami

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu secara alami merupakan cara yang paling bagus untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *