Ingin Turun Berat Badan? Inilah 7 Daftar Menu Diet Sehat Seminggu!

By

Sumbersehat.com – Daftar menu diet sehat seminggu bisa menjadi alat bantu saat kita menjalankan program diet. Penampilan merupakan aspek utama yang menjadi bahan penilaian seseorang. Tak heran jika banyak wanita ingin menurunkan berat badan. Namun, Anda tak boleh asal melakukan diet.

Diet akan berdampak buruk untuk Kesehatan jika salah perhitungan. Perhitungan terpenting yakni memilih menu diet yang tepat. Bukan itu saja, Anda juga wajib menjaga pola makan. Sebagian besar dari kita sering tidak konsisten menjaga pola makan sehingga mengakibatkan naiknya berat badan.

Daftar Menu Diet Sehat Seminggu yang Praktis

Selain karbohidrat, kandungan lainnya juga perlu diperhatikan seperti asupan protein, vitamin, dan mineral. Masih bingung? Agar maksimal dalam menurunkan berat badan, di bawah ini terangkum daftar menu diet sehat seminggu yang mudah digunakan.

Baca juga : Ingin Tubuh Langsing? Inilah 6 Daftar Olahraga untuk Diet

Menu Diet Senin

Roti Gandum, harus anda masukkan dalam daftar menu diet sehat seminggung. Menu ini pilihan terbaik untuk sarapan maupun makan siang saat hari Senin. Kandungan gizi dan tingginya serat dala roti gandum akan membuat Anda kenyang lebih lama. Jika kurang suka dengan rasa hambar, bisa dengan menambah selai kacang secukupnya.

Konsumsi tomat sebagai salad maupun topping saat sarapan bersama roti gandum. Tomat merupakan sumber vitamin C dan A, protein, kalium, fosfor, dan kalsium. Anda juga bisa mengonsumsi oats sebagai pengganti nasi. Oat memiliki kandungan serat yang tinggi serta mineral.

Menu Diet Selasa

Nasi merah menjadi pilihan yang tepat untuk menggantikan nasi putih. Kandungan karbo kompleks lebih lama diserap tubuh sehingga membuat kenyang lebih lama. Selain itu, di dalam nasi merah juga terdapat protein, mineral, dan serat untuk pemenuhan kebutuhan tubuh.

Sebagai pelengkap, Anda bisa minum jus jambu untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian. Buah jambu dapat melancarkan peredaran darah. Asupan sayur bisa menggunakan tambahan minyak zaitun saat menumis. Alasannya agar sayuran yang dikonsumsi tidak menjadi sumber lemak berlebih.

Menu Diet Rabu

Masakan yang berasal dari daging rendah lemak dapat membantu dalam memenuhi protein dalam tubuh. Tambahkan juga buah pisang sebagai camilan, bisa langsung dimakan maupun dibuat smoothies. Gabungan keduanya akan membuat Anda tidak cepat lapar.

Konsumsi sayur wortel dan buncis di hari Rabu akan menambahkan serat, mineral, dan vitamin. Dapatkan manfaat kandungan tersebut dengan membuat sayur bening atau tumis dengan minyak zaitun.

Menu Diet Kamis

Kentang bisa menggantikan fungsi nasi sebagai karbohidrat. Cara mengonsumsi kentang bisa dikukus atau direbus hingga lunak. Sebagai pelengkap, gunakan jus alpukat sebagai sumber vitamin dan mineral. Anda juga bisa langsung memakan buah ini tanpa tambahan gula dan pemanis lainnya.

Buat salad yang berisi sayur-sayuran kemudian bumbui dengan minyak zaitun. Anda akan mendapatkan manfaat kandungan mineral dan vitamin dengan kombinasi sayur-sayuran seperti tomat, kubis ungu, dan bayam.

Menu Diet Jumat

Daftar menu diet sehat seminggu berikutnya yakni susu untuk menu sarapan. Susu murni bisa dikombinasikan dengan mengonsumsi roti maupun biskuit. Anda bisa makan siang dengan singkong yang punya kandungan karbohidrat sama seperti nasi. Makanlah singkong dalam jumlah kecil.

Baca juga : 5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga yang Cocok untuk Kaum Rebahan

Agar tidak bosan, Anda bisa membuat jus dari buah melon tanpa menambahkan gula atau pemanis buatan. Melon yang segar akan memenuhi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menu Diet Sabtu

Dalam daftar menu diet sehat seminggu Anda bisa menggunakan yogurt sebagai sumber protein yang dapat dikonsumsi malam maupun pagi. Pilih yogurt murni yang tidak mengandung pemanis buatan agar tidak menjadi sumber lemak berlebih.

Selain gandum, jagung juga bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi. Anda juga bisa mengolah kudapan jagung manis dengan tambahan susu atau keju, bukan menggunakan gula. Konsumsilah jeruk untuk pemenuhan vitamin dan mineral di malam hari sebagai camilan sehat.

Menu Diet Minggu

Apakah Anda pernah mengonsumsi dadar gulung buah? Menu ini bisa menjadi daftar menu diet sehat seminggu yang mengenyangkan. Meski bisa membuat kenyang, kudapan ini tidak akan mengurangi vitamin dan serat yang dibutuhkan tubuh. Anda bisa menggunakan stroberi, pisang, alpukat, atau buah naga.

Jika bosan dengan nasi merah, Anda bisa mengonsumsi ubi jalar yang sudah memiliki rasa manis. Olahan ubi jalar bisa disantap saat siang maupun malam hari. Kandungan karbohidrat di dalam ubi jalar akan mengenyangkan.

Demikian daftar menu diet sehat seminggu yang dapat dicoba agar berat badan turun. Menu diet di atas bisa membantu menyeimbangkan gizi harian dengan perlahan. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar