Ketahui 6 Daftar Menu Diet Ahli Gizi, Bisa Langsing dan Sehat Cepat

By

Sumbersehat.com – Daftar menu diet ahli gizi dapat menjadi panduan makan dalam program menurunkan berat badan yang tepat. Dengan panduan dari ahli gizi, Anda bisa mendapatkan tubuh langsing dan juga sehat. Tubuh langsing dan ideal merupakan harapan setiap wanita sebab dengan tubuh ideal tersebut ia akan lebih percaya diri.

Makanan tinggi gula dan garam haruslah dihindari sebab itu bukanlah makanan yang baik untuk diet. Serta mulailah untuk mengonsumsi daftar menu diet ahli gizi dalam kehidupan sehari-hari secara rutin dan teratur. Supaya hasilnya pun juga bisa maksimal.

Daftar menu diet ahli gizi
Daftar menu diet ahli gizi

Tips Pola Makan Sehat Sesuai Anjuran Ahli Gizi

Sebelum membahas tentang daftar menu diet ahli gizi, alangkah baiknya juga mengetahui tips mengonsumsi makanan sesuai anjuran ahli gizi. Berikut beberapa cara terbaik mengonsumsi makanan dan saran tentang makanan sehat menurut ahli gizi:

  • Mengonsumsi Lemak Baik

Pola makan pertama yang dianjurkan oleh ahli gizi ialah mengonsumsi lemak sehat atau lemak yang baik untuk diet. Lemak baik dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL), Mengurangi resiko penyakit stroke dan jantung serta bisa membantu menjaga berat badan.

  • Menambah Asupan Protein

Pola makan kedua yang dianjurkan oleh ahli gizi ialah menambah asupan protein. Protein berguna untuk membentuk otot, hormon, kulit, dan hampir seluruh sel dan jaringan pada sistem organ tubuh manusia. Selain itu, sumber protein yang tinggi juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Hal itu tersebut dikarenakan makanan tinggi protein mampu meningkatkan metabolisme sehingga meningkatkan pembakaran lemak. Tidak hanya itu, makanan tinggi protein juga bisa membantu merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu porsi makan untuk diet dapat dikendalikan.

  • Mengonsumsi Karbohidrat Kompleks

Tips daftar menu diet ahli gizi berikutnya ialah mengonsumsi karbohidrat kompleks. Sebagian orang mungkin jika mendengar kata karbohidrat pasti langsung menghindarinya. Padahal sebenarnya terdapat jenis karbohidrat yaitu karbohidrat kompleks yang justru dapat membantu menurunkan badan.

Karbohidrat kompleks merupakan sumber energi untuk tubuh karena mengandung vitamin, mineral, dan serat. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu  brokoli, wortel, apel, pisang, dan lain-lain.

  • Menambahkan Yogurt Ketika Mengonsumsi Buah

Yogurt dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlancar pencernaan. Yogurt juga dapat membuat Anda merasa lebih cepat  kenyang dan bertahan lama. Sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Ketika mengonsumsi buah disarankan untuk menambahkan yogurt agar cita rasanya menjadi lebih nikmat. Selain itu, nutrisi yang akan didapatkan pun juga akan lebih lengkap.

  • Jangan Lupakan Serat

Serat sangat penting untuk memelihara kesehatan pencernaan terutama usus Anda. Serat juga bisa membantu menurunkan berat badan, memerangi, dan menurunkan gula darah. Serat banyak terkandung dalam buah-buahan dan sayuran.

Serat membantu menurunkan berat badan dengan cara membuat kita merasa lebih cepat kenyang tanpa mengonsumsi banyak kalori. Perlu juga untuk mengimbanginya dengan minum air putih minimal 8 gelas perhari agar selain tidak mudah lapar juga tidak mudah haus.

  • Makanan yang Perlu Untuk Dihindari

Batasi mengonsumsi makanan cepat saji karena tidak baik untuk kesehatan juga untuk proses diet. Jangan terlalu sering makan sereal yang ditambah gula, camilan kemasan, dan daging olahan seperti sosis, hot dog, serta daging asap.

Sebab makanan itu bisa meningkatkan resiko kanker, diabetes, penyakit lainnya. Penting untuk mengetahui daftar menu diet ahli gizi agar paham makanan-makanan mana yang baik dan sehat untuk diet.

Inilah Daftar Menu Diet Ahli Gizi yang Efektif Turunkan Berat Badan

Ingin tahu makanan-makanan apa saja yang masuk ke dalam daftar menu diet ahli gizi? pastinya penasaran ya. Berikut merupakan beberapa daftar menu diet ahli gizi yang perlu dikonsumsi setiap hari untuk diet:

Telur

Menurut ahli nutrisi, telur merupakan sumber protein dan nutrisi lengkap yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Telur memiliki kandungan kalori yang rendah, meski rendah kalori tetapi telur tetap mempunyai protein yang tinggi.

Telur bisa membantu menurunkan berat badan tanpa mengganggu asupan protein yang diperlukan untuk pembentukan otot. Jika mengonsumsi daftar menu diet ahli gizi yang satu ini maka perut akan merasa kenyang lebih lama. Sehingga dapat menekan porsi makan yang berlebihan.

Ikan

Menu makanan sehat menurunkan berat badan menurut ahli gizi selanjutnya ialah ikan. Ikan yang cocok untuk berdiet ialah ikan tuna, salmon, sarden, makarel, hingga kakap yang mampu untuk membantu menurunkan berat badan.

Ikan mengandung protein berkualitas tinggi, lemak sehat dan kalori yang rendah. Dimana kandungan tersebut dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, ikan juga dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Buncis dan Wortel

Daftar menu diet ahli gizi yang tidak kalah penting untuk dikonsumsi ialah buncis dan wortel. Buncis dan wortel tidak hanya kaya akan antioksidan namun juga kaya akan serat serta rendah kalori.

Untuk mengonsumsinya bisa dengan cara direbus lalu langsung dimakan atau dijadikan jus diet. Namun, perlu diperhatikan apabila dijadikan jus jangan menggunakan banyak gula atau kalau bisa tidak pakai gula itu lebih baik.

Dada Ayam

Inilah salah satu daftar menu diet ahli gizi yang disukai banyak orang. Dada ayam mengandung rendah kalori dan rendah lemak. Akan lebih sehat bila dada ayam dimasak dengan cara dikukus atau direbus karena rendah kolesterol namun memiliki protein yang tinggi.

Menu ini sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh, dan menghasilkan energi. Tidak hanya itu, dada ayam juga menjadi sumber vitamin dimana sangat diperlukan oleh tubuh yaitu vitamin B3 dan B2.

Sayuran Hijau

Daftar menu diet ahli gizi selanjutnya ini tidak boleh terlewatkan, pastikan untuk selalu menyediakan sayuran hijau di rumah. Sayuran hijau seperti sawi, bayam, selada, brokoli, dan selada merupakan pilihan yang tepat untuk diet.

Sayuran hijau kaya akan serat dan antioksidan serta rendah kalori dimana kandungan tersebut sangat bagus untuk proses diet. Sayuran hijau tidak hanya baik untuk diet, namun juga baik untuk kesehatan. Untuk mengonsumsinya dapat dibuat jus dengan kombinasi bahan lain yang juga baik untuk diet.

Buah-Buahan

Tidak hanya untuk diet, buah juga juga penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Buah-buahan banyak mengandung serat, mineral, dan vitamin yang dapat mendukung program diet Anda. Serta kebanyakan buah memiliki kandungan kalori yang rendah.

Buah-buahan yang cocok untuk yaitu apel, grapefruit, stroberi, melon, jeruk, mangga, pisang, nanas, semangka, serta pepaya. Untuk mengonsumsinya dapat dimakan langsung atau dibuat jus. Namun, bila dibuat jus perlu memperhatikan takaran gula yang dipakai. Akan lebih baik jika membuat jus diet tanpa gula.

Itulah daftar menu diet ahli gizi yang disarankan untuk dikonsumsi ketika sedang melakukan program diet. Dengan mengonsumsi makanan di atas secara rutin dan teratur, maka tubuh akan menjadi sehat dan langsing. Hindari makanan yang tinggi gula dan garam sebab itu bukanlah mananan yang baik untuk diet.

Tinggalkan komentar