Daftar 5 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kekurangan Gizi

Daftar 5 Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kekurangan Gizi – Pemenuhan gizi yang seimbang memiliki peranan yang sangat penting dalam menukung kinerja organ di dalam tubuh. Mengingat berbagai jenis nurisi tersebut menjadi sumber energi bagi tubuh untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dan menjaga sel tubuh tetap sehat. Sumber dari gizi seimbang itu sendiri berasal dari makanan yang dikonsumsi, sinar matahari, dan olahraga secara teratur.

Sebaliknya apabila kebutuhan nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi, hal ini menjadikan permasalahan sendiri. Hal tersebut dapat menyebabkan melebahnya atau kerusakan sel, apabila dibiarkan secara terus menerus hal ini akan menyebabkan penyakit fatal yang membahayakan tubuh. Untuk itu sangat penting bagi kita melakukan mencegahan dengan cara memenuhi gizi seimban dalam tubuh. Bahkan akan lebih baik lagi jika anda mampu mengikuti 10 pedoman gizi seimbang secara konsisten yang dicanangkan oleh pemerintah.

Jenis dari penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi saat ini telah banyak jenisnya. Meskiput sudah ditemukan cara dan obat untuk mengobati penyakit tersebut, akan tetapi menderita penyakit ini pasti akan menyakitkan dan merugikan baik secara psikis maupun financial. Bekankah lebih baik mencegah penyakit dari pada baru menderita dahulu kemudian baru mengobatinya. Berikut merupakan daftar penyakit yang disebabkan karena kurang terpenuhinya gizi yang masuk dalam tubuh yang dirngkum dalam artikel ini.

penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi
penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi

Daftar Penyakit Yang Disebabkan Kekurangan Gizi

Anemia

Penyakit ini sudah cukup populer kerena telah memiliki banyak penderita. Anemia terjadi kerena tubuh kekurangan kandungan zat besi di dalamnya. Zat besi sendiri merupakan zat yang digunakan untuk memproduksi sel darah merah. Apabila zat besi kurang secara otomatis jumlah darah dalam tubuh ikut berkurang. Padahal sel darah merah memiliki peranan yang sangat penting dalam mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Ciri-ciri seseorang menderita penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi ini adalah tubuh lemah lesu, kaki kesemutan, merasa letih, napsu makan menurun, pusing kepala, detak jantung lebih cepat dari keadaan normal, insomnia, pucat, dada sakit, dan kaki tangan dingin. Hal tersebut dapat dibantu mengatasi dengan mengkonsumi tablet tambah darah. Namun, akan lebih baik lagi jika anda rutin mengkonsumsi makanan sehat kaya zat besi. Makanan tersebut adalah ikan, tahu, telur, daging, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuan berdau hujau tua.

Beri-beri

Nama dari penyakit ini memang terlihat cukup unik. Namun, tukah anda jika Beri-beri merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin B1. Vitamin B1 sendiri memiliki peranan penting untuk menjaga fungsi dari sel saraf dan memiliki peran dalam penggunaan karbonhidrat yang memiliki funsi utama sebagai sumber energi bagi tubuh. Vitamin B1 dapat didapatkan dari makanan yang dikonsumsi dan suplemen. Jika anda menggunakan suplemen sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Makanan alami yang kaya akan kandungan vitamin B1 ini adalah susu, gandum, daging sapi, tuna, salmon, kacang-kacangan, dan beberapa sereal. Penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi ini dibagi menjadi dua yaitu basah dan kering. Beri-beri basah mempengaruhi keunerja jantung dan pembulu darah, sedngkan pada Beri-beri kering akan mempengaruhi kinerja pada sistem saraf.

Ciri dari beri-beri basah adalah sesak nafas saat beraktifitas, denyut jantung meningkat, bangun tidur malam hari dengan kondisi yang sesak nafas, bengkak pada kaki bagian bawah. Sedangkan untuk kering biasanya akam merasa kesemutan pada kaki dan tangan, fungsi otot kaki bagian bawah menurun hingga kesulitan berjalan, nyeri, muntah, dan gangguan pada pengelihatan.

Marasmus

Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan hampir semua nutrisi dan kalori dalam tubuh, terutama kalori yang berasal dari protein dan karbonhidrat. Penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi ini dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera diatasi. Maramus juga dapat diderita oleh usia anak-anak hingga orang dewasa, sehingga penyakit ini pantas untuk disebut penyakit yang tidak mengenal usia.

Ciri-ciri dari penderita penyakit ini antara lain tubuh kurus kering seperti tinggal kulit dan tulang dan hal tersebut tenunya membuat wajah menjadi terlihat seperti orang tua. Untuk itu perlu perhatian khusus bagi orang yang menderita penyakit ini. Asupan dan porsi makan harus sangat diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan dapat pulih kembali. Perlu penanganan dokter untuk membantu menyembuhkan dari penyakit ini.

Kwashiorkor

Penyakit ini terjadi karena kurangnya jumlah protein dalam tubuh. Zat protein sendiri memiliki peranan yang penting untuk memperbaiki, membangun, membuat metabolisme, mengangkut sel, dan zat bernutisi dalam tubuh. Penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi protein ini banyak diderita oleh masyarakat di negara berkembang. Kurang memperhatikan kesehatan diri dan banyak faktor lain yang ikut mempengaruhi. Penyakit ini dapat dicegah dan diobati dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi protein.

Ciri-ciri dari pnderita penyakit kwashiorkor antara lain adalah merasa kelelahan, perubahan warna rambut dan kulit, rusaknya sistem kekebalan tubuh, hilang massa otot, pembengkakan kulit bawah, mudah marah, susah meningkatkan berat badan, perut buncit, dan kulit ruam. Makanan yang tepat untuk penderita penyakit ini yang mengandung protein tinggi seperti telur, keju, susu, kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Skorbut

Penyakit ini sering juga disebut sebagai scurvy yang diakibatkan kerena kurangnya kandungan vitamin C di dalam tubuh. Vitamin C dalam tubuh memiliki fungsi penting sebagai kolagen yang dapat memperbaiki kerusakan pada kulit, tulang, dan gigi. Ciri-ciri dari penderita penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi ini adalah nyeri pada otot dan sendi, kelelahan, pendarahan dan pembengkakan pada gusi, munculnya bintik merah di kulit, hilangnya nafsu makan, demam, mual, dan diare.

Vitamin C ini didapatkan dari suplmen dan makanan yang dikonsumsi tubuh. Untuk suplemen vitamin C sendiri cukup mudah ditemukan di pasaran dan telah teruji aman untuk dikonsumsi sesuai dengan dosis yang telah tertulis. Sedangkan dari makanan sendiri vitamin C tinggi terdapat pada beberapa jenis buah dan sayur. Seperti jeruk, stroberi, cabai, brokoli, dan jambu. Apabila anda telah merasakan sakit skorbut ini secara parah akan jauh lebih baik jika anda memeriksakan kepada dokter untuk meminimalisir dampak lebih lanjut.

Simak artikel menarik lainnya disini.

Beberapa daftar jenis penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi ini hanya sebagian dari keseluruhan penyakit yang terjadi karena kekurangan atau gizi yang tidak seimbang atau yang sangat sering disebut sebagai malnutrisi. Memperhatikan kandungan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi merupakan langkah kecil yang dapat memberikan manfaat besar kepada diri kita.

Apabila anda merasakan gejala dari penyakit yang disebabkan oleh kekurangan gizi segeralah untuk melakukan pemeriksaan di dokter atau dapat juga, jika gejalanya masih ringan dengan mengatasi secara pribadi rasa sakitnya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Selalu lakukan hidup sehat dengan konsumsi makanan sehat dengn jumlah yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh yang mahal harganya.

About Aziza Linda Verra

Check Also

cara menghilangkan sesak di dada

11 Cara Menghilangkan Sesak di Dada yang Cepat Sembuhkan dan Mudah Dilakukan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sesak di dada mungkin menjadi hal yang belum diketahui oleh beberapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *