Ciri Khas Gejala Tipes dan Perbedaannya dengan Gelaja Thypoid Perlu Untuk Diketahui

By

Ciri khas gejala tipes dan perbedaannya dengan gelaja thypoid perlu untuk diketahui. Demam pada tipes atau juga penyakit thypoid ini merupakan penyakit yang seringsekali dialami oleh orang terutama di Indonesia. Penyakit ini bisa di alami oleh kalangan usia berapa saja baik itu dewasa maupun masih anak anak namun lebih rentan menyerang pada kalangan Anak usia 5 tahun ke atas. Demam ini disebabkan oleh kuman atau bakteri yang telah menempel pada makanan atau juga minuman yang sembarang.

Anda pasti sudah sering mendengarnya bahwa banyak orang yang mengidap penyakit tipes di berbagai macam tempat. Namun masih banyak yang bingung bahwa gejala tipes dan tipes termasuk penyakit yang sama atau berbeda. Penyakit thypoid atau juga sering dikenal dengan tipes merupakan penyakit yang dapat menular melalui banyak hal misal seperti melalui makanan, minuman atau juga pada orang yang sudah terinfeksi kuman tersebut.

Demam thypoid
Demam thypoid

Demam thypoid atau tipes bisa disebabkan oleh bakteri atau kuman salmonella typhi dan juga biasanya bakteri tersebut sering terdapat pada air yang telah terkontaminasi oleh feses atau juga urine serta bisa menempel pada makanan yang telah di konsumsi olah orang tersebut. Jika Anda sering mengonsumsi jajan atau mkanan sembarangan maka daya tahan tubuh Anda semakin menurun dan bisa saja mengakibatkan sakit tipes.Mengapa pada Anak kecil lebih renta diserang oleh penyakit ini? Karena daya tahan tubuh pada Anak kecil masih belum kuat seperti halnya dengan orang dewasa atau bisa juga karena pada Anak masih kurang menjaga kebersihannya secara baik.

Selain pada makanan atau juga minuman yang telah terkontaminasi oleh kuman salmonella typhi bisa juga dibebakan melalui kontak langsung dengan orang yang telah terinfeksi. Anda juga bisa tertular melalui makanan yang telah ditangani langsung oleh orang yang telah terinfeksi kuman tersebut. Bisa saja orang yang telah terinfeksi tersebut lupa melakukan cuci tangan setelah menggunakan barang yang menimbulkan banyak kuman atau setelah menggunakan toilet.

Jika Anda sudah tertelan bakteri tersebut yang telah terdapat di berbagai makanan atau minumannya yang sudah terkontaminasi maka bisa saja terjadi bakteri akan masuk ke dalam aliran darah Anda sendiri. Pada saat bakteri sudah menyerang alirang darah Anda maka Anda akan mulai mengalami gejala demam thypoid. Demam ini merupakan respon terhadap tubuh jika sudah mengetahui bahwa ada benda yang asing sudah mulai memasuki ke dalam tubuh Anda dan dapat membahayakan bagi kesehatan.

Klasifikasi antara tipes dan tifus

Kemudia bakteri itu masuk ke dalam kantong empedu melalui saluran empedu serta masuk pada jaringan limfatik usus. Nah di tempat itulah kuman atau bakteri dapat berkembang biak dengan jumlah yang sangat banyak. Bakteri atau kuman tersebut kemudian langsung masuk ke dalam usus sehingga jika melakukan pemeriksaan pada fefes maka akan terrlihat jelas di dalam tubuh mengandung bakteri yang bisa menyebabkan demam tipes ini.

Perbedaan antara gejala tipes dan tifus

Dengan dasar yang sama bahwa gejala tipes dan tipes membawa penyakit yang sama jenisnya. Persamaannya adalah sama sama disebabkan oleh bakteri salmonella typhi namun yang memberdakan yaitu hanya waktu pemeriksaan saja karena dokter lebih sering menyebutnya dengan gejala tipes. Untuk bisa mengatakan bahwa Anda sedang mengalami sakit tipes atau demam thypoid adalah perlu di diagnosis lebih lanjut lagi bisa menggunakan cara untuk mengikuti tes laboratorium yaitu tes sampel darah dan juga tes yang lainnya.

Anda biasanya bisa disebut mengalami tipes setalah waktu 1 sampai 2 minggu gejala tipes masuk ke dalam tubuh. Bakteri akan masuk melalui mulut namun bakteri juga menghabiskan waktu selama 1 sampai 3 minggu di dalam usus Anda. Lalu bakteri ini bisa saja masuk melalui aliran darah Anda sehingga dapat muncul pada dinding ususnya.

Pada demam thypoid dari aliran darah bisa juga menyebar ke dalam jaringan dan juga menyebar pada organ dalam tubuh Anda. Mungkin system kekebalan tubuhn Anda hanya biusa melawan sediki9t karena bakteri tersebuth sudah masuk dan hidup di bagian dalam sel tubh Anda. Maka dari itu sebelum terjadi hal tersebut harus lebih berhati hati sebelumnya supaya hal yang buruh dapat dicegah dengan baik.

Perbedaan antara tipes dengan tifus

Hal yang perlu Anda ingat yaitu harus bisa membedakan antara tipes dengan tifus karena masih banyak orang yang beranggapan penyakit ini sama. Penyebutan namanya memang mirip namun pengertiannya tentu saja berbeda maka banyak orang yang salah. Tipes atau serinhg dikenal dengan penyakit thypoid dapat disebabkan oleh infeksi bakteri atau juga kuman salmonella typhi pada bagian usus Anda. Sedangkan pada penyakit tifus adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau kuman ritkettsia thphi. Bakteri ini juga bisa di bawa oleh kutu atau juga bisa dibawa oleh tangau yang berada pada tikus yang kemudian bisa membawa infeksi pada manusia.

Gejala demam typhoid atau demam tipes sama dengan demam tifus yaitu sama sama memiliki demam cukup tinggi dan bisa dialami oleh semua kalangan orang terutama pada kalangan suai Anak 5 tahun ke atas. Nah sudah jelas bahwa yang bisa membedakan di antara penyakit itu yaitu bakterinya. Adapun gejala lainnnya yang muncul pada demamm tifus yaitu sering mengalami sakit perut, batuk kering , sakit kepala atau pusing sehingga juga bisa menyebabkan nyeri pada bagian otot.

Adapun berbagai macam contoh jenis demam tifus seperti di bawah ini.

  • Tifus epidemik

Hal ini disebabkan oleh bakteri yang sama seperti di atas namun yang menjadi perbedaan yaitu bakteri ini menular melalui gigitan kutu tersebut pada salah satu organ tubuh manusia. Jenis tifus ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan penyakit yang berat serta bisa juga menyebabkan terjadinya kematian.

  • Tifus endemik

Tifus jenis ini sama sering juga dikenal dengan tifus murine yang dapat disebabkan oleh bakteri rickettsia typhi yang dapat ditularkan oleh kutu juga namun hal ini ditularkan melalui kutu yang terdapat pada tikus. Penyakit ini mirip dengan tifus epidemik yang membedakan hanya lebih ringan daripada penyakit tersebut dan juga tidak menyebabkan terjadinya kematian. Bedanya dengan demam thypoid yaitu sama seperti tifus yang lainnya.

  • Scrub tifus

Faktor penyebabnya yaitu dapat ditularkan melalui gigitan tungau yang dapat hidup pada hewan. Penyakit ini bisa menyerang manusia serta dapat menyerang dengan tibgkat dari yang ringan sampai bisa juga membawa pada tingkat yang sangat berat.

Nah dari penjelasaan di atas tentu sangat jelas sekali perbedaannya antara demam thypoid atau demam tipes dengan demam tifus. Maka dari itu harus bisa memahaminya dengan baik supaya tidak terjadi kesalahan yang berakibatkan fatal. Mungkin artikel ini bisa menambah pengetahuan bagi para pembacanya dan dapat dipahami dengan baik.

Tinggalkan komentar