9 Ciri Kehamilan Sehat Pada Trimester Awal, Anda Wajib Tahu!

Sumbersehat.com – Bulan-bulan pertama kehamilan bisa menjadi sangat sulit bagi ibu hamil. Selain itu, anda harus tahu akan ciri kehamilan sehat pada trimester pertama. Sehingga, anda bisa mengambil langkah tepat saat beraktivitas sehari-hari.

Jika itu adalah kehamilan pertama, sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter karena pastinya akan banyak perubahan tubuh yang tidak anda mengerti. Selain itu, anda juga wajib tahu makanan sehat untuk bumil yang tepat saat trimester pertama.

Dengan begitu, anda bisa mewujudkan hamil sehat sampai melahirkan. Bagi yang sedang dalam kehamilan pertama kali, bisa simak ulasan berikut tentang tanda kehamilan sehat pada trimester pertama!

Inilah Ciri Kehamilan Sehat Pada Trimester Pertama

Ada beberapa tanda kehamilan sehat yang wajib diketahui para bumil agar tisak salah beraktivitas, meliputi:

Anda lelah

Selama trimester pertama kehamilan pertama saya, anda akan merasakan kelelahan yang sangat. Banyak wanita merasa lelah di awal kehamilan sebelum perutnya kelihatan buncit. Tidak ada yang tahu 100 persen mengapa wanita di awal kehamilan mengalami kelelahan ekstrem.

Tetapi diperkirakan karena perubahan hormon yang drastis bisa menjadi faktor penyebabnya. Kelelahan merupakan ciri kehamilan sehat pertama pada trimester awal. Jadi, jika anda merasa kelelahan itu sangat wajar.

Payudara Anda Besar dan Nyeri

Seperti yang dikatakan para orang tua kita bahwa payudara membesar dan nyeri merupakan ciri hamil sehat 1 bulan. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron dan hcG setelah dibuahi. Sehingga meningkatkan volume darah, membuat payudara anda terasa sangat kencang.

Sembelit

Ciri-ciri kehamilan sehat 1 bulan berikutnya adalah peningkatan hormon kehamilan, yaitu progesteron, menyebabkan kontraksi otot di usus melambat. Sayangnya, sembelit kadang menyebabkan wasir, atau pembengkakan pembuluh darah di dubur atau anus. Namun, itu wajar dan perlu ditakuti.

Perut kembung dan mengembang

Pada bulan pertama, anda memang belum memiliki gundukan bayi, tapi anda akan merasakan perut kembung dan mengembang. Kondisi ini terkait dengan hormon kehamilan yang dapat memperlambat pencernaan, yang pada gilirannya menyebabkan kembung yang signifikan.

Tekanan berlebih pada perut dan rahim, dapat membuat otot bagian bawah anda tegang. Itu menyebabkan anda mengeluarkan gas secara rutin dan itu wajar karena merupakan ciri kehamilan trimester awal.

Merasa mual sepanjang hari

Mual kehamilan dapat terjadi pagi, siang, dan malam dan itu termasuk ciri-ciri hamil sehat 1 bulan sampai 3 bulan. Saat mengalami kondisi ini, anda akan terganggu dan bahkan tidak bisa mengonsumsi sembarang makanan. Namun, anda perlu khawatir jika kehilangan berat badan dengan cepat.

Sensitif pada bau-bauan dan makanan

Rasa mual selama masa kehamilan awal dapat dipicu karena indra penciuman anda sensitive terhadap bau-bauhan. Ini berkaitan dengan morning sickness, tapi tetap menjadi ciri kehamilan sehat 1 bulan sampai 3 bulan.

Anda mengidam

Mengidam juga termasuk ciri kehamilan sehat pada trimester awal. Anda mungkin ingin makan-makanan yang asam, atau makanan yang tidak pernah anda makan sebelumnya. Saat anda menginginkan suatu makanan, maka harus tercapai. Anda tak perlu khawatir akan hal tersebut.

Debit vagina tebal

Cairan tebal, susu, putih, atau leukorea, adalah gejala kehamilan sehat yang umum. Menurut What To Expect, keputihan disebabkan oleh tubuh anda memproduksi banyak estrogen di awal kehamilan. Akibatnya, anda mengalami peningkatan aliran darah ke area panggul dan selaput lendir tubuh Anda terstimulasi.

Keluarnya sangat normal, tetapi jika memiliki bau yang berbau busuk, atau berwarna hijau atau kuning. Itu mungkin merupakan tanda infeksi dan seperti yang direkomendasikan, anda harus menghubungi dokter anda.

Baca juga : Sakit Tenggorokan, Ini 20 Gejala, Penyebab dan Pencegahannya yang Wajib Anda Tahu!

Sering kencing

Selanjutnya, ciri hamil sehat 1 bulan adalah sering buang air kecil. Itu normal karena mungkin bayi anda yang sedang tubuh di rahim dapat menekan segala sesuatu di dekatnya.

Sembilan ciri-ciri kehamilan sehat pada trimester awal harus anda tahu, terlebih lagi jika ini kehamilan pertama. Dengan begitu, anda tahu kapan harus khawatir dan ke dokter, kapan tidak.

Sebaiknya pula, perlu konsultasi secara detail kepada dokter kandungan yang merawat anda. Ibu hamil sehat akan melahirkan dengan selamat. Meskipun susah, anda harus menikmati semua proses kehamilan.

Semoga informasi tentang ciri kehamilan sehat ini bisa bermanfaat dan nantikan info bumil lainnya di Sumber Sehat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

olahraga sehat pagi hari

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Dapat Mencegah Penyakit Jantung

7 Daftar Olahraga Sehat Pagi Hari Dapat Mencegah Penyakit Jantung – Penyakit mematikan seperti jantung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *