Mengenal Ciri-Ciri Vertigo, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Sumbersehat.com – Bagi penderita sakit kepala, harus tahu ciri-ciri vertigo karena bisa saja yang diderita adalah vertigo. Vertigo merupakan suatu kondisi saat Anda merasa pusing hingga sekeliling berputar. Kondisi ini hanya salah satu ciri-ciri vertigo yang dapat Anda kenali dengan mudah.  

Pada penderita vertigo ringan, gejala pusing hanya terjadi beberapa menit saja dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Sebaliknya, vertigo berat atau parah terjadi dalam waktu yang cukup lama dan tentu saja menganggu aktivitas Anda. Berikut ulasan lengkap tentang ciri-ciri vertigo, penyebab dan cara mengatasinya!

Inilah Ciri-Ciri Vertigo, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Untuk mengetahui lebih jelas tentang vertigo, simak penjelasan di bawah ini:

Ciri-Ciri Vertigo

Vertigo dapat terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Ciri-ciri vertigo atau gejala vertigo juga tidak ada bedanya pada setiap umur. Selain kepala pusing terasa berputar dan melayang, Anda akan mengalami gejala lain yang beragam.

Baca juga : Kenali 9 Jenis Penyakit Cancer yang Menyerang Wanita

Saat kepala terasa pusing, telinga berdengung hingga pendengaran hilang sesaat. Kondisi ini membuat perut terasa mual dan muntah disertai dengan keluarnya keringat. Muntah yang berkepanjangan membuat Anda kehilangan energi sehingga badan terasa lemas. Akibatnya, Anda tidak kuat berdiri, jatuh, dan pingsan. 

Penyebab Vertigo

Setelah membahas tentang ciri-ciri vertigo, selanjutnya kita bahas tentang penyebab vertigo. Pemicu vertigo yang utama adalah gangguan pada telinga bagian dalam, Namun, selain itu masih ada beberapa penyebab lain pada vertigo, diantaranya.

  • Sakit kepala sebelah
  • Perubahan posisi dan gerakan kepala
  • Riwayat cedera kepala
  • Penyakit Meniere
  • Stroke
  • Diabetes
  • Multiple schlerosis
  • Tumor otak
  • Neura akustik
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Cara Mengatasi Vertigo

Setelah memastikan bahwa penyakit anda itu vertigo dengan memperhatikan ciri-ciri vertigo dan ke dokter, anda pun harus tahu cara mengatasinya. Selain dengan cara medis, cara mengatasi vertigo alami juga bisa mendukung penyembuhan segara.

Vertigo bisa diatasi dengan tanpa obat yaitu dengan gerakan tubuh dan bahan-bahan alami. Berikut cara mengatasi vertigo yang dapat Anda lakukan di rumah dengan mudah:

Manuver epley

Karena ciri-ciri vertigo yang anda alami itu pusing, maka cara mengatasinya hampir sama dengan mengatasi kepala pusing. Langkahnya, duduk di tempat tidur dengan badan tegak, terutama di bagian pinggir kasur. Selanjutnya putar kepala membentuk 45 derajat ke arah kiri.

Tekuk kepala hingga mendekati bahu dan letakkan bantal di bawahnya. Baringkan badan secara perlahan dengan bantal berada di bawah bahu dan kepala tetap membentuk 45 derajat. Tahan selama 30 menit hingga sakit kepala berkurang.

Saat kondisi berbaring, putar kepala membentuk susut 90 derajat ke arah kanan dan tahan selama 30 detik. Putar tubuh dan kepala dari sisi kiri ke kanan dan tahan selama 30 detik. Bangun dan duduk lagi secara perlahan dengan tetap berada di atas tempat tidur.  

Latihan Brandt-Dariff

Duduk di tempat tidur dengan badan tegak dan miringkan kepala membentuk sudut 45 derajat. Kepala miring ke arah telinga yang menjadi sumber vertigo dan baringkan badan ke sisi berlawanan dari arah kepala. Tahan selama 30 detik atau sampai sakit kepala berkurang. Selanjutnya, duduk dengan hati-hati menghadap ke arah depan.

Daun Cocor Bebek

Anda bisa meredakan gejala vertigo atau ciri-ciri vertigo dengan daun cocor bebek. Daun ini mudah anda dapatkan di area yang berair. Cocor bebek mengandung flavonoid yang dapat mengatasi virus dan radikal bebas.

Baca juga : 5 Cara Mengobati Penyakit Benjolan pada Dubur secara Alami

Cara mengatasi vertigo dengan daun cocor bebek adalah membuat ramuan. konsumsi cocor bebek dengan memblender 10 sampai 15 helai daun sampai halus. Tambahkan sedikit garam dan oleskan pada bagian dahi hingga pelipis. Lakukan sebanyak 1 sampai 2 kali sehari sampai kepala tidak terasa berputar lagi.

Minum Teh Jahe

Selanjutnya, ciri-ciri vertigo seperti pusing dan mual, bisa diatasi dengan konsumsi teh jaher atau teh yang mengandung mint. Cara mengatasi vertigo dengan jahe adalah membuat ramuan teh jahe.

Bersihkan dan rebus 1 inchi jahe ke dalam dua gelas air selama 5 menit. Saring dan minum air rebusan jahe tanpa ampas. Agar rasanya lebih enak, Anda bisa menambahkan teh jahe dengan madu dan daun mint.

Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba dipercaya dapat mengobati vertigo sebab melancarkan peredaran darah. Cara mengatasi vertigo dengan ginko biloba adalah dengan menyeduh ginkgo bibola kering dalm air panas. Ramuan ini dapat Anda temukan dengan mudah di apotek.

Itulah ciri-ciri vertigo, penyebab, dan cara mengatasinya yang harus Anda ketahui. Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda tahu apa yang harus dilakukan saat keluarga atau Anda sendiri mengalami sakit kepala vertigo.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara mengatasi sakit kepala sebelah

8 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat, Coba Yuk!

sumbersehat.com – Cara mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat, sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, penggunaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *