Pengertian, Penyebab dan Ciri-Ciri GERD Kambuh!

Sumbersehat.com – Ciri-ciri GERD kambuh perlu diketahui oleh banyak orang agar bisa mewaspadai ketika mengalami gangguan kesehatan yang satu ini. Bagi sebagian orang penyakit yang satu ini cukup asing. Karena jika kita menyebutkan penyakit pada lambung maka sebagian besar akan mengetahuinya sebagai penyakit maag.

Penyakit yang satu ini dapat menyerang laki-laki maupun perempuan namun ada beberapa kriteria orang yang cukup rentan terkena GERD. Adapun orang yang rentan adalah orang dengan gangguan jaringan ikat, ibu hamil, orang yang obesitas, dan perokok aktif. Sebelum membahas ciri-ciri GERD kambuh, kita bahas dulu apa itu GERD?

Apa Itu GERD

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) adalah suatu gangguan pencernaan yang diakibatkan oleh lemahnya katup kerongkongan bawah, sehingga menimbulkan gejala refluks lambung. Refluks sendiri merupakan suatu kondisi di mana cairan asam lambung bocor mengalir naik hingga ke kerongkongan.

Kerongkongan akan terkikis dan teriritasi jika hal ini sampai terjadi. Kemudian akan muncul rasa asam di mulut hingga merasakan nyeri dan panas di ulu hati. Jadi, tak heran kalau penderita GERD merasakan rasa nyeri dan panas pada bagian ulu hatinya.

Baca juga : Jangan Panik, Begini 7 Cara Mengobati Masuk Angin pada Bayi

Jika refluks terjadi sebanyak 2-3 kali dalam sebulan maka dikatakan sebagai GERD ringan. Namun jika lebih dari itu bahkan asam lambung naik dalam seminggu sekali, maka bisa dikatakan GERD berat. Setelah paham tentang pengertian gerd, anda juga perlu tahu tentang penyebab GERD.

Penyebab GERD yang Dapat Menyerang Tubuh Seseorang

Ada beberapa penyebab GERD yang dapat anda hindari. Mulai dari berbaring setelah makan maupun makan-makanan jenis tertentu yang dapat memicu munculnya asam lambung naik maka berhati-hatilah. Karena kebiasaan-kebiasaan tidak baik tersebut dapat memicu terjadinya GERD.

Namun, penyebab utama GERD kambuh adalah ketika katup kerongkongan bagian bawah mulai melemah dan terbuka dengan sendirinya pada kondisi tertentu. Biasanya katup tersebut hanya terbuka ketika akan ada makanan yang masuk. Tapi bagi penderita GERD, terbuka sendiri walaupun tidak ada makanan masuk.

Hal inilah yang memicu asam lambung kemudian dengan mudah berbalik naik ke kerongkongan. Akibatnya lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi hingga peradangan jika kondisi seperti ini terjadi secara terus menerus. Oleh karena itu, penting sekali mengetahui ciri-ciri GERD kambuh atau gejala GERD.

Ciri-Ciri GERD Kambuh

Berikut ini merupakan ciri-ciri GERD kambuh yang harus Anda ketahui:

Sensasi Terbakar pada Ulu Hati dan Dada

Seperti yang kita ketahui, bahwasanya GERD merupakan kebocoran asam lambung yang kemudian cairan tersebut bergerak ke kerongkongan. Hal ini mengakibatkan sensasi terbakar pada ulu hati dan dada bahkan dapat menyebar hingga ke perut dan punggung.

Ketika Anda selesai makan, sensasi ulu hati dan dada terbakar akan semakin memburuk dan itulah ciri-ciri GERD kambuh yang paling utama. Kalau anda merasakan gejala GERD ini segara untuk melakukan pengecekan kesehatan kepada dokter.

Makanan yang Terasa Tercekat di Kerongkongan

Ciri-ciri GERD kambuh yang selanjutnya adalah Anda akan merasakan makanan yang Anda telan seperti tersangkut di dalam kerongkongan. Hingga sulit menelan dan bisa sampai cegukan.

Munculnya Rasa Asam dan Pahit yang Muncul di Mulut

Hal ini dikarenakan cairan yang ada di dalam perut naik menuju ke mulut. Suara juga serak dan disertai dengan sakit tenggorokan. Bahkan, ada pula yang mual dan muntah. Ini termasuk gejala GERD yang perlu penanganan cepat, jadi Anda harus ke dokter untuk mendapatkan solusinya.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Sakit Leher dengan Mudah dan Ampuh di Rumah

Gangguan tidur

Tidur terganggu merupakan ciri-ciri GERD yang sering dialami oleh penderita. Penderita GERD akan kesulitan tidur, tidur sebentar bangun lagi dan gangguan tidur lainnya. Jika tidak segera diatasi, bisa menimbulkan penyakit lain.

Terjadi Kerusakan Gigi dan Bau Mulut

Asam lambung yang naik bisa mengenai gigi dan akibatnya, gigi rusak. Kalau hal ini terjadi terus-menerus, penderita bisa kehilangan banyak gigi dan tidak bisa makan dengan nyaman. Selain gigi yag rusak, penderita juga mengalami bau mulut tak sedap.

Itulah pengertian, penyebab dan ciri-ciri GERD kambuh. Setelah Anda mengetahuinya, maka yang harus Anda lakukan adalah segera lakukan pengecekan kesehatan. Hal ini bertujuan agar GERD tidak bertambah parah dan dapat segera teratasi dengan baik.

Jika gejala GERD dirasa sudah semakin parah yang biasanya ditandai dengan menyebarnya rasa nyeri hingga ke rahang. Lalu, disertai dengan sesak napas, maka segeralah ke pusat kesehatan terdekat atau yang biasa menangani anda. Karena bisa saja gejala tersebut sudah mengarah ke penyakit serangan jantung.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab telapak tangan bengkak sering disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya karena faktor peradangan, penumpukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *