12 Ciri Ciri Diabetes yang Jarang Sekali Orang Sadari

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya dan mematikan. Berdasarkan informasi datanya, Indonesia jadi negara ketiga penyumbang Kematian akibat diabetes sebanyak 6,7% setelah jantung dan stroke. Kurangnya kesadaran dan pemahaman masyarakat akan ciri ciri diabetes ini menjadi salah  satu penyebabnya hingga mengakibatkan lambatnya penanganan yang dilakukan medis.

Sebenarnya ada banyak sekali ciri ciri yang bisa kita kenal dari penyakit diabetes ini. Buat anda yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa ciri-cirinya yang masih banyak orang belum mengetahuinya dengan baik.

1. Bengkak Pada Gusi

Salah satu cara paling mudah yang dapat digunakan untuk mengenali ciri ciri diabetes adalah seringnya bengkak pada bagian gusi. Pembengkakan ini biasanya terjadi karena infeksi bakteri pada mulut. Lebih  mudahnya lagi, hal ini biasanya mengakibatkan gusi jadi sering berdarah pada saat sikat gigi.

Jika anda saat ini mengalami hal tersebut, maka sebaiknya anda waspada. Karena hal tersebut merupakan salah satu faktor dan gejala diabetes dini.

2. Infeksi Jamur Pada Kaki

Selain terjadi pembengkakan pada bagian gusi, orang yang menderita diabetes juga dapat kita kenali dari infeksi yang di akibatkan oleh jamur ataupun bakteri. Biasanya gejala ini terjadi pada bagian kaki yang melepuh dan seperti ada yang memakan di sela-sela jari kaki.

Hal ini termasuk salah satu ciri ciri penyakit diabetes. Hal ini diakibatkan karena tingginya kadar gula dalam tubuh dan rendahnya respon imun tubuh untuk melawan infeksi yang di akibatkan oleh infeksi bakteri.

3. Sering Merasa Lemas

Jika anda sering merasa lemas ketika aktivitas harian, maka anda harus berhati-hati karena bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu ciri ciri diabetes. Ada 2 kemungkinan yang anda alami jika anda sering merasa lemas yaitu karena kadar gula dalam tubuh yang terlalu tinggi atau karena kadar gula dalam tubuh anda yang terlalu rendah.

4. Sering Kesemutan

Kesemutan adalah penyakit yang sering kali orang alami, bahkan hampir semua orang pernah mengalami hal tersebut. Biasanya terjadi pada saat kelamaan duduk ataupun karena posisi duduk yang salah dan terpaku pada satu gaya duduk.

Namun kesemutan yang menjadi ciri ciri penyakit diabetes ini berbeda dengan kesemutan yang kebanyakan orang sering alami. Kesemutan orang yang memiliki penyakit diabetes adalah berlangsung dalam waktu yang lama serta sering sekali terjadi secara berulang.

5. Penurunan Penglihatan

Hal lain yang bisa menjadi ciri ciri diabetes  adalah terjadinya gangguan pada penglihatan anda. Walaupun usia anda masih terbilang masih muda dan belum seharusnya penglihatan terganggu, namun waspadalah hal tersebut merupakan salah satu indikasi diabetes. Penurunan penglihatan ini adalah karena glukosa yang merusak syarat-syarat penglihatan anda sehingga penglihatan anda akan menjadi buram dan kabur bahkan sejak usia muda.

6. Luka Susah Sembuh

Salah satu gejala paling umum ditemukan dari pasien yang mengalami masalah penyakit diabetes adalah sulitnya sembuh ketika mengalami luka. Bahkan hal ini bukan hanya terjadi pada luka besar saja. Jika anda mengalami goresan, luka memar ataupun luka kecil lainnya, sangat sulit sekali untuk sembuh dan menutup luka.

Rupanya hal ini dikarenakan kadar gula yang membuat pembuluh darah arteri yang menyempit dan mengeras. Hal inilah yang menyebabkan proses penyembuhan luka menjadi lebih lambat. Aliran oksigen dari jantung menuju seluruh tubuh menjadi terhambat.

7. Kulit Mudah Kering

Salah satu gejala dan ciri ciri penyakit diabetes yang paling umum dan sering ditemukan adalah  kulit kering. Bahkan ini terjadi kepada mayoritas orang yang menderita masalah diabetes. Beberapa masalah kulit kering yang dialami oleh para penderita diabetes adalah seperti kulit yang menjadi gatal, bersisik, kering, atau bahkan pecah-pecah.

Menurut American Diabetes Association mengemukakan bahwa ternyata masalah kulit ini adalah masalah yang paling umum terjadi pada orang yang menderita diabetes. 1 dari 3 orang bahkan mengalami masalah kulit semacam ini ketika mereka mengalami penyakit diabetes.

8. Berat Badan Turun Derastis

Mengalami penurunan berat badan mayoritas orang akan merasa senang, apalagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Namun jangan senang dulu, karena ternyata menurunnya berat badan secara drastis ternyata merupakan ciri ciri penyakit diabetes. Namun berbeda dengan penurunan berat badan biasanya. Penurunan berat badan orang yang kena diabetes  turun hingga 5% dari total berat badannya bahkan lebih.

9. Cepat Merasa Lapar

Merasa lapar tentunya merupakan hal biasa dan semua orang pasti merasakan hal tersebut. Namun tahukah anda bahwa hal ini ternyata merupakan ciri ciri diabetes lho. Rasa lapar yang teratur mungkin wajar, namun orang yang memiliki penyakit diabetes akan memiliki rasa lapar yang jauh lebih cepat ketimbang orang biasa. Bahkan dalam hitung jam saja dia cepat merasakan lapar.

10. Selalu Haus

Merasa haus juga termasuk salah saut ciri orang yang menderita penyakit diabetes. Orang yang menderita diabetes akan lebih mudah haus bahkan dengan frekuensi yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan tubuh orang yang memiliki penyakit diabetes membutuhkan air lebih banyak untuk menggantikan cairan yang keluar lewat urin.

11. Sering Buang Air Kecil

Apa anda saat ini sering buang air kecil bahkan dalam waktu yang berdekatan. Tahukah anda bahwa itu merupakan salah satu masalah dan gejala diabetes lho. Kenapa demikian? Orang yang menderita diabetes gula darah atau glukosa akan menumpuk dalam darah.

Hal tersebut akan memaksa ginjal untuk bekerja dengan ekstra hingga yang dihasilkan adalah urin yang lebih banyak keluar. Maka tidak heran jika orang yang diabetes lebih intent buang  air kecil ketimbang orang normal.

12. Mudah Tersinggung

Secara emosional orang yang menderita diabetes ternyata juga mudah marah lho. Penyakit diabetes dapat menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan yang berlebih sehingga akan membuat penderitanya akan lebih mudah merasa emosi.  Menurut beberapa hasil studi di Amerika menyebutkan bahwa orang yang memiliki penyakit diabetes akan lebih mudah marah. Secara ilmiah ini membuktikan bahwa mudah tersinggung termasuk ciri ciri diabetes.

13. Sering Infeksi di Vagina

Bukan hanya mudah infeksi pada area kulit dan tubuh saja, salah satu gejala dan ciri seseorang mengalami diabetes adalah seringnya infeksi pada area vagina. Ini biasanya memang hanya terjadi pada perempuan. Hal ini terjadi tidak seperti biasanya atau infeksi yang tidak normal. Biasanya hanya dari masalah gesekan pada celana dalam namun bisa timbul luka besar.

14. Disfungsi Ereksi

Menurut beberapa hasil penelitian, disfungsi ereksi atau impoten juga merupakan salah satu masalah, gejala atau ciri ciri orang mengalami diabetes. Mayoritas pria yang memiliki masalah penyakit  diabetes juga memiliki penyakit impotensi atau disfungsi ereksi.

Jika anda, saudara atau teman anda sendiri sering marah-marah tidak jelas, maka  jangan heran hal tersebut mungkin merupakan salah satu masalah dan gejala diabetes . Karena mudah marah merupakan ciri ciri orang yang memiliki penyakit diabetes.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

9 Penyebab Telapak Tangan Bengkak dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Penyebab telapak tangan bengkak sering disebabkan oleh banyak faktor, beberapa diantaranya karena faktor peradangan, penumpukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *