Ciri – Ciri Anak dengan Kesehatan Jasmani dan Rohani yang Baik

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang sehat dan tumbuh dengan baik. Kesehatan ini bukan hanya dari segi fisik atau tampilan luar saja, melainkan juga dari kesehatan rohaninya. Keduanya haruslah seimbang, agar mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik ketika ia beranjak dewasa dan demi masa depannya. Maka dari itu, seringkali kita menjumpai banyak orang tua merasa khawatir karena tak tahu ciri-ciri anak dengan kesehatan jasmani dan rohani yang baik.

Apalagi, fisik yang sehat akan memberikan kemampuan pada anak untuk bisa menyesuaikan diri dengan beragam aktivitasnya. Contohnya saja kebugaran dan kemampuan dalam menjalani hari-hari dengan baik. Sementara untuk kesehatan rohani, berkaitan cukup erat dengan pikiran, jiwa, mental, hati, maupun perasaan. Sehingga tentu saja rohani seseorang tidak bisa dilihat begitu saja lewat panca indra. Kemampuan rohani ini hanya bisa didapatkan dengan perasaan, kemampuan berpikir, mengingat, pamahaman, dan lain sebagainya.

Kesehatan jasmani dan rohani
Kesehatan jasmani dan rohani

Kesehatan jasmani dan rohani haruslah dipupuk sejak anak masih berusia dini. Mengingat kesehatan tidak bisa datang tiba-tiba ketika anak beranjak dewasa. Sebagai orang tua, mungkin saja Anda penasaran dan merasa khawatir dengan kesehatan anak. Anda bertanya-tanya apakah jasmani dan rohani anak dalam keadaan yang senantiasa sehat. Nah, supaya mengetahui kondisinya, sebaiknya simak ciri-ciri anak yang sehat jasmani dan rohani berikut ini!

Ciri Anak yang Sehat Jasmani

1. Anak aktif dalam melakukan berbagai aktivitas fisik

Aktivitas fisik erat kaitannya dengan gerak tubuh, di mana efeknya akan membuat pembakaran energi menjadi maksimal. Dengan begitu, makanan yang dikonsumsi anak akan diolah secara sempurna di dalam tubuh. Aktifitas fisik anak bisa berupa bermain, lari-larian, bermain sepeda, dan aktifitas dengan gerakan aktif lainnya. Selain itu juga ditandai dengan kemampuan anak dalam bekerja sama, tidak mudah lelah, serta menyukai kegiatan yang membutuhkan banyak pergerakan.

Anak yang aktif tentunya juga bisa merangsang kesehatan fisik atau jasmani yang lebih baik. Contohnya saja seperti memicu kesehatan jantung, paru-paru, tulang, otot, serta mencegah terjadinya obesitas pada anak. Dengan demikian, anak dengan kesehatan jasmani dan rohani yang baik dinilai memiliki resiko gangguan kesehatan yang lebih rendah. Dampaknya, kualitas hidup anak juga akan meningkat dan jadi lebih baik.

2. Pertumbuhan fisik yang baik

Pertumbuhan fisik anak pastinya akan selalu diperhatikan oleh orang tua. Bahkan setiap terjadi perubahan, orangtua pasti akan selalu mengetahuinya hingga sedetail mungkin. Nah, perlu Anda tahu juga nih bahwa anak dengan pertumbuhan fisik yang baik akan memiliki berat dan tinggi badan yang normal dan proporsional. Anda mungkin pernah mendengar, jika anak dalam kondisi subur alias gemuk berarti dia dinilai cukup sehat. Padahal sebenarnya kondisi kesehatannya tidak cukup bagus, sehingga sistem metabolisme tubuh terhambat dan terjadi penumpukan lemak.

Yang dimaksud kesehatan jasmani dan rohani baik dalam hal pertumbuhan fisik ini adalah anak tumbuh tanpa mengalami gangguan sesuai grafik pertumbuhan. Seperti pada anak perempuan berusia 11 – 14 tahun, seharusnya mereka mengalami pertumbuhan yang cukup pesat di usia tersebut. Pada anak laki-laki, pertumbuhan yang cukup pesat normalnya dirasakan ketika umur 10 hingga 14 tahun. Selain itu, Anda juga perlu tahu bahwa pertumbuhan anak juga akan berlanjut hingga usia anak mencapai 20 tahun.

3. Memiliki tampilan fisik yang terawat dan sehat

Pernahkah anda melihat anak yang tampilannya terlihat berantakan dan kondisi fisiknya tidak cukup terawat? Sebagai orang tua, Anda perlu tahu bahwa kondisi tersebut bisa menjadi indikasi bahwa anak tidak sedang dalam keadaan baik. Namun yang dimaksud dengan berantakan dan tidak terawat di sini, bukanlah lantaran ia bermain kotor-kotoran ataupun berkeringat. Melainkan tampilan fisik yang dinilai tidak sehat seperti layaknya anak seusianya.

Gangguan kesehatan jasmani dan rohani terkait tampilan fisik ini, contohnya seperti terjadinya kerontokan, kuku panjang dan kotor, hingga kulit dan bibir yang kering. Sementara pada anak balita, tak jarang pula dijumpai kondisi kulit kepala yang bersisik, lidah putih akibat jamur, ataupun daki yang terlihat menempel. Padahal anak yang memiliki kondisi sehat dan terawat, seharusnya menunjukkan banyak ciri-ciri fisik. Misalnya saja memiliki kulit, rambut, ataupun gigi sehat yang ditandai dengan gigi terlihat putih bersih tanpa adanya karang gigi.

4. Memiliki nafsu makan yang cukup baik

Pernahkah Anda menjumpai anak yang cukup sulit untuk disuruh makan sehingga orang tuanya kewalahan? Beberapa anak memang kerap kali dianggap kurang antusias dan tak tampak lahap dalam memakan makanannya. Hal ini bisa saja ditandai dengan tidak menghabiskan makanan, gangguan mengunyah, ataupun terlihat tidak berselera ketika makan. Sementara anak yang memiliki nafsu makan yang baik, ditandai dengan terlihat antusias ketika diajak makan, menghabiskan makanan yang disukai, serta tak tampak kurus kering.

5. Anak cukup responsif

Ciri selanjutnya jika anak memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik, yakni terkait kemampuannya dalam menunjukkan respon terhadap sesuatu hal. Saat anak diajak berbicara, mereka akan mampu menunjukkan respon dengan berbagai cara. Misalnya saja melihat orang yang memanggilnya, memberikan senyuman, menangis, malu, ataupun menjawab panggilannya. Respon anak ini tentunya bisa dilatih lewat seringnya mengajak anak berkomunikasi, bicara, ataupun bermain bersama.

Ciri Anak yang Sehat Rohani

1. Emosi stabil

Anak yang memiliki kesehatan mental baik, mereka akan menunjukkan perilaku sopan atau beretika, serta tidak mudah marah. Pasalnya mereka cenderung memiliki emosi yang stabil, sehingga tidak akan bersedih ataupun menangis dalam waktu lama. Alih-alih menunjukkan sikap yang agresif ataupun tantrum, justru mereka terlihat bisa mengendalikan emosinya dengan baik. Mereka tahu di mana waktunya dan kepada siapa harus menempatkan emosi.

2. Sikap yang positif

Ciri anak yang memiliki kesehatan jasmani dan rohani selanjutnya adalah melalui sikap positif yang ditunjukkannya. Sikap positif ini bisa ditunjukkan lewat keceriaan, semangat, percaya diri, serta kemandiriannya dalam melakukan kegiatan. Selain itu, anak juga cenderung bisa menempatkan diri dalam pergaulan. Mereka akan tampak mandiri dan bisa dengan mudah mencari teman, tanpa harus mendapatkan bantuan dari orang tuanya.

Jadi sebagai orang tua, jangan cemas jika melihat anak mudah mencari teman dan cukup aktif dalam lingkungan sosialnya. Hal ini menjadi ciri bahwa anak Anda memiliki kesehatan yang cukup baik. Namun tentu saja bukan hal mudah membuat anak memiliki mental sehat dan senantiasa positif. Diperlukan peran orang tua dan didikan yang baik untuk melatih mental anak.

3. Konsentrasi yang baik

Ketika melakukan setiap aktifitas entah itu bermain, membantu orang tua, hingga belajar, anak akan mampu fokus pada satu hal. Efek memiliki kesehatan jasmani dan rohani ini, anak akan maksimal dalam mengerjakan segala sesuatu. Karena tak jarang beberapa anak selalu mengalami gangguan fokus ketika melakukan sesuatu. Contohnya ketika makan, anak sering terganggu banyak hal seperti menonton TV, bermain, berbicara, ataupun melakukan hal-hal tak penting lainnya.

About Aziza Linda Verra

Check Also

olahraga sehat penurun berat badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan

Diet Dengan Mengatur pola Makan dan Melakukan 5 Olahraga Sehat Penurun Berat Badan – diet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *