Kenali 9 Ciri Bayi Dehidrasi Berikut Sebelum Makin Parah

Tahukah anda bahwa ternyata bayi lebih rentan terkena dehidrasi lho ketimbang orang dewasa. Bahkan bayi memiliki risiko 2 kali lebih tinggi terkena dehidrasi ketimbang orang dewasa. Namun tahukah anda seperti apa bayi yang mengalami dehidrasi? Sudah tahukah anda ciri ciri bayi dehidrasi?

Anda yang baru memiliki anak pertama pasti tidak begitu paham akan hal ini. Nah berikut ini adalah beberapa tanda-tanda yang ada pada bayi jika ia mengalami dehindrasi.

1. Kurang Aktif

Jangan merasa senang ketika bayi tidak aktif, sebaliknya anda justru harus merasa khawatir. Karena sifat aktif memang sudah kudratnya seorang bayi. Bayi yang tadinya aktif lalu tiba-tiba tampak lesu dan tidak bergairah serta seperti mengantuk maka hal tersebut menandakan bahwa bayi anda mengalami masalah.

Salah satu masalah yang mungkin dialaminya adalah terkena dehidrasi. Bayi yang mengalami dehidrasi biasanya memang bisa dilihat dari tingkah lakunya. Bayi yang mengalami dehidrasi akan merasa lemas dan mudah sekali ngantuk. Jika biasanya ia aktif, maka ia akan banyak diam dan arang aktif.

2. Tidak Mengeluarkan Air Mata Saat Nangis

Ciri bayi dehidrasi lainnya adalah tidak keluar air mata saat ia menangis. Tidak keluarnya air mata pada saat bayi menangis ini dikarenakan cairan dalam tubuhnya memang sudah kurang atau bahkan hanya tersisa sedikit.

Bayi akan menjadi sangat rewel ketik ia mengalami dehidrasi. Namun yang pasti membuat anda terheran-heran adalah tidak adanya air mata yang keluar dari mata si bayi. Bukan karena dia kelamaan menangis hingga habis air matanya, melainkan karena memang tubuhnya sudah kekurangan cairan. Sehingga tidak bisa lagi memproduksi air mata.

3. Kulit Bayi Menjadi Kering

Tubuh manusia 90% terdiri dari air, begitu juga dengan bayi. Saat tubuh bayi kekurangan cairan atau dehidrasi tentu akan mengakibatkan banyak masalah bagi kesehatan tubuhnya. Salah satu ciri bayi dehidrasi atau kekurangan cairan dapat ditunjukkan pada perubahan kulit bayi.

Bayi yang mengalami dehidrasi akan menunjukkan tanda atau ciri berupa kulit kering. Layaknya orang dewasa, bayi yang mengalami dehidrasi akan mengalami masalah kulit kering layaknya orang dewasa. Contohnya, jika bayi di cubit kecil maka kulit bayi tidak kembali pada bentuk semula.

4. Bayi Tampak Lemas

Layaknya orang dewasa, ciri bayi dehidrasi salah satu yang mudah kita kenali adalah bayi menjadi lemas dan tidak bergairah. Bayi yang alami dehidrasi akan merasa cepat lelah dan cape. Bayi akan menjadi kurang aktif danĀ  sering sekali minta tidur bahkan dengan frekuensi yang lebih sering.

Saat bayi seperti ini, maka bisa dipastikan bahwa ia memang mengalami dehidrasi. Segera atasi dengan baik, karena hidrasi bisa berdampak pada masalah kesehatan bayi lainnya seperti demam, flu, batuk dan lain sebagainya.

5. Rewel

Salah satu ciri bayi dehidrasi paling mudah kita kenali jika bayi mengalami sakit adalah rewel, termasuk bayi yang mengalami dehidrasi. Bayi yang mengalami dehidrasi cenderung akan lebih rewel ketimbang bayi yang memang sehat.

Bayi yang mengalami dehidrasi akan sering menangis walau tubuhnya tidak begitu aktif. Hal ini dikarenakan cairan yang kurang dan mula tidak nyaman yang dirasakan pada tubuhnya. Maka reaksi bayi pertama kali yang akan dia lakukan adalah dengan menangis terus menerus.

6. Sering Minta Nyusu

Layaknya orang dewasa, dimana ketika mengalami dehidrasi akan minum banyak sekali air. Begitu juga dengan bayi, ciri bayi dehidrasi yang mengalami dehidrasi akan mengalami rasa haus yang luar biasa. Sehingga ia akan sering meminta nyusu kepada ibunya, tidak jarang bahkan ia terburu-buru minta nyusu hingga tersedak.

Hal ini terjadi secara mendadak dan tidak biasanya seperti itu. Jika bayi anda mengalami hal ini, maka segera atasi dengan baik. Karena dari beberapa masalah diatas menunjukkan bahwa bayi anda tersebut memang menunjukkan ciri-ciri dehidrasi.

7. Kulit Tidak Elastis

Ciri bayi dehidrasi lainnya jika bayi mengalami dehidrasi adalah kulitnya menjadi tidak elastis atau menjadi kaku. Ha ini disebabkan karena kurangnya cairan dalam lapisan kulit si bayi. Cara memastikan nya cukup anda cubit atau angkat kulit si bayinya saja.

Apabila bayi mengalami dehidrasi maka kulit yang anda angkat tadi tidak akan balik lagi seperti semua. Kulitnya akan tetap berada di posisi ketika anda angkat atau anda cubit. Hal ini dikarenakan kurangnya cairan dalam kulit bayi sehingga mengakibatkan berkurangnya elastisitas kulit pada bayi.

8. Mulut Bayi Kering

Bukan hanya orang dewasa, bayi juga ternyata ketika mengalami hal yang sama ketiak dia mengalami dehidrasi. Dimana mulut pada bayi akan menjadi kering dan agak sedikti pucat. Warna merah pada bibir bayi akan sedikit memudar. Hal ini dikarenakan kurangnya asupan carian yang membuat warna kulit pada bibir bayi sedikit memudar.

Mulut bayi akan sedikit mengering bahkan pada tingkatan yang sudah parah, pada bagian bibirnya akan nampak pecah-pecah. Bila bayi sudah mengalami pada tingkatan seperti ini, artinya bayi sudah mengalami dehidrasi parah. Segera lakukan konsultasikan dengan dokter atau segera cukupi kebutuhan cairan si bayi dengan baik dengan memberinya ASI yang cukup.

9. Jarang Pipis

Ciri bayi dehidrasi yang paling mudah dikenali dari seorang bayi yang mengalami dehidrasi adalah jarang pipis. Bayi yang mengalami dehidrasi akan jarang sekali pipis. Bahkan popok yang biasa dikenakannya dalam jumlah banyak menjadi sedikit. Contoh, jika biasanya bayi memakai 6-8 popok per hari, maka pada saat ia dehidrasi ia hanya akan memakai 4-5 popok saja atau bahkan kurang.

Hal ini dikarenakan kurangnya cairan yang dimiliki oleh tubuh bayi sehingga ia akan jarang sekali ngompol. Kalaupun ia sering ngompol pasti dengan jumlah yang sedikit. Kurangnya air pada tubuh si bayi menjadi salah satu faktor penyebab utamanya. Tubuh si bayi tidak bisa memproduksi banyak cairan urin.

10. Bayi Sering Mengantuk

Jika bayi sering tidur dan nampak seperti lemas dan tidak bergairah, anda harus berhati-hati. Karena bayi yang sering tidur dan nampak lemas merupakan salah satu kondisi atau tanda bahwa bayi tersebut mengalami dehidrasi. Cairan yang kurang dalam otaknya akan membuatnya lebih mudah merasa ngantuk, jika demikian maka jangan sampai anda biarkan.

Lakukan penanganan dengan tepat segera berikan ia cairan ASI agar kebutuhan cairannya akan kembali normal seperti sediakala. Dengan demikian maka si bayi akan kembali normal dan bisa beraktivitas seperti sediakala.

Nah itulah beberapa ciri dan tanda bayi yang mengalami dehidrasi. Beberapa ciri ini adalah yang paling umum terjadi pada bayi. Apabila bayi anda mengalami salah satu tandanya, silahkan konsultasi-kan dengan dokter atau anda atasi secara mandiri. Namun pastikan anda gunakan cara dan penanganan yang tepat. Jika anda merasa ragu dan tidak paham maka segera hubungi dokter anak agar dapat penanganan tepat.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

penyebab kulit kering dan gatal

11 Penyebab Kulit Kering dan Gatal Paling Jarang Orang Sadari

Kulit kering dan gatal kerap kali orang alami bahkan hampir pernah dialami oleh semua orang,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *