Cintai Kesehatan Dengan Bersepeda, tren baru warga Indonesia

Cintai Kesehatan Bersepeda, tren baru warga Indonesia. Baru-baru ini, kegiatan bersepeda menjadi tren di kalangan warga Indonesia. ini dapat dilihat secara langsung baik di desa, kota maupun dari unggahan-unggahan foto banyak orang di sosial media. Banyak di antara mereka yang memilih bersepeda selain karena hobby adalah sebagai cara untuk menjaga kebugaran meupun sarana untuk mengisi waktu luangĀ  dan penghilang kebosanan karena anjuran social distancing selama kurun waktu pandemi corona melanda berbagai negara di dunia.

Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa biaya. Oleh karena itu, bersepeda menjadi kegemaran baru yang dapat dilakukan oleh siapa saja yang bukan hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja. selain lebih ramah lingkungan karena secara efektif mengurangi produksi polusi dari asap knalpot kendaraan bermotor, bersepeda juga memberikan banyak manfaat bagi ynag melakukannya.

cintai kesehatan
cintai kesehatan

Manfaat Bersepeda selain untuk cintai kesehatan

Selain dapat digunakan untuk mendapatkan kesenangan, bersepeda yang menjadi tren baru masyarakat Indonesia cintai kesehatan ini juga memberikan berbagai manfaat lainnya. Berikut adalah berbagai manfaat yang dappat Anda peroleh dengan bersepeda.

Mengurangi risiko terjangkit penyakit jantung

Salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan dari kegiatan bersepeda adalah dapat mengurangi risiko terjangkit penyakit jantung. Sebagaimana yang kita ketahui, penyakit jantung menjadi salah satu momok yang menjadi penyumbang terbesar angka kematian di seluruh dunia, oleh karena itu sangat perlu untuk kita menjaga kesehatan jantung. Nah, cara yang dapat dilakukan adalah dengan bersepeda.

Bersepeda sebagai salah satu cara masyarakat Indonesia cintai kesehatan ini jika dilakukan secara teratur secara teratur secara efektif dapat membantu untuk memperkuat otot jantung, sehingga dengan demikian Anda akan jauh lebih sedikit berisiko mengidap gangguan pada jantung. Selain itu, dengan bersepeda juga dapat memperbaiki sirkulasi darah dan secara efektif dapat mempermudah pengeluaran keringat.

Mengurangi risiko terjangkit diabetes

Salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan dari kegiatan bersepeda adalah dapat mengurangi risiko terjangkit diabetes. Diabetes bukan penyakit langka di Indonesia. Penyakit yang disebabkan karena tingginya kadar gula darah ini dapat menjangkiti siapa pun, meski orang dengan obesitas dan lansia memegang risiko tinggi mengidap penyakit ini, tidak menutup kemungkinan siapa saja yang tampak sehat juga mengidap penyakit yang disebut juga dengan penyakit kencing manis ini.

Dengan bersepeda, selain sebagai upaya cintai kesehatan, bersepeda juga dapat mengurangi risiko terjangkit diabetes. Hal ni karena kurangnya aktivitas fisik dapat menjadi penyebab diabetes. Sementara dengan bersepeda emungkinkan kita dapat menggerakkan seluruh tubuh. manfaat bersepeda ini juga didukung oleh adanya penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang terbiasa bersepeda stidak-tidaknya 30 menit dalam sehari berisiko lebih kecil mengidap diabetes.

Meningkatkan kekuatan otot tubuh

Manfaat lain yang akan Anda dapatkan dari kegiatan bersepeda adalah dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh. Ya, aktivitas bersepeda yang biasanya digunakan sebagai hobby maupun sekadar mengisi waktu luang ini nyatanya dapat secara efektif digunakan untuk melatih dan memberikan keseimbangan pada otot-otot tubuh. Hal ini karena kegiatan mengayuh sepeda memungkinkan geraknya seluruh otot tubuh, terutama otot paha, betis, dan lain sebagainya.

Mengendalikan berat badan

Salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan dari bersepeda adalah dapat mengendalikan berat badan. Aktivitas bersepeda, olah raga yang murah meriah ini secara efektif dapat dilakukan sebagai upaya untuk membakar kalori. Dengan demikian, bagi Anda yang sekaligus ingin mendapatkan berat dan bentuk tubuh ideal, selain mengatur pola makan, Anda juga perlu melakukan serangkaian olah raga yang dapat membantu membakar kalori yang masuk dalam tubuh dengan lebih cepat, salah satunya yakni dengan bersepeda yang kini menjadi salah satu cara masyarakat Indonesia cintai kesehatan tubuh.

Mengurangi stress

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan bersepeda adalah dapat mengurangi stres. Seperti yang kita ketahui, stres sering kali menjadi salah satu penyebab tidak selesainya pekerjaan yang sedang kita lakukan. Oleh karenanya, yang perlu dilakukan adalah mencari kegiatan yang dapat digunakan sebagai sarana refleksi atau perenggangan. In dapat dilakukan dengan berbagai macam hobbi yang disukai, seperti memilih untuk membaca buku, bermain dengan peliharaan hingga melakukan berbagai aktivitas fisik yang menyenangkan.

Salah satu aktivitas fisik menyenangkan yang dapat dilakukan adalah dengan bersepeda. Ya, kegiatan yang baru-baru populer kembali dilakukan oleh orang-orang di berbagai jenjang usia ini selain dapat diambil manfaatnya sebagai salah satu cara cintai kesehatan dan kebugaran tubuh juga dapat dilakukan sebagai sarana penghilang stres dari berbagai jenis stressor.

Waktu terbaik untuk bersepeda adalah pagi hari, hal ini karena pagi hari adalah waktu ketika udara masih segar dan belum banyak tercampur dengan polusi-polusi kendaraan. Selain itu, bersepeda di pagi hari akan membuat kita terbiasa untuk bangun pagi, dan memiliki tubuh yang prima sebelum memulai hari-hari sibuk dengan pekerjaan, kegiatan belajar, maupun aktivitas di hari-hari biasanya.

Tata Tertib Bersepeda di Jalan Raya

Bersepeda sebagai salah satu cara masyaraka Indonesia cintai kesehatan ini memang terbukti dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Meski begitu, ada berbagai hal yang perlu Anda lakukan jika ingin bersepeda di jalan besar atau di jalan raya, yakni memperhatikan keselamatan ketika bersepeda. Berikut adalah tata tertib bersepeda yang harus dipatuhi guna memeroleh keselamatan ketika bersepeda di jalan raya.

Perhatikan juga artikel lainnya disini.

  1. Menggunakan pakaian yang dan perlengkapan bersepeda yang mendukung keselamatan berkendara, yakni helem untuk pelindung kepala, perlindung siku, dan pelindung lutut. Perlengkapan keselamatan tersebut sangat diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah ketika terjatuh.
  2. Jangan menggunakan earphone ketika berkendara. Hal ini karena
  3. Mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Hal ini penting karena rambu-rambu lalu lintas tidak hanya diperuntukkan bagi pengendara kendaraan bermotor, namun juga bagi para pesepeda dan pejalan kaki. Oleh karena itu, bagi Anda yang hendak bersepeda di jalan raya, Anda pun harus tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada.
  4. Jangan mendahului kendaraan dari sisi kiri. Ini adalah hukum jalan raya, di mana pengendara biasanya tidak akan menduga jika ada pengendara lain yang menyalip dari bilah kiri. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi tersenggol kendaraan lain, jangan mendahului kendaraan dari sisi kiri.
  5. Gunakan tangan sebagai pemberi tanda. Tata tertib pesepeda lainnya adalah dengan memberikan tanda ketika hendak mengambil arah yang akan dituju. Tanda yang Anda berikan ini akan memberikan intruksi pada pengendara lain dibelakang Anda untuk pelan dan tidak berisiko dapat menabrak Anda dari belakang.

Demikian adalah paparan mengenai manfaat dari bersepeda, kegiatan yang baru-baru ini kembali menjadi tren untuk mengampanyekan aktivitas cintai kesehatan tubuh. meski begitu, untuk Anda yang hendak menjalankan aktivitas kebugaran ini, sangat diwajibkan untuk tetap memperhatikan keselamatan berkendara, terutama untuk Anda yang memilih bersepeda di jalan raya. Hal ini karena meski pesepeda telah diberikan jalur sendiri, tetap saja berisiko jika Anda melanggar tata tertib berkendara di jalan yang juga digunakan oleh kendaraan-kendaraan lain.

About Ibnu Khamill

Check Also

olahraga sehat untuk wanita

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan

1 Alasan Penting Dibalik Olahraga Sehat Untuk Wanita yang Banyak Dilakukan. Olahraga merupakan hal yang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *