Inilah 5 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Mudah Lapar

By

sumbersehat.com – Cemilan sehat untuk ibu hamil diperlukan untuk memberikan tambahan nutrisi bagi ibu hamil dan janin yang ada di dalam perutnya. Saat hamil para wanita membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak dari biasanya. Selain itu pada saat hamil biasanya nafsu makan meningkat dan ibu hamil sangat mudah merasa lapar.

Atas alasan itulah, ibu hamil diperkenankan untuk mengonsumsi cemilan dengan syarat harus sehat dan mengandung nutrisi yang baik bagi janin. Anda bisa mendapatkan merek biskuit yang bagus untuk ibu hamil, namun alangkah baiknya jika membuat cemilan sendiri di rumah. Bila Anda penasaran tentang cemilan sehat bagi ibu hamil, silahkan simak terus artikel ini.

cemilan sehat untuk ibu hamil

Inilah Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Lezat dan Bergizi

Saat hamil, seorang ibu tentu ingin memberikan yang terbaik untuk janin. Menjaga asupan makanan adalah salah satu upaya agar janin tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Meski begitu, bukan berarti ibu hamil tidak boleh mengemil. Ibu tetap bisa yaitu dengan mengonsumsi cemilan sehat untuk ibu hamil. Bila Anda penasaran, berikut adalah cemilan sehat yang direkomendasikan untuk ibu hamil:

Apel

Ibu hamil membutuhkan kurang lebih 30 gram serat setiap harinya. Serat sangat dibutuhkan untuk mengurangi resiko sembelit yang sering dihadapi oleh ibu hamil. Apel merupakan salah satu pilihan yang tepat sebagai cemilan sehat ibu hamil. Buah ini mengandung lebih dari 4 gram serat dan kandungan kalorinya hanya 95 kalori. Baca juga 5 Macam Susu Kalsium Untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui Sejak Dini.

Mengonsumsi apel sangat tepat terutama bagi ibu hamil muda. Sensasi rasa segar dan agak masam yang dimilikinya sangat cocok sebagai cemilan ibu hamil saat mual karena dapat membantu mengatasi rasa mual di pagi hari. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari buah apel bagi ibu hamil:

– Meningkatkan Imun

Buah apel sangat bermanfaat karena kaya kandungan vitamin C. Vitamin C diperlukan oleh tubuh untuk merangsang produksi sel darah putih yang berguna untuk melindungi dari segala bentuk infeksi. Imunitas akan meningkat saat Anda rutin mengonsumsi buah apel sebagai cemilan sehat untuk ibu hamil.

– Mengatasi Keluhan Kram Kaki

Ibu hamil rentan mengalami kram kaki terutama di malam hari. Kram kaki bisa disebabkan karena perubahan hormon, berat badan yang terus naik, juga karena kurangnya asupan mineral. Mengonsumsi apel sebagai cemilan sehat untuk ibu hamil di malam hari dapat mengatasi dan mencegah keluhan kram kaki karena buah ini mengandung banyak mineral seperti magnesium, kalsium, dan kalium.

– Menjaga Kepadatan Tulang

Buah apel mengandung kalsium yang baik bagi pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Kalsium juga berperan penting dalam menunjang perkembangan sistem saraf dan organ dalam janin. Selain bagi janin, kalsium sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang ibu hamil. Memanfaatkan apel sebagai cemilan sehat untuk ibu hamil dapat menekan resiko ibu mengalami osteoporosis di kemudian hari.

– Menyeimbangkan Cairan Tubuh

Saat hamil, cairan darah di dalam tubuh meningkat hingga 50%. Anda membutuhkan elektrolit seperti kalium untuk menyeimbangkan cairan di dalam tubuh. Apel mengandung kalium yang tinggi sehingga mengonsumsinya sebagai cemilan sehat untuk ibu hamil trimester pertama dapat membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

– Mengurangi Resiko Bayi Lahir Cacat dan Alergi

Menjadikan apel sebagai cemilan sehat untuk ibu hamil dapat mengurangi resiko bayi terlahir cacat. Mengonsumsi apel secara rutin selama kehamilan membantu Anda memenuhi kebutuhan asam folat yang penting bagi perkembangan saraf janin juga pembentukan DNA, sehingga menurunkan resiko cacat lahir.

Anak yang dilahirkan dari ibu yang rajin mengonsumsi apel memiliki resiko rendah terkena asma dan alergi. Kemungkinan hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan yang sangat tinggi, seperti flavonoid, yang dimiliki oleh buah apel. Antioksidan ini mengatur sistem imun di dalam tubuh sehingga dapat mengurangi resiko asma dan alergi pada anak kelak.

Ubi rebus

Baik ubi jalar maupun ubi batang (singkong), keduanya sangat baik dijadikan cemilan sehat untuk ibu hamil. Ubi adalah sumber karbohidrat yang sangat dibutuhkan untuk aktivitas ibu hamil. Mengonsumsi ubi dengan porsi cukup berarti mencukupi kebutuhan tubuh Anda akan asam folat, zat besi, dan vitamin A. Ubi juga kaya akan mineral penting seperti kalium, magnesium, kalium, fosfor, serta serat.

Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau mempunyai kandungan gizi yang tinggi dan sangat cocok sebagai cemilan sehat untuk ibu hamil. Bubur kacang hijau dapat meredakan rasa lapar yang dialami oleh ibu hamil sebelum jam makan. Bubur kacang hijau sendiri memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan janin, seperti dijelaskan berikut ini:

– Mencegah Dehidrasi

Mengonsumsi kacang hijau dalam bentuk minuman atau bubur dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Ini disebabkan adanya kandungan kalium, mangan, dan magnesium yang dapat menyeimbangkan cairan di dalam tubuh sehingga mampu mempertahankan hidrasi tubuh. Bentuk bubur yang menyerupai cairan juga dapat membantu memberi tambahan cairan bagi ibu hamil.

– Mencegah Anemia

Kacang hijau mengandung zat besi dan asam folat yang tinggi. Kedua zat ini diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi sel-sel darah merah. Apabila sel darah merah tidak mencukupi akibat kurangnya asupan, maka tubuh akan mengalami anemia. Mengonsumsi bubur kacang hijau dapat mencegah dan mengatasi anemia defisiensi folat dan besi.

– Mengatasi Morning Sickness

Kacang hijau mengandung vitamin B kompleks dan kalium yang dapat mengurangi morning sickness selama kehamilan trimester pertama. Saat merasa mual, biasanya ibu hamil tidak punya selera makan. Bubur kacang hijau yang lembut dan mengandung cairan bisa menjadi pilihan cemilan sehat untuk ibu hamil karena mudah dikonsumsi dan cepat memberi energi bagi ibu hamil.

Mengolah kacang hijau sebagai bubur sebaiknya tidak menggunakan santan untuk menghindari kadar lemak yang tinggi. Gunakan gula dan garam secukupnya dan tambahkan kayu manis untuk menambah aroma dan rasa. Beberapa orang menambahkan jahe untuk memberi sensasi hangat. Rebuslah kacang hijau hingga merekah namun tidak menjadi lembek agar tidak kehilangan banyak nutrisi.

Popcorn

Siapa yang tidak suka dengan popcorn? Cemilan yang juga dikenal dengan nama berondong jagung ini disukai semua orang, dan sering dikonsumsi saat menonton bioskop atau televisi. Ibu hamil dapat membuat cemilan ini sendiri di rumah tentu dengan cara yang lebih menyehatkan. Hindari penambahan mentega dan garam saat membuatnya. Supaya lezat, Anda bisa menambahkan keju parmesan.

Coklat

Coklat yang bagus dikonsumsi oleh ibu hamil adalah yang tergolong dalam dark chocolate. Coklat jenis ini bisa dikenali dari rasanya yang pahit karena kadar gula yang rendah. Mengonsumsi coklat dipercaya dapat menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga membantu menurunkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi dan preeklampsia.

Mengonsumsi coklat dapat memperbaiki mood ibu hamil. Kandungan theobromin pada coklat dapat memicu tubuh melepaskan hormon endorfin dan dopamin yang menjadikan perasaan nyaman, senang, dan menghilangkan stres. Meski memiliki banyak manfaat namun ibu hamil hanya dianjurkan makan coklat dalam porsi kecil saja yaitu sekitar 30 gram sehari.

Demikianlah ulasan tentang 5 cemilan sehat untuk ibu hamil sehari-hari. Masih banyak pilihan makanan bergizi yang bisa Anda konsumsi sebagai cemilan, misalnya kacang-kacangan, alpukat, dan yoghurt. Sebaiknya konsultasikan ke ahli kesehatan untuk mengetahui makanan apa yang sangat dibutuhkan sesuai dengan kondisi kehamilan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar