9 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Anak, Simak Baik-baik!

By

sumbersehat.com – Cemilan sehat untuk anak akan menjadi hal yang sangat diperhatikan bagi para orangtua. Hal ini tentu saja sangatlah penting bagi kesehatan buah hati, terutama bagi pertumbuhan dan perkembangan. Saat buah hati sedang berada di dalam masa tersebut, maka peran Anda sebagai orang tua sangatlah diperlukan.

Untuk menyediakan dan memberikan cemilan sehat untuk anak, tentu banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan. Hal yang pertama adalah dengan mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memberikan cemilan tersebut. Lalu, apa saja hal-hal yang harus diperhatikan saat akan memberikan cemilan? Di bawah ini merupakan pemaparan yang bisa dijadikan sebagari rekomendasi!

cemilan sehat untuk anak

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memberi Cemilan untuk Anak

Hal-hal di bawah ini bisa menjadi patokan dalam memberikan cemilan sehat untuk anak Anda:

Makanan yang Mengandung Nutrisi yang Seimbang dan Lengkap

Syarat cemilan sehat untuk anak yang pertama adalah nutrisinya yang lengkap dan juga seimbang. Hal ini sangat perlu diperhatikan karena dapat mendukung pertumbuhan dan juga perkembangan anak secara maksimal. Sehingga makanan tersebut pun dapat memberikan asupan energi bagi anak dan mendukung dalam berbagai aktivitas. Namun, Anda harus tetap memperhatikan kandungan kalori di dalamnya, jangan sampai berlebihan.

Kebersihan Cemilan

Kebersihan juga merupakan hal yang penting sekali untuk diperhatikan. Hal ini karena kebersihan merupakan bagian yang utama dalam kesehatan. Pastikanlah bahwa saat memberikan cemilan sehat untuk anak, cemilan tersebut sudah dicuci terlebih dahulu. Apalagi jika cemilan tersebut dibeli di supermarket, maka pastikanlah terlebih dahulu kebersihannya. Hal ini dilakukan agar bakteri dan kuman di dalamnya tidak ikut masuk ke dalam tubuh anak.

Waktu Memberikan Cemilan

Selain memilih cemilan sehat untuk anak dengan memperhatikan kandungan nutrisinya, Anda juga harus mengetahui waktu yang tepat dalam memberikan cemilan kepada buah hati Anda. Anda dianjurkan untuk memberikan cemilan sehat dalam jeda waktu yang cukup lama dengan jadwal makan utama. Hal ini bertujuan agar anak tidak cepat kenyang. Buatlah jadwal memberikan cemilan yang lengkap dengan aneka makanannya.

Memperhatikan Variasi dan Bentuk Cemilan

Macam-macam cemilan sehat yang baik adalah yang memiliki variasi dan juga bentuk yang beragam. Hal ini memiliki tujuan agar buah hati Anda tidak cepat merasa bosan terhadap cemilan yang diberikan. Selain itu, bentuk cemilan pun tidak kalah penting karena bertujuan untuk menarik minat anak untuk mengonsumsinya. Buatlah bentuk cemilannya semenarik mungkin agar anak tertarik untuk mengonsumsinya. Cemilan yang bervariasi juga mampu memberikan asupan gizi yang sangat baik.

Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Anak yang Paling Banyak Diminati

Setelah mengetahui hal-hal penting yang harus diperhatikan saat memberikan cemilan sehat anak, maka di bawah ini akan dipaparkan mengenai jenis cemilannya. Di bawah ini merupakan jenis makanan yang bisa Anda jadikan sebagai cemilan sehat untuk anak. Baca juga 10 Tujuan Pola Hidup Sehat yang Diterapkan Setiap Hari!

Buah Pir dengan Irisan Keju

Anda semua pasti sudah tidak asing dengan buah pir, bukan? Buah yang memberikan kesegaran dan memiliki banyak kandungan nutrisi ini juga bisa dijadikan sebagai cemilan sehat untuk anak Anda. Banyaknya manfaat dan serat yang terkandung di dalamnya menjadikan pir sebagai salah satu buah yang direkomendasikan. Potonglah buah pir tersebut dan taburi irisan keju saat akan menyajikannya kepada anak Anda.

Sayuran

Pernahkah Anda berpikir bahwa sayuran bisa dijadikan sebagai salah satu jenis cemilan sehat murah untuk anak? Meskipun beberapa orang tua berpikir bahwa anak-anak kurang menyukai sayuran, tetapi hal tersebut tentu saja bisa diatasi. Dapat info kesehatan menarik lainnya disini!

Menjadikan sayuran sebagai salah satu makanan sehat untuk anak adalah langkah yang tepat untuk membantu pertumbuhan dan juga perkembangan anak Anda. Apalagi sayuran memiliki kandungan mineral dan juga vitamin yang berperan penting bagi tumbuh kembang anak. Buatlah tampilan yang menarik agar anak memiliki minat untuk mengonsumsi sayuran.

Kue Pisang

Jenis cemilan sehat murah untuk anak selanjutnya adalah kue pisang. Cemilan ini termasuk ke dalam jenis makanan yang menyehatkan bagi anak-anak. Apalagi pisang memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat. Untuk mengolahnya, Anda dapat membuat beberapa olahan seperti bolu pisang. Pisang juga bisa dijadikan sebagai pengganti gula halus yang menghindarkan anak-anak dari risiko penyakit jantung dan obesitas.

Kentang Panggang Manis

Selanjutnya, jenis snack sehat untuk anak tk yang paling direkomendasikan adalah kentang panggang manis. Mengapa demikian? Hal ini karena banyak sekali nutrisi di dalam kentang yang dapat diubah menjadi vitamin A. Jenis vitamin inilah yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan mata dan juga kulit. Kentang tersebut dapat Anda olah sendiri dengan memanggangnya atau Anda membeli kentang goreng untuk cemilan si buah hati.

Smoothie Buah

Smoothie buah juga termasuk ke dalam cemilan sehat untuk anak. Jenis minuman yang kini sedang marak dikonsumsi ini juga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Alasannya adalah banyak nutrisi yang dikemas secara apik di dalamnya. Tidak hanya memasukkan buah di dalamnya, Anda pun dapat menyertakan sayuran agar lebih sehat. Namun, pastikanlah bahwa Anda menggunakan bahan-bahan yang segar dan juga terhindar dari kandungan gula yang terlalu tinggi.

Potongan Keju

Sudah banyak yang mengetahui bahwa keju merupakan tambahan makanan yang sangat baik karena mengandung kalsium, lemak, dan juga protein yang baik. Bahkan produk susu yang satu ini pun mengandung vitamin A dan vitamin D yang jelas berperan penting bagi kesehatan. Dengan adanya protein di dalamnya membuat anak menjadi merasa cepat kenyang. Bahkan potongan keju tidak akan membuat anak mengalami gigi berlubang. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan jenis cemilan sehat untuk anak yang satu ini.

Oatmeal

Oatmeal juga dikelompokkan ke dalam jenis cemilan sehat murah karena mengandung serat larut yang tinggi. Jenis sarapan sehat ini mampu meningkatkan jumlah bakteri baik yang berada dalam saluran pencernaan. Tidak hanya itu, Anda pun bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang lainnya untuk anak Anda. Bahkan anak Anda akan mendapatkan tambahan protein dan kalsium jika mengonsumsinya dengan susu.

Kacang-kacangan

Selanjutnya, cemilan sehat untuk anak yang direkomendasikan adalah kacang-kacangan. Lemak sehat, serat, dan antioksidan menjadi daya tarik dari kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi oleh si buah hati. Untuk mengantisipasi anak tersedak saat mengonsumsi kacang, maka olahlah kacang tersebut sedemikian rupa. Dengan begitu, anak pun tidak akan tersedak saat mengonsumsinya.

Yoghurt

Cemilan sehat untuk anak yang terakhir direkomendasikan adalah yoghurt. Hal ini karena yoghurt adalah sumber protein dan juga kalsium yang tentu berperan dalam perkembangan tulang anak-anak. Selain itu, bakteri baik yang ada di dalamnya sangat baik bagi sistem pencernaan. Anda sangat dianjurkan untuk memilih yoghurt tawar agar anak Anda terhindar dari kandungan gula yang berlebihan, karena ada beberapa yoghurt yang memakai gula di dalamnya.

Itulah beberapa jenis cemilan sehat untuk anak yang sangat direkomendasikan bagi Anda. Anda dapat memberikannya kepada buah hati Anda agar proses pertumbuhan dan juga perkembangan mereka berjalan baik. Namun, tetap perhatikanlah porsi dan kandungan nutrisi di dalamnya agar tidak terjadi hal buruk di kemudian hari.

Tinggalkan komentar