Buat Cemilan Sehat Ibu Hamil? Perhatikan 6 Hal Ini!

sumbersehat.com – Cemilan sehat ibu hamil harus dipilih secara cermat. Ibu hamil membutuhkan nutrisi dua kali lebih banyak dibanding saat tidak hamil. Memakan makanan kecil atau cemilan sepanjang hari bisa menjadi cara yang mudah untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan perkembangan janin yang ada di dalam perut.

Konsumsi cemilan bisa disesuaikan dengan tahapan kehamilan, terutama porsi dan kebutuhan nutrisinya. Porsi cemilan sehat ibu hamil trimester kedua tentu berbeda dengan saat masih hamil muda. Kebutuhan nutrisi juga meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Simaklah nutrisi penting yang harus ada pada cemilan ibu hamil berikut ini.

cemilan sehat ibu hamil

Nutrisi yang Dibutuhkan pada Cemilan Sehat Ibu Hamil

Mengonsumsi makanan sehat adalah langkah yang harus dilakukan ibu hamil agar kondisi tubuh dan janinnya tetap sehat hingga melahirkan. Jika ibu hamil ingin mengemil, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih cemilan sehat ibu hamil, terutama kandungan nutrisinya.

Ibu hamil jangan asal memilih cemilan karena belum tentu mengandung nutrisi yang baik bagi ibu dan janin. Pilihlah cemilan yang kaya zat gizi, serat, vitamin, dan mineral agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Sesungguhnya zat gizi ini sangat diperlukan mulai dari usia kehamilan muda hingga jelang melahirkan.Berikut adalah zat gizi yang harus dipenuhi saat memilih cemilan sehat ibu hamil 6 bulan:

Asam Folat

Asam folat adalah asupan pokok yang harus terpenuhi selama kehamilan. Asam folat membantu produksi sel darah merah sehingga dapat mencegah anemia yang sering terjadi pada ibu hamil. Cemilan sehat bumil yang mengandung asam folat berguna untuk perkembangan saraf janin. Zat penting ini melindungi tabung saraf yang kelak tumbuh menjadi otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Asam folat mampu mencegah resiko keguguran, lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, hingga cacat lahir pada bayi. Asam folat membantu produksi DNA yang berkaitan dengan genetik bayi serta memperbaikinya. Meski dokter selalu meresepkan asam folat dalam bentuk tablet, tidak ada salahnya Anda memilih cemilan sehat ibu hamil muda yang mengandung zat ini.

Anda bisa membuat sendiri cemilan sehat ibu hamil menggunakan bahan yang kaya akan asam folat. Buatlah salad yang terdiri dari kacang merah dan brokoli rebus. Tambahkan telur rebus dan sedikit minyak zaitun. Tidak hanya asam folat dari kacang dan brokoli yang bisa diperoleh, namun Anda juga bisa mendapatkan zat gizi lain dalam makanan tersebut.

Zat Besi

Zat besi adalah unsur penting pembentuk haemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi berperan membentuk enzim penting untuk optimalisasi kerja organ tubuh janin dan membangun otot janin yang sedang berkembang. Zat ini membantu menjaga imunitas ibu dan janin, serta dapat mengurangi resiko keguguran, lahir prematur, dan bayi lahir dengan berat badan rendah.

Anda bisa mengolah cemilan sehat ibu hamil yang kaya akan zat besi menggunakan bayam. Campur daun bayam dengan kocokan telur, susu rendah lemak, dan perutan keju untuk menghasilkan omelet bayam yang lezat. Anda juga bisa menambahkan potongan dada ayam untuk meningkatkan nilai proteinnya. Baca juga Inilah 5 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Ibu Hamil yang Mudah Lapar.

Bila Anda belum pernah mencoba lentil dan quinoa, mungkin saatnya untuk mencoba cemilan kaya zat besi ini. Anda bisa memperoleh cemilan sehat ibu hamil di supermarket yang menjual bahan-bahan organik. Beberapa ibu yang pernah mencoba merasa tidak familiar dengan rasanya. Namun Anda bisa mencoba mencari tahu resep mengolahnya agar mendapatkan variasi rasa yang lebih enak.

Protein

Mengonsumsi cemilan sehat bumil yang kaya protein bagus untuk ibu dan janin. Protein berperan sebagai sumber kalori, membantu pembentukan darah dan cairan ketuban, serta menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Protein berperan sebagai zat pembangun yang membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh janin seperti tulang, otot, mata, kulit, dan organ dalam.

Anda dapat memperoleh cemilan tinggi protein dari aneka kacang-kacangan yang bisa diolah menjadi aneka panganan. Anda juga bisa mengonsumsi milkshake dengan campuran buah-buahan seperti pisang dan stroberi untuk mendapatkan manfaat lain. Makanlah roti gandum yang telah diolesi selai kacang, maka Anda akan mendapatkan asupan protein dan karbohidrat dalam sekali makan.

Serat

Ibu hamil sangat rentan mengalami sembelit. Asupan serat yang cukup pada cemilan sehat ibu hamil akan membantu menghindari keluhan ini. serat juga sangat berguna untuk mengatur kadar gula di dalam darah serta mengontrol kenaikan berat badan. Meskipun ibu hamil harus makan dengan porsi lebih banyak dari sebelum hamil, namun jangan sampai mengalami kelebihan berat badan.

Ibu hamil yang mengalami kelebihan berat badan sangat beresiko mengalami penyakit diabetes gestasional, penyakit jantung, dan preeklampsia yang dapat membahayakan jiwa. Mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup dapat menekan resiko penyakit tersebut. Cemilan sehat ibu hamil yang tinggi serat bisa Anda dapatkan dari sayur, buah, sereal gandum, yoghurt, dan kacang-kacangan.

Kalsium

Tubuh tidak dapat memproduksi kalsium sendiri, sehingga asupannya harus didapat dari makanan yang dikonsumsi ibu hamil. Kalsium sangat dibutuhkan oleh janin dalam pembentukan tulang dan gigi. Kalsium turut berperan dalam pembentukan hati, saraf, dan otot. Kalsium penting untuk menjaga detak jantung bayi selalu stabil dan saraf berfungsi sempurna.

Selama di dalam kandungan, janin akan menyerap kalsium dari tulang ibu. Itulah sebabnya ibu hamil harus mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang besar untuk kebutuhan tubuhnya sendiri dan juga janinnya. Bagi ibu hamil, kalsium sangat penting untuk mencegah osteoporosis dan gangguan selama masa kehamilan seperti tekanan darah tinggi dan preeklampsia.

Tidak hanya mengonsumsi makanan utama, Anda juga bisa mengonsumsi cemilan sehat ibu hamil untuk asupan kalsium. Dapatkan tambahan kalsium dari susu, yoghurt, dan keju. Anda juga bisa mengkreasikannya dengan menambahkan buah segar atau menuangkan sesendok madu asli. Olahlah susu dan keju beserta telur dan makaroni untuk mendapatkan cemilan kaya gizi yang nikmat dan sehat.

Vitamin D

Vitamin D tidak hanya didapatkan ibu hamil dari sinar matahari, namun juga dari makanan. Vitamin D berperan mengatur kalsium, mineral, dan fosfor yang berfungsi dalam pembentukan kepadatan tulang. Bagi janin, vitamin D dapat membantu mengurangi resiko mengalami obesitas dan mengidap penyakit diabetes mellitus, bayi lahir prematur dan lahir dengan berat badan rendah.

Ibu hamil sangat membutuhkan vitamin D untuk mencegah osteoporosis. Vitamin D membantu mengurangi keluhan anemia dan preeklampsia pada ibu hamil. Cemilan sehat bumil yang mengandung vitamin D bisa didapatkan dari telur, susu kedelai, oatmeal, buah jeruk, dan jamur.

Sangat mudah membuat cemilan sehat ibu hamil yang kaya kandungan vitamin D. Anda bisa membuat keripik jamur, omelet jamur dengan telur, atau membuat kue dengan bahan dasar oatmeal. Dapatkan manfaat vitamin D, C, serat, dan mineral lain saat mengonsumsi buah jeruk secara langsung maupun mengolahnya menjadi cemilan yang lezat seperti puding jeruk atau smoothies.

Demikianlah penjelasan tentang zat gizi yang dibutuhkan saat memilih cemilan sehat ibu hamil. Anda bisa mengkombinasikan berbagai bahan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam sekali makan. Jangan lupa untuk rutin memeriksakan kehamilan untuk mengetahui kesehatan diri dan perkembangan janin Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menjaga kesehatan tenggorokan

Simak, 10 Cara Menjaga Kesehatan Tenggorokan Agar Corona Menghindar!

sumbersehat.com – Cara menjaga kesehatan tenggorokan menjadi ramai diperbincangkan terlebih saat pandemi menyerang. Masyarakat kembali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *