8 Cara Pengobatan Osteoarthritis yang Dapat Anda Terapkan!

Sumbersehat.com – Cara pengobatan osteoarthritis ada dua langkah yaitu langkah medis dan alami. Pengobatan alami, bisa dilakukan sendiri dan harus digunakan secara rutin. Penyakit osteoarthritis merupakan radang kronis pada sendi yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada tulang rawan.

Penyakit ini adalah penyakit peradangan sendi yang paling kerap terjadi. Efeknya, sendi menjadi terasa kaku, sakit, dan membengkak. Untuk mengatasinya, ikuti ulasan mengenai cara pengobatan osteoarthritis secara medis dan alami!

Inilah Cara Pengobatan Osteoarthritis

Ada dua cara penyembuhkan osteoarthritis yang bisa anda lakukan, berikut caranya:

Cara Pengobatan Osteoarthritis Secara Medis

Untuk melakukan pengobatan osteoarthritis, pertama-tama anda harus memeriksakan diri ke dokter. Setelah dokter melakukan pemeriksaan menyeluruh, maka dokter bisa menentukan pengobatan osteoarthritis. Pengobatan osteoarthritis yang biasanya dianjurkan dokter adalah sebagai berikut :

Baca juga : Ketahui 5 Cara Mengobati Polip Hidung Tanpa Operasi!

Mengonsumsi obat-obatan

Guna mengatasi rasa nyeri dan peradangan, maka dokter biasanya akan memberikan obat-obat yang mengandung bahan-bahan seperti berikut ini:

  • Paracetamol
  • Capsaicin cream
  • Obat anttinflamasi nonsteroid, contohnya naproxen sodium dan ibuprofen
  • Injeksi suntik yang mengandung obat dengan golongan kortikosteroid

Melalui fisioterapi

Cara penyembuhan osteoarthritis yang selanjutnya ialah dengan fisioterapi. Fisioterapi adalah tindakan rehabilitasi untuk menghindarkan penderita dari risiko cacat fisik akibat terkena penyakit atau cedera.

Prosedur fisioterapi dapat dijalankan untuk membuat otot-otot di area sekitar sendiri menjadi lebih kuat. Selain itu, fisioterapi juga dapat memperbaiki dan mengganti sendi rusak, sehingga lebih mempermudah penderita untuk bisa bergerak.

Tindakan operasi

Kendati alternatif cara penyembuhan osteoarthritis yang satu ini jarang dilakukan, tetapi prosedur ini dapat disarankan oleh dokter. Operasi dilakukan agar sendi yang rusak dapat diperbaiki atau diganti, sehingga penderita akan lebih bisa bergerak dengan mudah.

Cara Mengobati Osteoarthritis Secera Alami

Sedangkan cara penyembuhan osteoarthritis secara alami adalah dengan melakukan upaya-upaya sebagai berikut:

Menjalankan olahraga rutin

Daya tahan tubuh dan kekuatan otot-otot di persendian bisa ditingkatkan dengan melakukan olahraga secara rutin. Kegiatan olahraga juga dapat dilakukan untuk membuat persendian menjadi lebih stabil.

Jenis olahraga yang disarankan untuk cara pengobatan osteoarthritis ialah yoga, renang, bersepeda, berjalan, dan latihan tai chi. Tak perlu olahraga yang berat, tapi olahraga ringan juga bisa anda pilih, asalkan dilakukan secara rutin.

Menjalankan program penurunan berat badan

Dokter akan menyarankan penderita penyakit osteoarthritis untuk menjalankan program penurunan berat badan. Hal ini agar tekanan pada sendi yang diakibatkan bisa dikurangi sehingga rasa sakit pun juga akan ikut berkurang. Jangan lupa untuk konsultasi dengan ahli nutrisi agar mendapat program diet yang sesuai ya.

Mengonsumsi cabai merah

Jangan salah, cabai merah dipercaya mampu redakan radang sendi pada penderita osteoarthritis. Maka dari itu, tak heran jika cabai merah dijadikan salah satu alternatif cara penyembuhan osteoarthritis. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mengonsumsi makanan pedas.

Selain itu, ada cara lain yang sedikit unik, yakni dengan menggosokkan cabai pada bagian yang nyeri. Anda akan merasakan efek panas setelah menggosokkan cabai, tetapi rasa panas ini akan membantu meredakan nyeri.

Baca juga : Mengenal 9 Penyakit Kelainan Darah, Simak Dengan Jelas!

Namun, apabila anda masih merasa kepanasan, anda bisa menggunakan trik lain. Campur cabai dengan minyak zaitun sebelum menggosokkannya. Minyak zaitun bisa mengurangi rasa panas dan juga memberikan efek terapi yang bagus bagi penderita osteoarthritis.

Menggunakan daun kemangi

Daun yang merupakan salah satu bahan alami cara pengobatan osteoarthritis. Daun kemangi dipecaya dapat mengurangi rasa nyeri. Cara mendapatkan khasiatnya yaitu dengan dijadikan lalapan atau dibuat menjadi jus. Selain dua cara tersebut, anda juga bisa menyeduhnya dengan air panas dan meminumnya 3 kali sehari.

Memanfaatkan palu ekor kuda

Palu ekor uda adalah tanaman obat yang mampu meredakan nyeri pada penyakit osteoarthritis. Bentuk tanaman ini seperti ular dan sering dikatakan mirip ekor kuda. Cara penyembuhan osteoarthritis dengan palu ekor kuda adalah membuatnya jus. Buat jus palu ekor kuda dan meminumnya secara rutin setiap hari.

Demikianlah 8 cara pengobatan osteoarthritis secara medis dan alami yang perlu anda tahu. Wah, ternyata banyak yang bisa anda lakukan agar bisa sembuh ya. Sebagai langkah pertama, periksakan dulu diri anda ke dokter supaya anda mendapatkan saran yang terbaik. Semoga anda senantiasa sehat selalu!

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara menghilangkan sesak di dada

11 Cara Menghilangkan Sesak di Dada yang Cepat Sembuhkan dan Mudah Dilakukan

sumbersehat.com – Cara menghilangkan sesak di dada mungkin menjadi hal yang belum diketahui oleh beberapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *