6 Cara Pengobatan Alami Bronkitis yang Ampuh di Rumah

Sumbersehat.com – Cara pengobatan alami bronkitis sering dicari oleh mereka yang ingin mencari pengobatan alternatif. Bronkitis merupakan peradangan pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh infeksi. Jenis penyakit ini ada dua macam yaitu bronkitis akut dan kronis.

Bronkitis akut biasanya ada infeksi virus yang berlangsung selama 7 sampai 10 hari. Sedangkan bronitis kronis sebagai lanjutan penyakit pada perokok. Lantas, bagaimana cara pengobatan alami bronkitis? Berikut pengobatan penyakit bronkitis secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah!

cara pengobatan alami bronkitis
cara pengobatan alami bronkitis

Inilah Cara Pengobatan Alami Bronkitis

Adapun pengobatan penyakit bronkitis secara alami yang bisa anda terapkan sendiri di rumah adalah:

Minum Air Putih Minimal 2 Liter

Cara pengobatan alami bronkitis adalah mengonsumsi air putih minimal 2 liter setiap hari. Saat penyakit bronkitis menyerang, muncul gejala pada tubuh yang berupa demam. Selama demam, banyak cairan dari dalam tubuh yang hilang. Apabila Anda tidak mengkonsumsi banyak air putih, maka tubuh kekurangan cairan.

Baca juga : Mengenal Paru – paru Basah : Gejala ,Penyebab , Dan Cara Mengobati.

Minum air putih dalam jumlah yang banyak juga  membantu melepaskan tumpukan lendir yang berkumul pada saluran bronki. Efek minum air putih lainnya adalah cairan dalam tubuh mengurangi batuk dan bersin akibat dari penyakit bronkitis. Itulah mengapa banyak minum menjadi pengobatan penyakit bronkitis secara alami.

Hindari mengkonsumsi minuman yang menyebabkan pembentukan lendir seperti susu. Meskipun susu berbentuk cairan, nyatanya dapat menambah jumlah lendir pada saluran bronki. Semakin banyak lendir maka penyakit bronkitis tidak kunjung sembuh bahkan kondisi dapat lebih buruk.

Minum Teh Jahe dan Buah Nanas

Pengobatan penyakit bronkitis secara alami selanjutnya adalah dengan mengonsumsi teh jahe dan buah nanas. Sudah sejak lama jahe memiliki fungsi menyehatkan tubuh, salah satunya meredakan peradangan pada salura pernafasan, mengurangi produksi lendir, dan mengurangi batuk.

Jahe juga berefek menghangatkan tubuh sehingga demam saat sakit bronkitis cepat reda. Untuk hasil yang optimal, cara pengobatan alami bronkitis dengan jahe yaitu mengkonsumsi 2 gelas air rebusan jahe setiap hari. Sedangkan buah nanas mengandung zat bromelin yang terbukti mengurangi peradangan dan batuk. 

Bawang Putih

Anda bisa menggunakan bawang putih menjadi pengobatan penyakit bronkitis secara alami. Khasiat bawang putih ini bisa membantu mematikan virus bronkial. Cara pengobatan alami bronkitis dengan bawang putih adalah anda bisa mengunyah langsung ataupun mencampurnya dengan madu.

Konsumsi secukupnya atau dalam jumlah kecil saja karena jika kebanyakan dikhawatirkan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Kandungan bawang putih memang baik bagi tubuh, tapi jika dikonsumsi berlebihan memberikan efek sebaliknya.

Menghirup Uap Hangat

Menghirup uap hangat dapat mengencerkan lendir pada saluran bronki. Saat di rumah, Anda bisa gunakan alat sederhana di dapur seperti baskom, minyak esensial, dan handuk.

Pengobatan penyakit bronkitis secara alami dengan uap hangat yaitu isi baskom dengan air panas dan berikan beberapa tetes minyak esensial. Bungkus kepala dan baskom dengan kepala menunduk di atas baskom beberapa menit sambil menghirup uap panas.

Konsumsi Campuran Madu dan Lemon

Selanjutnya, cara pengobatan alami bronkitis dengan madu. Madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan antabakteri pada madu diketahui dapat mengusir virus penyebab bronkitis.

Baca juga : Inilah Gejala dan Faktor Penyebab Batuk Berdahak Tak Kunjung Sembuh

Begitu juga dengan lemon yang melegakan tenggorokan dan menyingkirkan zat asing dalam tubuh. Kombinasi antara mau dan lemon ini semakin ampuh mengobati bronkitis dengan cara mengurangi produksi lendir. Konsumsi secara rutin setiap hari agar penyakit bronkitis semakin cepat sembuh.

Istirahat yang Cukup

Istirahat cukup yaitu selama 7 sampai 8 jam per hari yang berfungsi mengistirahatkan kondisi tubuh. Saat beristirahat, tubuh sedang menyembuhkan diri dari infeksi virus. Agar tidur Anda berkualitas, senyapkan handphone agar tidak terganggu dengan suara telepon maupun pesan.

Tidur dengan menghirup minyak esensial juga membantu tidur lebih nyaman. Anda bisa gunakan berbagai varian minyak esensial, misalnya lavender. Teteskan minyak esensial pada difusser atau oleskan pada kepala.

Nah, itulah cara pengobatan alami bronkitis yang mudah Anda lakukan di rumah. Anda tidak butuh alat canggih dalam mengobati bronkitis akut, yang Anda butuhkan hanya konsistensi dalam menjalankan semua cara di atas. Namun, jika penyakit bronkitis sudah pada tahap kronik, segera periksakan ke dokter. 

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara mengatasi sakit kepala sebelah

8 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Tanpa Obat, Coba Yuk!

sumbersehat.com – Cara mengatasi sakit kepala sebelah tanpa obat, sangat penting untuk diketahui. Pasalnya, penggunaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *