10 Cara Minum Teh Hijau untuk Diet Secara Tepat

sumbersehat – Cara minum teh hijau untuk diet harus dilakukan secara tepat. Hal ini bertujuan agar manfaat dalam teh hijau bisa dirasakan oleh tubuh. Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang biasa digunakan untuk diet. Hal ini karena adanya kandungan EGCG dalam teh hijau bisa mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh. Selain bisa menurunkan berat badan, teh hijau juga memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Manfaat teh hijau untuk kesehatan antara lain menurunkan kolesterol, melawan sel kanker, mencegah diabetes, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Agar mendapatkan manfaat dari teh hijau, Anda harus melakukan penyeduhan secara tepat. Selain proses penyeduhan, Anda juga harus mengetahui waktu minum teh secara tepat!

cara minum teh hijau untuk diet

Inilah Cara Minum Teh Hijau untuk Diet

Sebelum mengonsumsi teh hijau untuk diet, sebaiknya Anda mengetahui cara mengonsumsi teh secara tepat. Hal ini bertujuan agar Anda bisa merasakan manfaat dari teh hijau. Selain itu, konsumsi teh hijau secara tepat juga membuat program diet bisa membuahkan hasil. Berikut 10 cara minum teh hijau untuk diet secara tepat:

Pilih Teh Hijau Berkualitas

Cara minum teh hijau untuk diet yaitu dengan memilih teh hijau berkualitas. Sebelum membeli, sebaiknya perhatikan komposisi yang ada di kemasan teh hijau. Pastikan Anda memilih teh hijau yang dibuat dari bahan alami tanpa tambahan pengawet dan pemanis buatan.

Sebaiknya pilihlah produk teh hijau yang komposisinya dari daun teh asli tanpa campuran. Teh hijau asli berarti teh hijau yang masih dalam bentuk daun teh asli, bukan dalam kemasan bubuk. Selain lebih berkhasiat, teh hijau tanpa campuran juga lebih menyegarkan karena memiliki rasa yang khas.

Seduh Teh Hijau Secara Tepat

Proses penyeduhan teh hijau secara tepat bisa memberikan manfaat bagi tubuh, tak terkecuali untuk menurunkan berat badan. Sebelum menyeduh teh, Anda bisa memanaskan air hingga mendidih. Setelah itu diamkan air panas sekitar 10 menit. Kemudian tuangkan air tersebut ke dalam teko berisi teh hijau dan seduh sekitar satu menit atau sesuai selera. Biasanya semakin lama waktu penyeduhan, maka semakin pekat rasa dan warna teh hijau.

Minum Teh Hijau Murni

Cara minum teh hijau untuk diet yaitu tidak menambahkan campuran apa pun ke dalam seduhan teh atau teh murni. Hal ini karena teh hijau memiliki rasa khas sendiri yang bisa dirasakan jika tidak ditambah dengan bahan lain. Teh yang ditambahkan dengan gula, susu, madu, dan jeruk nipis sangat tidak disarankan untuk diet. Penambahan gula, susu, atau madu dalam seduhan teh hijau bisa meningkatkan kandungan kalori.

Sehingga membuat berat badan semakin bertambah. Sedangkan penambahan jeruk nipis dalam teh hijau sangat tidak disarankan bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag. Sebaiknya konsumsi teh hijau murni agar lebih aman dan bisa menurunkan berat badan secara optimal.

Minum Teh Hijau dalam Keadaan Hangat

Cara minum teh hijau untuk diet selanjutnya yaitu minum dalam keadaan hangat dan jangan menunggu hingga teh menjadi dingin. Teh hijau memang bisa dikonsumsi dalam keadaan hangat maupun dingin. Namun bagi Anda yang sedang diet, sebaiknya konsumsi teh hijau dalam keadaan hangat.

Jika teh hijau dibiarkan dingin setelah diseduh, maka bisa menyebabkan teh hijau teroksidasi. Maka dari itu agar bisa merasakan khasiat dari teh hijau, sebaiknya minumlah dalam keadaan hangat. Selain itu, jangan campur teh hijau dengan es batu, karena bisa mengurangi khasiat teh hijau untuk menurunkan berat badan.

Minum Teh Hijau Setiap Hari

Cara minum teh hijau untuk diet selanjutnya yaitu dengan minum teh setiap hari. Biasanya minum teh hijau untuk menurunkan berat badan bisa dilakukan sebanyak 3-4 kali sehari. Sedangkan waktu minum teh terbaik yaitu saat pagi hari setelah sarapan. Sebaiknya hindari minum teh hijau sebelum sarapan, karena bisa menimbulkan asam lambung.

Selain diminum setelah sarapan, minum teh hijau untuk diet juga bisa dilakukan saat siang hari setelah melakukan aktivitas. Kemudian jangan lupa minum teh hijau setelah makan malam. Selain di waktu tersebut, Anda juga bisa menikmati teh hijau saat sore hari. Teh hijau tidak hanya membantu proses diet Anda, tapi juga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan sehat.

Minum Teh Hijau Sebagai Penahan Lapar

Berikutnya, cara minum teh hijau untuk diet yang tepat adalah sebagai penahan lapar. Teh hijau menjadi alternatif terbaik sebagai penahan lapar. Jika Anda biasanya makan camilan sebagai penahan lapar, mulai sekarang gantilah camilan dengan rutin minum teh hijau. Saat merasa lapar sebelum jam makan siang, sebaiknya minumlah secangkir teh hijau hangat sebagai penahan lapar.

Meski tidak mengenyangkan seperti susu, namun minum teh hijau juga bisa mengurangi rasa lapar. Selain itu, rutin minum teh hijau juga bisa mengurangi kebiasaan ngemil yang biasa Anda lakukan. Hal ini tentu bisa membuat proses penurunan berat badan menjadi lebih optimal.

Minum Teh Hijau Sebelum Makan

Minum teh hijau sebelum makan siang dan makan malam menjadi salah satu cara tepat untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena minum teh hijau sebelum makan bisa mengurangi rasa lapar, sehingga Anda tidak mengambil banyak makanan saat makan. Anda bisa minum teh hijau 30 menit sebelum makan setiap hari. Dengan begitu maka bisa mengurangi porsi makan, sehingga mempercepat proses penurunan berat badan.

Minum Teh Hijau Setelah Olahraga

Cara minum teh hijau untuk diet sebaiknya dilakukan setelah berolahraga. Adanya senyawa aktif dalam teh hijau bisa berfungsi sebagai penghancur lemak dalam tubuh. Hal ini tentu semakin mempercepat proses penurunan berat badan.
Rasa teh hijau yang menyegarkan juga bisa membuat Anda tetap semangat setelah berolahraga. Selain itu, minum teh hijau setelah berolahraga juga bisa membantu proses hidrasi tubuh dengan menggantikan cairan yang hilang selama olahraga.

Hindari Minum Teh Hijau Sebelum Tidur

Cara minum teh hijau untuk diet secara tepat yaitu 4 jam sebelum tidur. Hal ini karena teh hijau mengandung kafein yang bisa membuat Anda sulit tidur. Jika Anda mengalami insomnia atau sulit tidur, maka bisa mengacaukan proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme tubuh yang terganggu bisa mengganggu pembakaran lemak dalam tubuh, sehingga program diet bisa gagal.

Imbangi dengan Makanan Sehat

Meski teh hijau bisa membantu proses penurunan berat badan, namun jangan lupa untuk tetap mengonsumsi makanan sehat. Saat Anda melakukan diet, usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan gizi dan serat. Jika Anda tidak mengonsumsi makanan sehat, maka program diet yang dijalani bisa sia-sia.

Terdapat berbagai cara minum teh hijau untuk diet, mulai dari memilih teh berkualitas hingga mengimbangi diet dengan makanan sehat. Pemilihan teh yang diseduh dengan tepat bisa memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Agar bisa merasakan manfaatnya, usahakan untuk mengonsumsi teh hijau secara rutin setiap hari.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

pengertian gaya hidup sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat

Jaga Dietmu Tetap Stabil dengan Memahami 6 Pengertian Gaya Hidup Sehat. Seiring dengan trend akan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *