10 Proses Cara Merebus Timun untuk Darah Tinggi yang Aman dan Tanpa Efek Samping

Pengobatan herbal merupakan sebuah hal yang paling sangat ditunggu oleh hampir setiap orang. Bagi mereka hal ini bisa sangat membantu untuk mengatasi berbagai penyakit yang Anda derita. Salah satunya yaitu pada proses cara merebus timun untuk darah tinggi. Sebelumnya hal ini jarang diketahui oleh semua orang bahkan hanya sebagian orang saja.

Padahal menurut dokter, timun ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika anda konsumsi dengan baik dan teratur.

A. Proses pembuatan cara merebus timun untuk darah tinggi

Bagi Anda para penderita penyakit darah tinggi tentunya wajib untuk mengetahui cara herbal ini. Cara tersebut tentunya akan membantu Anda dalam menyembuhkan serta mencegah terjadinya darah tinggi. Ada beberapa proses tahapan yang bisa Anda lakukan dalam membuat sebuah rebusan timun untuk darah tinggi.

1. Melakukan pemilihan timun yang cocok

Proses pembuatan yang pertama yaitu Anda bisa melakukan sebuah pemilihan timun terlebih dahulu. Hal yang bisa Anda lihat bisa berawal dari sebuah tekstur dan warna timun tersebut. Tentunya pemilihan warna menjadi sebuah hal yang menentukan apakah timun tersebut bagus untuk dijadikan sebagai pengobatan herbal atau tidak.

2. Mencuci timun yang telah di pilih

Cara yang selanjutnya yaitu Anda dapat mencuci timun tersebut sebelum di iris tipis-tipis. Cara ini dilakukan agar kuman yang menempel pada timun tersebut dapat hilang. Ada yang perlu Anda ingat saat mencuci timun tersebut yaitu harus dengan menggunakan air mengalir. Hal ini merupakan proses cara merebus timun untuk darah tinggi yang bisa Anda lakukan sebelum proses merebus.

3. Mengiris timun menjadi bagian kecil-kecil

Proses yang selanjutnya yaitu Anda bisa mengiris kecil-kecil timun yang sudah di cuci tersebut. Hal ini dilakukan agar kandungan yang terdapat di dalam timun tersebut dapat langsung menyatu di dalam air rebusan nanti. Cara ini merupakan sebuah hal yang simpel dan dapat Anda lakukan di rumah. Anda dapat mengkonsumsinya sehari maksimal dua kali.

4. Siapkan dua gelas besar air mineral

Pastikan air yang Anda gunakan merupakan sebuah air yang bisa langsung diminum. Jadi hindari menggunakan air dari keran karena akan merusak sebuah manfaat yang terkandung di dalam timun tersebut. Setelah Anda menyiapkan dua gelas besar tersebut berlanjut kepada proses cara merebus timun untuk darah tinggi yang berikutnya.

5. Siapkan panci untuk merebus bahan-bahan tersebut

Pastikan panci yang Anda gunakan pas untuk digunakan merebus timun tersebut. Masukkan air yang telah Anda siapkan tuang ke dalam panci. Kemudian masukan timun satu persatu ke dalam panci tersebut. Selanjutnya nyalakan kompor dengan api yang kecil. Hal ini dilakukan agar rebusan air timun tersebut dapat matang merata.

6. Tambahkan satu sendok teh garam

Setelah beberapa menit Anda bisa menambahkan bumbu lainnya yaitu garam untuk menambah cita rasa dari rebusan timun tersebut. Bagi sebagian orang ada yang lebih memilih tidak menggunakan garam dan ada pula yang pakai. Hal ini tergantung kepada diri pribadi masing-masing orang tersebut. Oleh karena itu hal ini jika Anda tidak ingin menggunakan maka bisa dilewati terlebih dahulu.

7. Tambahkan satu sendok lada

Lada merupakan bahan tambahan dari cara merebus timun untuk darah tinggi yang bisa Anda lakukan. Lada sendiri memiliki sebuah fungsi untuk menghangatkan tubuh. Oleh karena itu bahan ini juga hal yang wajib untuk Anda tambahkan ke dalam rebusan timun tersebut. Kemudian Anda bisa mengaduknya hingga merata agar lada tersebut tercampur merata.

8. Tambahkan serai ke dalam rebusan timun

Proses berikutnya yaitu Anda bisa juga menambahkan serai ke dalam rebusan timun tersebut. Hal ini dilakukan untuk menambahkan aroma pada rebusan timun tersebut. Serai juga memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda menggabungkan ke dua bahan tersebut menjadi satu.

9. Tunggu air hingga menjadi satu gelas

Ketika sudah beberapa menit Anda bisa memperhatikan apakah air rebusan Anda tersebut sudah menjadi satu gelas atau belum. Hal ini dapat terlihat dari awal hingga proses terakhir cara merebus timun untuk darah tinggi tersebut. Ketika air sudah mengalami penyusutan maka proses pembuatan pun telah selesai.

10. Matikan kompor

Setelah air telah menyusut maka Anda bisa mematikan kompor tersebut. Tunggu hingga air rebusan timun tersebut tidak mendidih. Barulah Anda bisa mengkonsumsi air rebusan tersebut selagi hangat. Hal yang menjadi catatan yaitu proses pembuatan tersebut hanya dilakukan untuk sekali minum. Jadi, Anda tidak membuatnya sekaligus untuk diminum sore harinya.

B. Proses penyajian air rebusan timun

Setelah Anda selesai melakukan sebuah proses pembuatan tahapan selanjutnya yaitu terdapat pada penyajian dari minuman timun rebus tersebut. Minuman rebusan timun lebih nikmat dikonsumsi dikonsumsi selagi hangat. Jika tidak maka khasiat nya pun tidak akan Anda rasakan. Beberapa poin ini juga hal yang penting untuk Anda lakukan dalam mengkonsumsi rebusan timun tersebut.

1. Saring rempah yang ada di dalam panci

Sebelum Anda mengkonsumsi rebusan timun tersebut maka langkah awal yaitu Anda diharuskan untuk menyaring rempah-rempah yang ada di dalam panci tersebut. Rempah-rempah tersebut tentu akan mengganggu Anda dalam meminum air rebusan tersebut. Banyak orang yang lebih memilih meminum obat herbal ini karena adanya sebuah manfaat timun rebus  untuk hipertensi.

2. Tambahkan sedikit madu

Bagi Anda yang menginginkan rasa pada minuman tersebut tidak perlu khawatir karena bisa dengan menggunakan madu. Pemanis ini juga sangat memiliki khasiat untuk Anda dalam melakukan sebuah pencegahan atau pun mengobati berbagai penyakit lainnya. Sama halnya dengan manfaat timun rebus untuk diet

 3. Konsumsi sebelum memakan apapun

Bagi Anda yang ingin menguras tubuh dari berbagai macam penyakit maka bisa dengan menggunakan air rebusan timun ini. Anda bisa mengkonsumsinya sebelum masuk makanan apa pun. Begitu pula sebaliknya di waktu malam hari sebelum Anda tidur bisa mengkonsumsi air rebusan ini untuk melancarkan dan mengeluarkan racun di dalam tubuh. Salah satunya yaitu manfaat timun rebus untuk kanker yang sulit untuk disembuhkan.

4. tidak mengkonsumsi air rebusan timun secara berlebihan

Mengkonsumsi minuman air rebusan dari timun ini tidak dianjurkan untuk di minum setiap saat. Hal ini karena akan mengundang sebuah efek samping dari kandungan dalam timun tersebut. Maka dari itu bagi Anda yang memilih pengobatan herbal dengan menggunakan cara merebus timun untuk darah tinggi inimaka harus memperhatikan beberapa hal diatas.

Kesimpulan

Di dalam negeri memang banyak tanaman herbal yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengobatan. Salah satunya yaitu seperti cara merebus timun untuk darah tinggi di atas yang bisa Anda coba dan mulai gunakan di rumah. Beberapa tahapan cara di atas sudah banyak digunakan oleh hampir sebagian orang dalam mengatasi berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh Anda.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

manfaat buah plum

Ketahui 8 Manfaat Buah Plum bagi Kesehatan, Terutama untuk Wanita

sumbersehat.com – Manfaat buah plum untuk wanita memang seringkali kita dengar di tengah masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *