7 Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak, Aman dan Ampuh

Memiliki kulit wajah yang sensitif dan berminyak, bukanlah menjadi penghalang untuk bisa selalu tampil mempesona dan percaya diri. Jika, Anda mempunyai tipe kulit tersebut, ada beberapa cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak secara alami. Cara ini akan membantu anda dalam mendapatkan kulit yang sehat dan bebas masalah. Selain itu, kulit anda juga akan nampak glowing dan lebih sehat.

Beberapa melakukan perawatan kulit wajah berminyak mereka dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang sudah tentu memiliki risiko yang tinggi. Tidak sedikit bahkan orang yang mengalami kulit wajah rusak karena hal tersebut. Supaya lebih aman, coba gunakan cara yang alami saja, seperti berikut ini misalnya:

1. Bersihkan Wajah dengan Rutin

Kebersihan wajah memang menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Supaya kulit wajah tetap bersih dan sehat, anda perlu mencuci muka sebanyak dua kali sehari pada saat pagi hari dan menekan tidur.

Pada saat sedang mencuci wajah, anda harus menggunakan sabun pembersih wajah yang berbahan lembut dan sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Jangan terlaku keras menggosok muka, tapi anda bisa melakukan pemijatan lembut pada wajah secara berlahan-lahan.

Ini merupakan salah satu cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak terbaik yang bisa dilakukan. Kulit wajah akan jauh lebih aman dan baik serta tidak ada efek samping.

2. Penggunaan Pelembab Wajah

Pada dasarnya,pelembab menjadi salah satu make up yang wajib bagi kulit sensitif dan berminyak. Pelembab wajah ini berguna untuk menjaga kulit agar selalu dalam keadaan lembab. Dengan begitu, kulit akan terhindar dari kusam. Pelembab ini bisa digunakan pada step awal. Sebelum make up dan menggunakan skincare anda.

Jenis pelembab yang digunakan untuk wajah sensitig adalah jenis pelembab yang mengandung zat petrolatum, dimethicone, ceramide dan hyaluronic. Sedangkan perawatan untuk kulit wajah berminyak adalah menggunakan  pelembab yang  mengandung SPF 30.

Ini bertujuan untuk mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, kandungan bahan dalam pelembab harus mengandung zinc oxide dan titanium dioxide serta bahan bebas alkohol..

3. Penggunaan Tabir Surya

Jika kulit anda mempunyai tipe kulit berminyak maka anda harus selalu menghindari dari paparan sinar matahari. Dalam jangka panjang, bisa menyebabkan kerusakan pada kulit dan menjadi kulit semakin sensitif.  Ini juga berlaku untuk kulit berminyak. Jika anda sedang berada di luar, sebaiknya menggunakan tabir surya yang mengandung SPF30.

Cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak ini sangat bagus dan rekomended sekali. Cara ini akan lebih aman digunakan untuk melindungi kulit wajah.

4. Pemilihan Produk Skincare yang Ramah dengan Kulit

Untuk kulit sensitif  usahakan menghindari produk skincare yang berbahan kimia. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit wajah. Selain itu, hindari penggunaan toner dan astringent yang mengandung alkohol, asam glikolik dan pewangi. Lebih baik, gunakan produk skincare yang berbahan dasar alam, misalnya saja lidah buaya, chamomile, atau teh hijau.

Selain itu, anda juga disarankan untuk membatasi penggunaan eksfoliator atau scrub wajah karena dapat menyebabkan iritasi parah di wajah. Sedangkan untuk tipe kulit berminyak, pilih sskincare yang berbahan dasar air dan tidak mengandung minyak. Pada saat ingin membeli skincare , anda harus selalu memperhatikan label. Carilah produk skincare yang berlabel water based atau free oil.

Selain itu, cari skincare yang berlabel noncomedogenic yang mana bahan ini tidak akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori wajah. Ada beberapa jenis produk perawatan wajah yang bisa anda gunakan misalnya saja keras minyak dan masker wajah yang  mengandung tanah liat. Semua produk tersebut akan membantu wajah dalam menyerap minyak berlebihan di wajah. Selain itu, anda juga bisa menggunakan masker alami misalnya, tomat, lidah buaya dan madu.

5. Batasi Waktu Mandi

Lama tidaknya waktu mandi ternyata menjadi salah satu cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak dengan cukup baik lho.  Agar kulitmu tetap terjaga kesehatannya, maka jangan mandi lebih dari 10 menit.

Hindarilah mandi menggunakan air panas karena bisa  menyebabkan peningkatan produksi minyak di wajah. Selain itu, juga bisa menyebabkan wajah menjadi lebih sensitif dan rawan terhadap masalah kulit.

6. Terapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat memang tidak mudah. Anda harus dituntut untuk melakukan semuanya dengan pola yang sehat. Tapi, jika pola hidup sehat ini terapkan dalam kehidupan akan membawa dampak positif. Salah satunya adalah bisa menjaga kesehatan kulit wajah. Pola ini juga termasuk salah satu perawatan kulit wajah berminyak dan sensitif.

Untuk menerapkan gaya hidup sehat sebenarnya cukup mudah kok. Anda hanya tinggal mengubah kebiasaan anda menjadi lebih sehat. Misalnya saja, anda harus mengkonsumsi banyak buah dan juga sayuran. Hindari konsumsi makan berlemak karena bisa meningkatkan produksi minyak di wajah. Anda juga harus perbanyak olahraga.

7. Jaga Pola Makan Tetap Sehat

Sama dengan menerapkan gaya hidup sehat, anda juga harus menjaga makan agar tetap sehat. Yang dimaksud pola makan sehat di sini adalah anda harus selalu makan tetap waktu dan mengkonsumsi berbagai makanan sehat, misalnya buah, sayur dan susu. Hindari makan gorengan, gula dan berbagai macam makanan olahan lainnya.

Menjaga pola makan bisa menjadi salah satu cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak paling baik. Karena hampir semua masalah kulit disebabkan dari makanan yang kita konsumsi.

8. Hindari Polusi Udara

Polusi udara memang tdiak bagus untuk kesehatan. Begitu juga dengan kulit wajah. Pada saat kulit wajah anda sering terkena polusi udara, maka menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pori-pori.Selain itu, akan menyebabkan timbulnya masalah pada wajah. Jadi, usahakan ketika beraktivitas dI luar harus menggunakan masker.

Kulit sensitif  memang  memiliki tekstur yang cenderung kering, mudah iritasi, sering mengelupas, dan akan terasa perih saat terpapar zat kimia tertentu. Sementara itu, kulit yang berminyak cenderung mempunyai tekstur yang basah minyak. Selain itu, jenis kulit ini rentan  terkena masalah kulit misalnya saja komedo, jerawat, kulit kusam, dan noda hitam. Tentu saja membutukan treatment yang berbeda..

Dengan begitu, untuk menjaga supaya kondisi kulit Anda tetap sehat, Anda perlu melakukan beberapa hal mengenai perawatan kulit sensitif dan berminyak. Anda, dapat menjaga kulit Anda tetap sehat dengan melakukan tipsdiatas. Perawatan ini bisa dilakukan dari luar maupun dari dalam. Tentu saja juga dengan menggunakan langkah-langkah yang sudah dibahas diatas.

Pada dasarnya, setiap kulit wajah baik yang sensitif atau berminyak membutuhkan waktu dan kosistensi supaya hasil perawatan bisa maksimal. Oleh karena itu, cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak di atas perlu untuk dilakukan secara rutin.

Jika perlu, Anda bisa melakukan konsultasi ke dokter kecantikan untuk menentukan jenis treatment atau perawatan wajah apa yabg tepat untuk wajah anda.  Anda juga bisa membuatnya lebih maksimal  dengan penggunaan skincare yang cocok dengan kulit anda.

About Hallokim.com

Jasa Penulis Artikel Murah Bandung | Jl. Caringin, Gg. Lumbung 2 No.9, RT.003/RW.003, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223 | cs@hallokim.com

Check Also

Makanan diet ibu hamil tua

9 Menu Makanan Diet Ibu Hamil Tua Untuk Kelancaran Persalinan

sumbersehat – Makanan diet ibu hamil tua haruslah memenuhi syarat. Utamanya makanan yang banyak mengandung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *