Ketahui 12 Cara Merawat Kesehatan Rambut, Ikuti Yuk!

sumbersehat.com – Cara merawat kesehatan rambut sangat penting bagi semua orang. Cara merawat rambut dapat menggambarkan kesehatan rambut anda. Rambut yang terjaga kesehatannya, tentu juga akan terlihat indah dan lebih menawan. Dengan rambut yang sehat anda akan sangat mudah untuk mengubah gaya rambut seperti yang anda inginkan tanpa harus khawatir masalah yang mungkin ditimbulkan.

Oleh karena itu rambut yang sehat tentulah lebih penting jika dibandingkan dengan rambut yang indah karena style. Dengan rambut yang sehat anda juga akan lebih merasa percaya diri. Berikut ini adalah ulasan mengenai 12 cara merawat kesehatan rambut.

cara merawat kesehatan rambut
merawat rambut

Inilah Cara Merawat Kesehatan Rambut yang Tepat

Adapun tips merawat rambut agar tetap sehat adalah:

1. Memakai shampo dan conditioner secara teratur

Cara merawat rambut agar tetap sehat yang pertama adalah rutin memakai shampo dan conditioner. Cara ini juga sangat efisien untuk menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut, sehingga sangat penting untuk dilakukan dalam merawat rambut hitam lebat. Penggunaan shampo dan conditioner secara berdampingan dapat menjadikan rambut anda sehat terawat dan selalu terjaga kelembabannya.

2. Gunakan handuk dengan benar

Selanjutnya, cara merawat kesehatan rambut adalah menggunakan handuk yang tepat. Penggunaan handuk yang benar juga sangat mempengaruhi kesehatan rambut. Mengeringkan rambut dengan handuk hendaknya dilakukan dengan cara dipijat lembut. Hal ini bertujuan agar air dapat meresap ke dalam handuk dengan maksimal sehingga rambut dan kulit kepala menjadi kering merata.

3. Rutin potong rambut setiap 6-8 Minggu

Cara merawat kesehatan rambut yang ketiga adalah dengan rutin memotong rambut setiap 6-8 Minggu. Jika anda menyayangi rambut dan ingin tetap terlihat sehat, maka relakan untuk memotong rambut setiap 6-8 Minggu. Hal ini dikarenakan pada minggu-minggu tersebut bertambah panjang dan mengakibatkan ujung rambut semakin kering karena kekurangan nutrisi. Oleh karena itu lebih baik untuk memotong rambut pada Minggu ke 6-8 walaupun hanya setengah sentimeter.

4. Menyisir rambut dengan tepat

Untuk menjaga kesehatan rambut, cara menyisir juga sangat penting untuk diperhatikan. Hindari menyisir rambut langsung setelah keramas, pakai sisir yang bergigi jarang, lebih baik menyisir sebelum atau ketika keramas, pilih sisi yang sesuai dengan jenis rambut. Dengan memperhatikan cara menyisir yang tepat maka kesehatan rambut anda juga akan terjaga.

5. Mencoba teknik deep conditioning

Selanjutnya cara merawat kesehatan rambut yang bisa anda lakukan adalah dengan mencoba teknik deep conditioning. Meskipun anda sudah menggunakan conditioner setiap keramas, rambut terkadang membutuhkan kelembaban yang lebih. Oleh karena itu coba lakukan teknik deep conditioning setidaknya 1 bulan sekali agar rambut lebih lembab.

Aplikasikan conditioner yang biasa dilakukan ke seluruh rambut lalu gunakan shower cap. Diamkan rambut yang sudah di lapisi conditioner selama 90 menit untuk hasil yang maksimal. Setelah selesai, bilas dengan air dingin. Cara merawat rambut dengan cara ini juga sangat cocok untuk merawat rambut hitam lebat anda.

6. Jangan lupa gunakan pelindung panas sebelum mencatok

Jika ingin memiliki rambut yang sehat terawat anda juga harus memperhatikan bagaimana cara merawat kesehatan rambut, saat mencatok. Jangan lupa untuk menggunakan pelindung panas terlebih dahulu sebelum mencatok. Jika ingin menata rambut dengan alat-alat panas, lakukan setidaknya 2 hari sekali dengan suhu di bawah 200 derajat Celcius. Atau menggunakan suhu yang aman yaitu antara 130 hingga 150 derajat Celcius.

7. Menjaga rambut dari sinar matahari

Cara merawat kesehatan rambut yang ke tujuh yang bisa anda lakukan adalah dengan menjaga rambut dari sinar matahari. Sinar matahari yang terik bisa menjadi musuh utama rambut. Jika rambut Anda terpapar sinar matahari rambut akan menjadi mudah rusak . Oleh karena itu hindari atau jaga rambut anda dari sinar matahari dengan cara menggunakan pelindung kepala saat keluar rumah.

8. Pastikan rambut kering sebelum keluar rumah

Cara merawat rambut hitam tebal lain yang juga bisa anda lakukan adalah dengan memastikan rambut kering sebelum keluar rumah. Rambut yang basah lebih rentan patah atau rusak jika dibandingkan dengan rambut kering. Oleh karena itu, usahakan rambut anda selalu kering saat akan keluar rumah.

Rambut yang basah lalu terpapar sinar matahari langsung akan memperburuk kondisi kesehatan rambut. Akibatnya rambut anda akan jadi lebih kering, kasar dan mudah rusak. Maka dari itu, jangan lupa keringkan rambut terlebih dahulu sebelum keluar rumah.

9. Gunakan vitamin rambut untuk menjaga kelembapan

Cara merawat kesehatan rambut yang selanjutnya adalah dengan menggunakan vitamin rambut untuk menjamin kelembaban. Penggunaan vitamin rambut atau serum sangat penting untuk anda lakukan agar rambut anda selalu lembab dan tidak mudah kering.

Vitamin rambut memberikan nutrisi agar rambut tetap kut dan sehat meski sering ditata dengan menggunakan alat-alat panas. Sedangkan serum berfungsi menjaga kelembaban kulit rambut dan membuatnya tampak sehat.

10. Gunakan air dingin untuk keramas

Menggunakan air dingin saat keramas juga merupakan cara merawat kesehatan rambut. Keramas dengan air hangat memang mampu membuat kepala jadi rileks dan mengurangi rasa pusing, namun jika dilakukan terlalu sering rambut akan menjadi kering dan mudah patah.

Itulah mengapa anda disarankan keramas dengan menggunakan air dingin atau yang memiliki suhu lebih dingin dari tubuh. Tujuannya agar rambut anda tidak kering dan pastinya bisa terlihat lebih bervolume dan sehat.

11. Rutin menggunakan masker rambut

Selanjutnya rutin menggunakan masker rambut juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam merawat rambut . Kondisi rambut bisa berubah setiap harinya. Hal ini dikarenakan faktor cuaca dan asupan cairan yang juga bisa berpengaruh. Untuk menjaga kesehatan rambut secara konsisten, anda bisa merawat dengan menggunakan elemen penunjang atau perawatan lanjut seperti rutin memakai masker rambut.

12. Merawat dengan minyak alami

Cara merawat kesehatan rambut terakhir yang bisa anda lakukan adalah menerapkan minyak alami. Selain bahan alami lain seperti madu dan lidah buaya, anda juga bisa menggunakan minyak alami untuk mendampingi Anda merawat kesehatan rambut.

Beberapa minyak alami yang bisa anda gunakan yaitu seperti minyak zaitun untuk merawat rambut kering, minyak kemiri untuk rambut rontok, dan minyak urang aring untuk mengembalikan warna alami rambut serta memanjangkannya.

Dengan menggunakan cara -cara diatas, anda akan lebih mudah untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat. Selain untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat, rutin melakukan perawatan dengan cara alami juga bisa menghasilkan rambut yang terlihat semakin indah dan anggun. Itulah mengapa untuk mendapatkan rambut yang sehat anda juga harus melakukan cara yang benar dalam perawatan nya.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami berikan mengenai 12 cara merawat kesehatan rambut. Lakukan cara-cara di atas dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga dengan informasi yang kami berikan anda bisa mendapatkan rambut sehat terawat seperti yang anda inginkan. Semoga membantu, dan terima kasih.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

cara memutihkan kulit

11 Cara Memutihkan Kulit Secara Alami dan Cepat

Hampir semua wanita Asia ingin memiliki kulit putih yang cantik bersih. Bahkan, tak jarang mereka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *