12 Cara Merawat Kesehatan Kulit Wajah, Simak dan Lakukan ya!

sumbersehat.com – Mempunyai kulit wajah yang mulus dan sehat adalah dambaan semua orang, dan Anda perlu tahu cara merawat kesehatan kulit wajah. Namun, jika Anda menginginkan hasil yang memuaskan, pasti banyak rintangan. Banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit, salah satunya bertambahnya usia. Seorang ahli kulit mengatakan bahwa kulit indah dan sehat sejalan dengan perawatan yang dijalani.

Lapisan kulit yang terluar (epidermis) dan dalam (dermis) memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Kulit memiliki kemampuan meregenerasi selama 27 hari, dan akan berubah secara konstan menjadi lebih baik atau buruk karena beberapa faktor. Oleh karena itu, betapa pentingnya menjaga kesehatan kulit agar tetap baik. Anda ingin tahu cara merawat kesehatan kulit wajah? Simak ulasan di bawah ini!

cara merawat kesehatan kulit wajah
merawat wajah

Mengapa Harus Merawat Kesehatan Kulit Wajah?

Tampil dengan wajah yang cerah dan sehat, pasti menjadi salah satu prioritas bagi setiap orang. Timbulnya masalah kulit wajah seperti komedo, jerawat, kusam, dan lain-lain dapat membuat rasa tidak nyaman dan percaya diri. Untuk mencegah adanya masalah tersebut, Anda perlu melakukan cara merawat kesehatan kulit wajah.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit, selain usia juga faktor lingkungan. Salah satunya paparan sinar UV, yang jika mengenai kulit maka ini akan berpengaruh pada pigmentasi kulit. Dalam hal ini, akan berefek negatif seperti munculnya kerutan, bintik-bintik cokelat, bahkan risiko terkena kanker kulit. Adanya polusi udara dan merokok pun berakibat sama, maka Anda perlu mencegahnya.

Apa Saja Cara Merawat Kesehatan Kulit Wajah?

Ada banyak cara merawat kesehatan kulit wajah, dan sangat praktis untuk Anda lakukan. Berbagai perawatan secara alami atau dengan cara menggunakan produk perawatan kulit sangat efektif untuk merawat kulit wajah. Menjaga kebersihan area wajah merupakan suatu keharusan terutama untuk wanita, karena ini akan memancarkan kecantikan alami. Berikut cara merawat kulit wajah lebih lengkap :

1. Rutin Membersihkan Wajah

Ketika beraktivitas di luar cukup padat, Anda semestinya tidak melewatkan untuk menjaga kesegaran kulit wajah. Rutinlah untuk mencuci muka dengan air yang bersih dan segar. Setelah beraktivitas, diamkan beberapa menit lalu segera bilas wajah Anda. Hal ini akan membuat kotoran di wajah akan mengelupas dan kebersihan kulit akan tetap terjaga.

2. Gunakan Pembersih Wajah

Langkah ini, bisa menjadi salah satu hal efektif untuk cara merawat kesehatan kulit wajah. Jika Anda menginginkan kotoran make-up dan minyak pada wajah perlahan terangkat dan menghilang, Anda bisa menggunakan sabun pembersih wajah. Usahakan menggunakan sabun pembersih wajah alami agar membuat kulit lebih aman.

3. Gunakan Produk Pelembab Kulit

Menggunakan produk pelembab, bisa membuat kulit wajah Anda lebih terjaga. Produk ini dapat melindungi wajah dari papasan sinar matahari, yang dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam. Ini bisa menjadi salah satu referensi cara merawat wajah agar tidak kusam. Bagi Anda yang mempunyai jenis kulit kering, Anda perlu menggunakan produk pelembab ini.

3. Rajin Mengonsumsi Air Putih

Kurangnya asupan cairan dalam tubuh, bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya masalah pada kulit, terutama wajah. Tubuh memerlukan asupan mineral yang cukup, sehingga membuat kulit bisa menjadi tampak cerah dan segar. Mulai sekarang, Anda perlu konsumsi air putih secara cukup dengan meminum sebanyak 8 gelas dalam per hari.

4. Rajin berolahraga

Seringkali sebagian besar orang melewati cara ini, padahal berolahraga sangat penting dan menjadi salah satu cara merawat kesehatan kulit wajah. Berolahraga dapat mengeluarkan kotoran yang mengendap dan terkunci dalam pori-pori melalui keringat. Selain itu, berolahraga dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks dan tidak mudah stres.

5. Atur Pola Makan

Mengatur pola makan, baik dengan menu sehatnya pun perlu Anda lakukan. Bagi Anda yang tidak membiasakan mengonsumsi buah dan sayur, Anda harus segera ubah kebiasaan itu. Buah dan sayur memiliki peranan penting bagi tubuh serta kulit, karena kandungan vitamin dan mineral. Kandungan lain, seperti vitamin C dan nutrisi lain dapat mencegah adanya penuaan dini.

Hindari makanan yang digoreng dan sudah pasti memiliki kadar minyak yang sangat banyak, karena ini bisa memicu terjadinya jerawat. Salah satu contoh, hindari memakan kacang. Kacang memiliki kandungan androgen, yang dapat memperparah jerawat pada kulit Anda.

6. Pola Istirahat yang Cukup

Berdasarkan penelitian bernama Michael Breus, PhD, beristirahat yang cukup bisa menjadi salah satu cara merawat kesehatan kulit wajah. Pola tidur dengan durasi 7-9 jam per hari dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit. Dampak yang didapat, membuat keriput pada kulit berkurang, kulit lebih halus, sehat dan bercahaya.

7. Menggunakan Masker Wajah

Cara merawat kesehatan kulit wajah selanjutnya adalah dengan menggunakan masker. Masker dapat membuat kulit lebih kencang serta mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, dan memberi asupan nutrisi pada kulit. Perawatan wajah dengan masker dinilai lebih efektif. Jika menginginkan hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakannya secara rutin.

8. Gunakan Krim Pelindung Sinar Matahari

Bagi Anda yang memiliki kulit tidak cocok dengan paparan sinar matahari, Anda bisa menggunakan sunblock. Krim ini dapat melindungi kulit, sehingga terhindar dari kulit kering dan kusam, bahkan risiko terkena kanker. Biasanya, untuk sebagian orang yang tidak memakai produk ini, kulit mengalami ruam kemerahan. Menggunakan sunblock adalah cara tepat untuk menjaga kulit.

9. Memanfaatkan Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni menjadi salah satu pengobatan tradisional alami yang sangat baik untuk merawat kulit. Kandungan dalam minyak kelapa ini, dapat mengangkat sel kulit mati, melindungi kulit dari sengatan sinar matahari, antivirus dan antibakteri. Minyak kelapa pun bisa menjadi pelembab kulit dan mencegah penyakit peradangan, seperti dermatitis dan atopik.

10. Gunakan Madu Mentah

Langkah satu ini, bisa menjadi salah satu cara merawat kesehatan kulit wajah secara alami dan bisa dilakukan di rumah. Madu mentah memiliki kandungan terbaik, yaitu enzim, nutrisi, dan vitamin. Kandungan ini sudah pasti dapat membantu menjaga serta melembabkan kulit. Bahkan madu ini pun bisa mempercepat proses penyembuhan luka dan melawan alergi.

Anda bisa mengaplikasikan masker dengan madu mentah ini di rumah. Caranya cukup mudah, hanya dengan menyiapkan 1 sdt madu mentah. Setelah itu, oleskan secara merata pada kulit wajah Anda, dan biarkan selama 10 menit. Jika sudah terasa kering, bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin, agar efeknya terasa pada kulit wajah.

11. Lidah Buaya

Ternyata, tak hanya masker wajah biasa yang bisa mencerahkan kulit, bahan alami pun ternyata banyak khasiatnya untuk kulit. Terutama lidah buaya, karena mengandung antiperadangan dan antibakteri. Sehingga bisa mengurangi masalah kulit, seperti gatal-gatal atau ruam. Tentunya, bisa menjadi salah satu cara merawat kesehatan kulit wajah, bukan?

Masker alami dengan bahan lidah buaya ini sangat mudah sekali cara pembuatannya. Anda hanya menyiapkan beberapa potong buah lidah buaya. Lalu, oleskan secara perlahan dan merata. Tunggu beberapa menit hingga gel mengering, lalu bilas dengan air sampai bersih. Anda bisa menggunakannya sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk merasakan manfaatnya.

12. Bengkoang

Sudah dikenal sejak dulu, kandungan bengkoang dapat menjadi salah satu bahan alami memutihkan kulit. Jika Anda ingin membuat kulit Anda lebih sehat dan cerah, Anda bisa menggunakan bahan ini. Untuk dijadikan perawatan cukup mudah, hanya dengan menumbuk halus atau parut bengkoang dan diambil airnya. Lalu, usapkan secara merata pada wajah.

Demikianlah ulasan tentang cara merawat kesehatan kulit wajah yang sangat praktis dan mudah Anda lakukan. Banyak sekali manfaat dari berbagai bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Menjaga kulit wajah, menjadi salah satu hal yang penting karena menjadi salah satu citra pandang sebagian banyak orang.

Selain menggunakan berbagai produk perawatan kulit, produk memutihkan kulit, dan lain-lainnya perlu Anda perhatikan. Karena, bisa saja membuat kulit rentan bermasalah. Anda pun perlu cermat dengan tetap memperhatikan pola dan gaya hidup. Hal ini berpengaruh dalam segi kesehatan kulit. Lakukan semua cara di atas dengan benar dan rasakan khasiatnya.

About Vita

Seorang introvert yang suka menulis

Check Also

penghilang tahi lalat

8 Penghilang Tahi Lalat Alami yang Ampuh Hilangkan, Wajib Tahu

sumbersehat.com – Bahan penghilang tahi lalat sebenarnya banyak terdapat di sekitar kita. Dan juga sangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *